Sukses


Liverpool Bisa Relaks Memilih Stadion Buat Berpesta Juara Premier League

Bola.com, Jakarta - Liverpool semakin dekat dengan gelar juara Premier League pertamanya setelah sekian lama. Kemenangan atas rivalnya, Manchester United, membuat laju tim besutan Jurgen Klopp itu semakin tidak terbendung.

Laga kontra Manchester United berlangsung pada Minggu (19/1/2020) malam kemarin di Anfield Stadium. Liverpool menang dengan skor 2-0 berkat gol dari Virgil van Dijk dan Mohamed Salah.

Tambahan tiga poin membuat Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen Premier League. Mereka kini unggul jauh atas pesaingnya, Manchester City, yang duduk di peringkat kedua dengan jarak 16 poin.

Sekarang pertanyaannya adalah, di manakah sebaiknya Liverpool merayakan keberhasilannya?

Ada dua opsi yang cukup baik, yakni di markas Manchester City, Etihad Stadium, atau kala menjalani Merseyside Derby kontra Everton.

2 dari 8 halaman

The Reds Bisa Juara di Goodison Park, Asal...

Laga kontra Everton di Goodison park baru akan terjadi pada bulan Maret mendatang. Ada syarat yang harus bisa mereka penuhi untuk bisa melakukan ini: memenangkan semua laga sementara Manchester City terus terpeleset.

Liverpool memiliki rasio per poin yang cukup impresif saat ini, yakni 2,9 poin per pertandingan. Sementara Manchester City tertinggal cukup jauh dengan rasio 2,08 poin per laga.

Jika kedua tim terus mempertahankan rasio ini, maka the Reds bisa mengunci gelar dengan kemenangan atas Everton. Pada saat itu, Liverpool dan Manchester City akan terpaut jarak antara 23 dan 25 poin.

Tentu saja, keberhasilan meraih gelar Premier League akan terasa manis kalau dirayakan di markas salah satu rivalnya.

3 dari 8 halaman

Merayakan Gelar di Etihad Stadium?

Tentu saja Liverpool bisa juara di markas Manchester City, yakni Etihad Stadium. Dengan syarat kedua tim berhasil memenangkan setiap pertandingan sampai bertemu pada satu lapangan.

Sebagai informasi, pertemuan antara kedua tim terjadi pada awal bulan April mendatang.

Saat ini Liverpool sedang mengantongi satu pertandingan sisa karena harus mengikuti ajang Piala Dunia Antarklub di bulan Desember lalu. Jika syarat terpenuhi, maka Liverpool akan mengantongi 91 poin.

Pada saat itu, Liverpool akan mengungguli Manchester City dengan 19 poin. Ada 18 poin yang bisa diperoleh Liverpool setelah pertandingan tersebut, dan mereka hanya tinggal menghindari kekalahan saja untuk mengunci keberhasilan di Etihad.

4 dari 8 halaman

Kapan Paling Cepat Bisa Juara?

Secara teori, Liverpool bisa meraih gelar Premier League saat berjumpa Watford pada tanggal 29 Februari. Namun syarat yang harus dipenuhi untuk ini cukup berat.

Liverpool harus mampu memenangkan semua pertandingan sisa, yang mungkin saja bisa dicapai. Tetapi, Manchester City juga harus menelan kekalahan di setiap pertandingannya, yang di mana hampir mustahil terjadi.

Meskipun City kalah dalam lima laga berikutnya, tim seperti Leicester yang sedang berada di peringkat tiga masih bisa menyalip dan membuat perebutan gelar tetap hidup, kelihatannya.

5 dari 8 halaman

Siapa Juara Paling Cepat Sepanjang Sejarah?

Juara Premier League Paling Cepat, Siapa? Jika Liverpool mampu meraih gelar di Goodison Park atau Etihad, mereka bakalan memecahkan satu rekor, yakni rekor juara Premier League tercepat. Saat ini, torehan tersebut masih dipegang Manchester United.

Manchester United pernah mengunci gelar Premier League pada tanggal 14 April di musim 2001/02. Saat itu, mereka masih diasuh oleh pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson.

Dalam konteks pertandingan sisa, Manchester United juga masih menjadi juaranya. Pada musim yang sama, mereka memenangkan Premier League dengan lima pertandingan tersisa. Sebagai informasi, Manchester City juga pernah meraih torehan yang sama di musim 2017/18.

Dengan demikian, Liverpool akan menjadi pemegang rekor tercepat jika mampu mengunci gelar di Goodison Park atau Etihad. Mereka akan menyisakan delapan laga saat bertemu Everton dan enam pertandingan kala menghadapi City.

6 dari 8 halaman

Setelah 22 Laga, Tim Mana yang Punya Keunggulan Poin Paling Besar?

Liverpool telah menuliskan dirinya dalam buku rekor pada musim ini berulang kali. Dan kemenangan atas Manchester United membuat mereka kembali mencapai suatu torehan yang membanggakan.

Sekarang Liverpool unggul 16 poin atas pesaingnya setelah melalui 22 pertandingan. Ini adalah torehan terbanyak yang pernah tercapai pada musim 2005/06 oleh klub bertitah 'Big Six' lainnya, Chelsea.

Pada akhirnya, Chelsea yang kala itu diasuh Jose Mourinho berhasil keluar sebagai juara Premier League. Mereka sukses mengungguli pesaingnya dengan jarak delapan poin.

7 dari 8 halaman

Tim Mana yang Unggul Jauh dari Pesaingnya Namun Gagal Jadi Juara?

Dalam buku sejarah Premier League, ada sebuah tim yang berhasil mengungguli jauh pesaingnya namun gagal jadi juara di akhir musim. Tim tersebut adalah Newcastle, yang waktu itu diasuh Kevin Keegan.

Momen itu terjadi pada musim 1995-1996. Di tangan Keegan, The Magpies tampil perkasa dan sempat menduduki puncak klasemen Premier League dengan keunggulan 16 poin.

Semuanya berubah begitu memasuki paruh kedua musim. Jarak tersebut terpangkas secara perlahan hingga mereka harus mengakhiri kompetisi dengan ketertinggalan poin dari sang juara, Manchester United.

Dan itulah, rekor yang Liverpool harap tidak terpecahkan olehnya pada musim ini.

 

Sumber asli: BBC Sport

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 20/1/2020)

8 dari 8 halaman

Video

Functional Training, Olahraga yang Cocok untuk Masyarakat Urban

Video Populer

Foto Populer