Sukses


Pep Guardiola Buka-bukaan tentang Rival Terberatnya, Bukan Real Madrid

Bola.com, Manchester - Selama lebih dari satu dekade berkiprah sebagai pelatih di tiga liga top berbeda, Pep Guardiola sudah bertemu berbagai tim. Siapa yang merupakan lawan terberatnya? 

Mungkin banyak yang menduga rival terberat bagi Pep Guardiola adalah Real Madrid. Saat melatih Barcelona, Guardiola sudah berulang kali menghadapi Los Blancos di berbagai ajang. 

Tapi, ternyata bagi Guardiola Real Madrid bukan lawan tersulit. Dia malah menunjuk Liverpool yang diasuh Jurgen Klopp. 

Ancaman Liverpool terhadap Manchester City di Premier League sudah terlihat sejak musim lalu. Saat itu, The Reds hanya kalah satu poin pada pacuan juara Premier League 2018/2019. 

The Reds akhirnya benar-benar menunjukkan kehebatannya pada musim ini. Jordan Henderson dan kawan-kawan tampil sangat dominan dan menyabet gelar liga yang sudah ditunggu-tunggu selama 30 tahun. 

"Lawan terberat yang pernah saya hadapi dalam karier adalah Liverpool, tepatnya tim sejak tahun lalu dan musim ini," kata Pep Guardiola kepada DAZN, seperti dilansir Sportbible, Sabtu (1/8/2020). 

Menurut Guardiola, Jurgen Klopp yang menangani Liverpool membuatnya paling sering berpikir bagaimana cara mengalahkannya. 

"Ketika Anda mendominasi, maka mereka akan mengunci kalian di sebuah area dan kalian tak bisa kabur. Mereka sangat kuat menyerang dari belakang." 

"Mereka punya taktik sangat kuat. Pemain mereka punya kekuatan mental yang hebat. Klopp adalah rival yang membuat saya selalu berpikir bagaiaman cara mengalahkannya," sambung Pep Guardiola

2 dari 3 halaman

Banyak Dibantu Rivalitas Kontra Real Madrid

Sebelum di Manchester City, Pep Guardiola pernah menghabiskan waktu di Bundesliga bersama Bayern Munchen. Sebelum itu, ia empat tahun menangani Barcelona dan terlibat rivalitas sengit dengan Jose Mourinho yang saat itu menangani Real Madrid. 

Namun, Guardiola mengatakan tak yakin rivalitas di Jerman atau Spanyol lebih sengit dibanding yang dihadapinya di Inggris melawan Liverpool. 

"Saya selalu mengatakan Real Madrid tim yang sangat kuat dalam karier saya. Mereka membantu saya menjadi pelatih lebih baik dengan laga-laga yang berat dan persaingan melawan Mourinho, Manuel Pellegrini, dan semua pelatih lainnya," tutur Klopp. 

"Jika Anda tanya kepada saya mana yang paling berat dihadapi, itu adalah Liverpool. Tahun pertama saya tiba di Inggris, Liverpool masih agak lemah dibanding sekarang dan Real Madrid lebih kuat. Sekarang, Liverpool paling berat,?" imbuh pelatih asal Spanyol itu.  

Sumber: Sportbible 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

5 Pemain yang Tidak Kebagian Medali Premier League

Video Populer

Foto Populer