Sukses


Menganalisis 21 Penalti yang Didapat Manchester United pada 2019-2020, Hingga Dijuluki Penalti FC

Bola.com, Jakarta - Manchester United menuai sorotan karena kerap mendapatkan hadiah penalti pada musim 2019/2020, yang terbaru saat menghadapi FC Copenghagen di perempat final Liga Europa. Bahkan, Setan Merah sampai mendapat julukan Penalti FC.  

Manchester United menang 1-0 atas Copenhagen pada laga perempat final Liga Europa pada 11 Agustus. Satu-satunya gol United tercipta pada menit 95 (babak extra time) dari eksekusi penalti Bruno Fernandes.

Pasukan Ole Gunnar Soslkjaer mendapat penalti setelah Anthony Martial dijatuhkan pemain Copenhagen. Bagi United, penalti ini merupakan yang ke-21 pada musim 2019/2020. Jumlah yang tidak sedikit.

Bahkan, United tercatat sebagai klub yang paling sering mendapat penalti di kompetisi Eropa pada musim ini. Atas dasar seringnya mendapat penalti itulah julukan Penalti FC melekat pada United.

Penalti acap kali dianggap sebagai cara yang mudah untuk mencetak gol. Namun, kenyataannya tidak begitu. Banyak pemain top pernah gagal penalti, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Hal yang sama juga terjadi di skuad Manchester United. Dari 21 penalti yang didapat pada musim 2019/2020, tidak semua menjadi gol. Ada empat penalti yang gagal menjadi gol. 17 penalti lainnya sukses dikonversi menjadi gol.

Keempat penalti itu yang gagal itu ditendang oleh Paul Pogba, Marcus Rashford (2 kali), dan Anthony Martial.

Marcus Rashford awalnya menjadi eksekutor utama penalti United. Namun, sejak Bruno Fernandes datang, dia mengambil alih tugas menendang dari titik 12 pas. Bruno Fernandes menjalankan tugas dengan sempurna dengan konversi gol penalti 100 persen.

Pemain asal Portugal itu mencetak 11 gol untuk United, di mana tujuh gol di antaranya lahir dari eksekusi penalti.

Selain nama-nama di atas, pemain lain yang pernah menjadi eksekutor penalti Manchester United adalah Juan Mata, dan Mason Greenwood. Masing-masing sekali dan sukses menjadi gol.

 

2 dari 3 halaman

Kontroversi Penalti Manchester United

Ada yang menilai wajar Manchester United mendapat banyak penalti. Setan Merah memang tampil menyerang. Pemain mereka sering berada di kotak penalti lawan dan risiko terjadi kontak sangat besar.

Namun, ada beberapa penalti yang kontroversial. Salah satunya saat United berjumpa Aston Villa. Kontak antara Bruno Fernandes dan Erza Konsi dianggap sulit untuk dinilai sebagai pelanggaran dan penalti untuk pindah United.

"Jika Anda mendapat 21 penalti dalam satu musim, itu menunjukkan bahwa Anda sering menyerang," ujar Robin van Persie, seperti dilansir The Sun.

"Mungkin beberapa dari hadiah itu bisa jadi bukan penalti, mungkin sedikit penuh tipu daya, meski demikian Anda menyerang dan dalam situasi di mana wasit bisa memberi penalti. Saya rasa mendapat banyak penalti adalah hal yang bagus," tambahnya.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 14/8/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Profil Bintang Luis Suarez, Penyerang Barcelona yang Sukses Berkat Cinta Pertamanya

Video Populer

Foto Populer