Sukses


Kabar Terbaru 8 Pemain Akademi Manchester United yang Jalani Debut di Era Ferguson

Bola.com, Jakarta- Sir Alex Ferguson bisa dibilang manajer tersukses di Manchester United. Pelatih yang akrab disapa Fergie itu pernah membawa Setan Merah berjaya dan meninggalkan banyak warisan hebat di Old Trafford.

Ferguson kali pertama datang ke Manchester United pada 1986. Kala itu, klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut dalam keadaan kacau karena tak pernah memenangkan trofi Premier League selama 19 tahun.

Namun, keadaan berbalik setelah Ferguson datang. Pelatih asal Skotlandia itu sukses memenangkan 38 trofi bersama klub, termasuk 13 gelar liga dan dua gelar Liga Champions.

Ferguson juga kerap mempromosikan para pemain dari akademi. Dia sering memberikan kesempatan pemain muda tampil di skuat utama Manchester United.

Beberapa pemain seperti Tom Cleverlay dan Paul Pogba mampu tampil apik bersama Setan Merah maupun tim lain. Terus bagaimana dengan pemain lainnya?

Berikut ini Bola.com merangkum dari The Sun, kabar terbaru pemain akademi Manchester United yang menjalani debut di era Sir Alex Ferguson.

 

2 dari 9 halaman

1. Scott Wotton

Scott Wotton menjalani debut pertamanya di tim utama Manchester United pada September 2012 saat menghadapi Newcastle. Namun, ia hanya mendapatkan kesempatan sebanyak empat kali di tim utama.

Setelah itu, ia dipinjamkan ke empat tim berbeda, yakni Tranmere, Peterborough, Nottingham Forest dan Posh Again. Kemudia pada 2013, ia memutuskan pergi dari Old Trafford untuk bergabung dengan Elland Road.

Bersama Elland Road, Scott Wotton tampil sebanyak 66 kali selama tiga musim. Setelah itu ia pergi menuju MK Dons.

Saat ini, Scott Wotton bermain untuk Plymouth setelah menandatangani kontrak pada bursa transfer musim panas lalu.

3 dari 9 halaman

2. Robby Brady

Seperti halnya Scott Wotton, Robby Brady juga menjalani debut di tim utama Manchester United saat berhadapan dengan Newcastle United pada September 2012. Namun, setelah itu ia gagal bersinar di Manchester United.

Meski ia gagal bermain di Old Trafford, Robby Brady justru kerap menjadi pilihan utama di Hull City dan Norwich City.

Saat ini, Robby Brady bermain untuk Burnley di Premier League. Tak hanya itu, Robby Brady sudah mencatatkan 45 caps bersama Republik Irlandia.

4 dari 9 halaman

3. Will Keane

Will Keane menjalani debutnya di tim utama Manchester United pada Desember 2011. Saat ini, Will Keane berkesempatan tampil untuk kali pertama di tim senior saat Setan Merah berhadapan dengan Blackburn Rovers.

Selama lima musim di skuat senior, Will Keane hanya mencatatkan tiga penampilan dan tak mencetak satu gol pun. Alhasil, ia harus dipinjamkan ke Wigan, QPR, Sheffield Wednesday dan Preston.

Setelah itu ia pindah ke Hull City secara permanen. Saat ini, Will Keane bermain untuk Ipwich dan sudah mencatatkan 22 penampilan.

5 dari 9 halaman

4. Michael Keane

Michael Keane merupakan saudara kandung Will Keane. Michael Keane menjalani debut bersama Manchester United senior pada Oktober 2011.

Kala itu, ia menjadi bagian penting saat Setan Merah menghadapi Aldershot. Namun, selama berkarier di Manchester United, Michael Keane hanya mencatatkan lima kali penampilan.

Setalah itu, ia harus dipinjamkan ke Leicester City, Derby County dan Blackburn Rovers. Saat ini, Michael Keane bermain untuk Everton.

6 dari 9 halaman

5. Learnell Cole

Learnell Cole menjalani debut di Manchester United senior pada September 2011. Ia menjadi bagian penting saat Setan Merah mengalahkan Leeds dengan skor 3-0.

Namun, setelah itu ia gagal memberikan dampak yang besar kepada Manchester United. Hal tersebut membuat ia pindah ke Fulham.

Bersama Fulham, Learnell Cole hanya bermain satu kali dalam tiga musim. Alhasil, ia harus dipinjamkan ke MK Dons, Shrewsbury dan Inverness.

Akan tetapi, pada bursa transfer musim panas 2019, tak ada satu tim pun yang menampung dirinya. Kondisi tersebut membuat dirinya berstatus bebas transfer.

7 dari 9 halaman

6. Zeki Fryers

Seperti halnya Learnell Cole, Zeki Fryers juga mengawali kariernya di tim utama Manchester United saat berhadapan dengan Leeds pada September 2011.

Satu tahun kemudian, ia memutuskan pergi. Namun, Zeki Fryers gagal bersinar saat membela beberapa tim seperti Standar Liege, Tottenham Hotspur dan Crystal Palace.

Kondisi tersebut membuat ia dipinjamkan ke Rotherham dan Ipwich. Saat ini, Zeki Fryers bermain untuk Swindon.

8 dari 9 halaman

7. Tom Cleverley

Di antara beberapa nama di atas, Tom Cleverley mungkin menjadi pemain yang cukup familier di telinga pencinta sepak bola. Tom Cleverley menjalani debutnya di Manchester United senior pada Agustus 2011.

Tak tanggung-tanggung, kala itu Sir Alex Ferguson memasukkan namanya saat Setan Merah berhadapan dengan Manchester City. Tak hanya itu, Tom Cleverley sukses mencatatkan 55 penampilan Premier League dalam kurun waktu tujuh tahun.

Setelah itu, ia dipinjamkan ke Leicester City, Watford, Wigan dan Aston Villa. Kemudian ia pergi secara permanen ke Everton.

Pada 2017, Tom Cleverley memutuskan hengkang ke Watford dan bertahan hingga sekarang.

9 dari 9 halaman

8. Paul Pogba

Selain Tom Cleverley, nama Paul Pogba mungkin menjadi yang paling populer di antara pemain lainnya di atas. Pogba kali pertama bermain untuk tim utama Manchester United pada September 2011.

Kemudian pada 2012, ia bergabung dengan Juventus. Bersama Juventus, Pogba tampil sangat gemilang dan membuat Manchester United kembali kepincut.

Untuk membawa pulang Pogba, Setan Merah harus menggelontorkan 89 juta pounds. Namun, setelah kembali ke Old Trafford performa Pogba justru perlahan menurun.

Bahkan, pada awal musim ini, Pogba lebih banyak menghabiskan waktunya di meja perawatan karena cedera.

Video Populer

Foto Populer