Sukses


Jose Mourinho: Tottenham Tak Akan Jor-joran Belanja Pemain Imbas Krisis yang Dipicu Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Tidak bisa dimungkiri kalau pandemi virus corona telah memberikan perubahan besar dalam industri sepak bola. Tak terkecuali pada bursa transfer yang kerap kali melibatkan uang berjumlah besar.

Sekarang rekor pembelian terbesar dalam sejarah sepak bola dipegang oleh penggawa PSG, Neymar. Ia diboyong dari klub Spanyol, Barcelona, dengan mahar mencapai 222 juta euro pada tahun 2017 lalu.

Sejak saat itu, angka 100 juta bagi satu pemain jadi terasa wajar. Bahkan pemain muda seperti Matthijs De Ligt dan Frenkie De Jong dihargai 75 juta euro pada tahun 2019 kemarin.

Namun angka-angka itu diprediksi takkan hadir pada bursa transfer musim panas tahun 2020 ini. Sebab pandemi virus corona membuat kompetisi terhenti dan klub jadi mengalami kesulitan secara finansial.

Perbedaan yang paling terlihat dalam bursa transfer kali ini adalah jadwalnya. Biasanya, bursa transfer dimulai di bulan Juni seiring dengan berakhirnya kompetisi. Namun, beberapa kompetisi besar seperti Premier League dan Liga Champions masih tertunda sampai sekarang.

Menurut prediksi, bursa transfer baru bisa dilangsungkan di sekitar bulan Juli hingga Agustus. Transfer pemain pun tidak akan melibatkan uang berjumlah besar seperti yang diyakini oleh Jose Mourinho.

"Saya tidak melihat dunia, terkhusus dunia sepak bola, siap untuk angka-angka gila seperti biasanya dan beberapa investasi gila-gilaan yang kadang klub, terutama beberapa klub atau liga, biasa lakukan," ujarnya kepada Sky Sports.

"Jujur saja, pertanyaan pertama setelah itu adalah kapan bursa transfer akan dibuka? Tentu saja saya tidak yakin itu akan berlangsung di bulan Juli atau Agustus lagi. Saya rasa akan lebih lama dari itu," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Butuh Pemain namun Realistis

Bursa transfer musim panas ini akan sangat penting bagi Mourinho. Ia nampaknya butuh tambahan pemain anyar untuk memperkuat beberapa sektor yang masih menjadi kelemahan the Lilywhites sejauh ini.

Kendati demikian, Mourinho tidak menjamin kalau timnya bakalan jor-joran dalam membelanjakan uangnya. Toh, dia sendiri tidak berharap klub melakukannya di masa krisis seperti sekarang.

"Jika anda bertanya soal klub saya, apa yang saya inginkan buat klub, saya ingin klub saya berjalan seperti yang saya inginkan," tambahnya.

"Berjalan secara masuk akal, seimbang, kami tidak bakalan menggelontorkan banyak uang dan mencoba untuk menghormati situasi ini. Tak hanya sepak bola, melainkan juga situasi dunia dan sosial secara keseluruhan," ucap Jose Mourinho.

Sumber asli: Metro

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 28/5/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Striker Southampton Danny Ings Mengancam Jadi Top Scorer Premier League

Video Populer

Foto Populer