Sukses


6 Daftar Incaran Utama Arsenal: Mikel Arteta Siap Membangun Dinasti Baru di The Gunners

Bola.com, Jakarta - Beberapa bulan ke depan bakal jadi masa-masa krusial untuk Arsenal. Mikel Arteta sudah terbukti bisa mengembangkan tim, tapi jelas ia membutuhkan beberapa pemain untuk bisa bersaing dengan rival-rival mereka musim depan.

Musim 2019-2020 kemarin berjalan unik untuk Arsenal. Di satu sisi mereka gagal total di Premier League, hanya bisa finis di peringkat ke-8. Di sisi lain, The Gunners berhasil menjuarai Piala FA dan menutup musim dengan trofi.

Artinya, meski baru bekerja di pertengahan musim, Arteta sudah tahu apa-apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan Arsenal. Sayangnya perkembangan itu tak maksimal karena dia hanya menerima skuad warisan Unai Emery.

Sebab itu, bursa transfer musim panas inilah kesempatan terbaik Mikel Arteta untuk membentuk skuad sesuai keinginannya. Meski bujet Arsenal terbatas, setidaknya Arteta harus menyusun beberapa nama dalam daftar incarannya. Berikut ini target utama The Gunners:

Video

2 dari 7 halaman

Dayot Upamecano

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masalah utama Arsenal ada di lini belakang. Upamecano adalah bek muda berbakat yang sudah dihubungkan dengan Arsenal dalam beberapa bulan terakhir, kedatangannya jelas bakal meringankan tugas Arteta.

Musim ini, duet David Luiz dan Shkodran Mustafi tidak benar-benar meyakinkan. Arsenal kebobolan 48 gol di Premier League, yang membuktikan buruknya kualitas defensif mereka.

Memang Arteta sudah berusaha memperbaiki masalah ini dengan mengembangkan pertahanan Arsenal sebagai satu unit, tapi tetap saja mereka membutuhkan kualitas individu yang mumpuni.

Upamecano masih 21 tahun dan sudah terbukti di RB Leipzig. Dia berani membawa bola dan berani membangun serangan dari belakang, tepat untuk Arsenal.

3 dari 7 halaman

Thomas Partey

Tak hanya di lini belakang, lini tengah Arsenal pun bermasalah. Arteta menginginkan tim yang bisa menguasai bola, tapi dia tak punya pemain-pemain yang tepat untuk itu.

Saat ini masa depan Matteo Guendouzi dan Dani Ceballos masih tidak jelas, barisan gelandang Arsenal terlihat mulai menipis. Memang masih ada Granit Xhaka dan pemain muda Joe Willock, tapi Arteta butuh lebih dari itu.

Thomas Partey bisa jadi solusinya. Gelandang Atletico Madrid ini menawarkan beberapa hal. Dia bisa menghuni posisi di depan barisan bek, bisa jadi jangkar permainan tim, dan bisa membantu pemain-pemain kreatif di depannya.

4 dari 7 halaman

Dani Ceballos

Entah dengan meminjamnya lagi atau dengan pembelian permanen, Arsenal harus bisa mempertahankan Dani Ceballos. Gelandang Spanyol ini tampil impresif pasca-lockdown, berduet dengan Xhaka di lini tengah.

Masalahnya, masa depan Ceballos ada di tangan Real Madrid. Andai Madrid memutuskan bahwa Ceballos masih penting bagi tim, Arsenal tidak akan bisa berbuat banyak.

Ceballos sendiri tidak menutup kemungkinan apa pun. Dia bisa pulang ke Madrid, tapi tidak akan menolak transfer sepenuhnya ke Arsenal.

Tentu harapan Arsenal adalah mempertahankan Ceballos dan berhasil merekrut Partey. Dengan demikian lini tengah Arteta bakal jadi lebih stabil.

5 dari 7 halaman

Jack Grealish

Salah satu gelandang kreatif terbaik di sepak bola Inggris musim lalu. Grealish memang setia bersama Aston Villa, tapi dia didukung pergi ke klub yang lebih besar untuk memenuhi potensinya.

Arsenal punya banyak pemain ofensif, tapi kedatangan Grealish bakal memberikan dimensi berbeda. Dia punya kreativitas yang bakal memudahkan pekerjaan para penyerang seperti Aubameyang, Lacazette, dan Nicolas Pepe.

Masalahnya, harga Grealish diprediksi bakal sedikit mahal. Villa berhasil lolos dari cengkraman degradasi dan enggan menjual, tapi semuanya tergantung pada bagaimana tawaran Arsenal.

Sumber: Football London

6 dari 7 halaman

Willian

Arsenal dikabarkan berada di posisi terdepan untuk merekrut Willian dari Chelsea usai menawarkan kontrak berdurasi tiga tahun pada sang winger.

Masa depan Willian saat ini masih abu-abu. Pasalnya kontraknya di Chelsea habis di akhir musim dan ia masih belum menentukan masa depannya.

Beberapa klub telah dikaitkan dengan pemain berusia 31 tahun tersebut. Di antaranya adalah Barcelona, Liverpool, hingga Arsenal.

Ada juga klub MLS, Inter Miami. Namun kini Arsenal disebut berada di posisi terdepan untuk merekrut Willian.

Arsenal disebut sudah melepas penawaran kontrak kepada Willian. Kontrak tersebut berdurasi tiga tahun.

Hal ini tentu sesuai dengan keinginan sang pemain. Ia disebut menginginkan durasi kontrak serupa di Chelsea sebelumya.

Arsenal sendiri mengincar Willian karena ia bisa melengkapi formasi 4-3-3 yang diinginkan Mikel Arteta. Skill dan pengalamannya akan bisa sangat membantu Arteta di Emirates Stadium.

7 dari 7 halaman

Philippe Coutinho

Masa depan Philippe Coutinho perlahan mulai menemui titik terang. Barcelona dikabarkan bersedia melepasnya ke Arsenal. 

Coutinho gagal mendapatkan tempat di Barcelona. Padahal, dia didatangkan dari Liverpool pada 2018 dengan mahar 142 juta poundsterling (Rp2,6 triliun).

Di Barcelona, Coutinho tampil di 75 pertandingan dan mencetak 21 gol dan 11 assist. Coutinho kemudian dipinjamkan ke Bayern Munich pada awal musim 2019-2020.

 Tapi, dia gagal membuat Die Roten terpikat dan mempermanenkannya. Coutinho pun dikembalikan ke Camp Nou. Sayangnya meski sudah dipinjamkan, Coutiho belum mendapatkan tempat di Barcelona.

 El Balca pun siap melepas Coutinho lagi musim ini. Melansir The Sun, Barca tidak melepas Coutinho secara permanen, melainkan sebagai pemain pinjaman.

 Barcelona dikabarkan telah menemukan kesepakatan dengan Arsenal. Kedua tim setuju untuk membagi dua pembayaran gaji pemain 28 tahun tersebut yang totalnya 240 ribu pound atau setara Rp4,5 miliar per pekan.

Coutinho memang menjadi salah satu pemain yang masuk dalam bidikan manajer Arsenal, Mike Arteta. Sebelumnya, Arteta memasukkan namanya dalam susuan pemain untuk musim 2020-2021.

Kehadiran Coutinho untuk menggantikan posisi Mesut Oezil yang kemungkinan bakal dilepas musim depan. Transfer Coutinho ke Arsenal tampaknya hanya tinggal menghitung hari.

Sumber: Football London

Video Populer

Foto Populer