Sukses


Jurgen Klopp Girang Liverpool Dicap Sebagai Klub Terbaik di Dunia

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku senang timnya mendapat label sebagai klub terbaik di dunia. Bagi Klopp, label tersebut membuat The Reds sejajar dengan Real Madrid, Barcelona, dan Manchester City.

Liverpool tampil impresif pada musim ini. Skuat Si Merah berhasil meraih 36 kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan tiga kekalahan dari 42 ajang. Dari jumlah tersebut, 25 kemenangan direngkuh di ajang Premier League.

Hasil tersebut membuat Liverpool kukuh berada di puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 76. Mereka unggul 19 poin atas Manchester City yang berada di peringkat kedua.

Dengan torehan tersebut, The Reds berpeluang besar merengkuh titel juara liga. Selain itu, Liverpool juga masih memiliki kesempatan untuk keluar sebagai juara di Piala FA dan Liga Champions.

Di Piala FA, skuat Si Merah akan bersua Chelsea di Stamford Bridge, Maret 2020. Sementara itu, di ajang Liga Champions, mereka akan menjamu Atletico Madrid di Stadion Anfield pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions, 11 Maret 2020.

Pada pertemuan pertama di Estadio Wanda Metropolitano, 18 Februari lalu, Liverpool menelan kekalahan dengan skor 0-1. Gol tunggal Atletico dicetak Saul Niguez pada menit ke-4.

2 dari 4 halaman

Klub Terbaik

Performa impresif tersebut membuat Liverpool mendapatkan label sebagai satu di antara klub terbaik di dunia. Apalagi pada 2019, mereka berhasil meraih tiga gelar juara, yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

"Label sebagai 'klub terbaik di dunia', saya benar-benar tidak mengerti. Menyenangkan ketika orang mengatakannya. Hal itu lebih baik, dibandingkan jika mereka mengatakan Anda adalah klub terburuk di dunia," ujar Klopp.

"Biasanya jika orang menyebut 'tim terbaik di dunia,' Anda memikirkan Real Madrid dari beberapa tahun lalu, Barcelona dari beberapa tahun lalu, Manchester City dalam dua tahun terakhir dan hal-hal seperti ini," tambahnya.

"Tim yang kami miliki adalah mengenai sikap, melangkah dan terus melangkah, dikombinasikan dengan pemain sepak bola yang sangat bagus. Tetapi, saya menilai untuk seluruh dunia, Liverpool adalah salah satu klub top, top, top, top," tutur manajer asal Jerman itu.

Pada laga pekan ke-27 Premier League, Liverpool akan menjamu West Ham United di Stadion Anfield, Senin (24/2/2020). Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang duel The Reds versus The Hammers.

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta

1. Liverpool tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir di Premier League kontra West Ham United (5 menang; 2 imbang).

2. The Reds juga berhasil mencetak empat gol dalam empat dari tujuh laga terakhir di liga kontra The Hammers.

3. West Ham hanya meraih tiga kemenangan dari 57 pertandingan tandang di Premier League kontra Liverpool (15 imbang; 39 kalah).

4. Liverpool membutuhkan lima kemenangan dari 12 laga tersisa pada musim ini, demi mengunci gelar juara Liga Inggris sejak 1990.

5. Andai mengalahkan West Ham, Liverpool bakal menyamai rekor kemenangan sepanjang masa milik Manchester City di Liga Inggris, yakni 18 kemenangan secara beruntun.

6. The Reds tidak terkalahkan dalam 43 pertandingan di Premier League, setelah menelan kekalahan 1-2 dari Manchester City pada Januari 2019 (38 menang; 5 imbang).

7. Liverpool tidak kebobolan dalam 10 dari 11 pertandingan terakhir di Premier League.

8. West Ham United telah menelan tiga kekalahan dari empat pertandingan terakhir di Premier League.

9. The Hammers juga kalah dalam empat laga tandang terakhir di Premier League. Terakhir kali West Ham menelan kekalahan lima laga secara beruntun adalah ada November 2013 dan Januari 2014.

10. The Hammers kehilangan 19 poin dari posisi unggul di Premier League musim ini.

11. Manajer West Ham, David Moyes, belum memenangkan pertandingan tandang melawan Liverpool di semua kompetisi (D7, L8). Mereka kalah dalam tiga pertandingan terakhir secara beruntun.

12. Michail Antonio telah mencetak gol dalam empat dari lima penampilan terakhir di Premier League melawan Liverpool.

Sumber: Sky Sports, BBC

4 dari 4 halaman

Video

5 Pelatih Premier League Musim Ini yang Sukses Saat Menjadi Pemain

Video Populer

Foto Populer