Sukses


8 Bukti Tak Terbantahkan Kedigdayaan dan Superioritas Liverpool di Premier League

Bola.com, Jakarta - Liverpool tinggal beberapa langkah lagi menyegel gelar Premier League 2019-2020. Setelah melalui 25 laga di Premier League, The Reds sudah unggul 22 poin atas rival terdekatnya, Manchester City. 

Manchester City sebenarnya punya peluang memangkas gap tersebut saat meladeni Tottenham Hotspur, Senin (3/2/2020) dini hari WIB. Namun, tim besutan Pep Guardiola malah dibuat tak berkutik dan kalah 0-2 dari Spurs. 

Alhasil, Liverpool benar-benar makin berkibar di puncak klasemen Premier League. The Reds berpeluang menyegel titel Premier League musim ini sangat dini. 

Margin besar di klasemen Premier League tersebut juga menunjukkan Liverpool sangat dominan musim ini. Tak ada tim yang benar-benar merecoki Jordan Henderson dan kawan-kawan dalam pacuan juara Premier League. 

Manchester City sempat memberikan gangguan, tapi kemudian kehabisan amunisi di tengah jalan. Adapun klub-klub lain bahkan kesulitan untuk sekadar mendekati. 

Liverpool memang sangat didgaya musim ini. Salah satu bukti terkuatnya adalah mereka belum tersentuh kekalahan pada musim ini. 

Apa bukti lain Liverpool kedigdayaan Liverpool musim ini? Berikut di antaranya, seperti dilansir dari berbagai sumber. 

 

2 dari 9 halaman

1. Rekor Kemenangan Kandang

Setelah menumbangkan Southampton 4-0 pada lanjutan Premier League, Sabtu (1/2/2019), Liverpool membukukan pencapaian baru. The Red tercatat memenangi 20 laga kandang beruntun di Premier League. 

Catatan itu menyamai rekor Manchester City di Premier League yang sudah bertahan selama 8 tahun. Liverpool juga sangat berpeluang untuk memecahkan rekor tersebut jika menilik konsistensi mereka sepanjang musim ini. 

 

3 dari 9 halaman

2. Gap Besar Liverpool dan Arsenal

Seperti apa menunjukkan keperkasaan Liverpool yang tak terbantahkan? Salah satunya adalah Liverpool tetap memiliki poin yang sama dengan Arsenal seandainya tak turun bermain sejak 2 November 2019. 

Saat ini, Arsenal terseok-seok di peringkat 10 Premier League dan baru mengantongi 31 poin. The Gunners tertinggal 42 poin dari Liverpool. Benar-benar margin yang sangat besar. 

 

4 dari 9 halaman

3. Tendangan Sudut

Kedigdayaan Liverpool bisa dilihat dari jumlah gol Liverpool musim ini. The Reds tercatat melesakkan 60 gol ke gawang lawan. 

Hanya Manchester City yang lebih produktif dibanding The Reds, yaitu mengoleksi 65 gol. 

Namun, Liverpool memiliki catatan istimewa, yaitu kerap mencetak gol yang diawali sepak pojok. Tercatat sudah delapan kali sepanjang musim ini The Reds mencetak gol yang diawali dari tendangan sudut. 

5 dari 9 halaman

4. Duet Mengerikan

Kedigdayaan The Reds bisa tergambar juga dari lini belakang yang sangat jarang kebobolan. The Reds baru kemasukan 15 gol pada musim ini. 

Kehebatan Liverpool tersebut tak lepas dari duet di lini belakang, Virgil van Dijk dan Joe Gomes. Saat mereka bermain bersama, The Reds tercatat membukukan 17 kemenenangan, 13 clean sheets, dan hanya kemasukan 6 gol. Mereka tercatat 19 kali tampil bersama pada musim ini di Premier League. 

6 dari 9 halaman

5. Jumlah Kemenangan Tak Tertandingi

Mau tahu bagaimana menggambarkan superioritas Liverpool pada musim ini? Caranya sangat mudah. 

Jumlah kemenangan Liverpol musim ini hanya berselisih satu jika dibandingkan dengan jumlah kemenangan Manchester United, Tottenham Hotpur, dan Arsenal digabung sekaligus. 

Liverpool tercatat sudah memenangi 24 laga, sedangkan MU 9 kali, Tottenham 10 kali, dan Arsenal 6 kali. 

7 dari 9 halaman

6. Mo Salah

Kedigdayaan Liverpool juga tak lepas dari penampilan gemilang salah satu strikernya, Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir tersebut bisa menjadi mesin gol yang menakutkan di depan gawang lawan. 

Mohamed Salah tercatat rata-rata mencetak satu gol setiap 84 menit di lapangan. 

8 dari 9 halaman

7. Selangkah Lagi

Selain belum terkalahkan di Premier League musim ini, Liverpool juga membukukan 18 kemenangan beruntun sebanyak 17 kali, sejak Oktober 2019 sampai sekarang. 

The Reds hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menyamai rekor 18 kemenangan beruntun milik Manchester City yang dibukuka pada Agustus hingga Desember 2007. 

9 dari 9 halaman

8. Tak Terkalahkan

Liverpool telah membukukan 42 laga beruntun tanpa tersentuh kekalahan di kasta teratas kompetisi sepak bola Inggris. The Reds telah menyamai rekor Nottingham Forest pada musim 1978-1979. 

Pasukan Jurgen Klopp hanya butuh tujuh pertandingan lain untuk menyamai rekor Arsenal yang tak terkalahkan dalam 49 laga beruntun. 

Video Populer

Foto Populer