Sukses


7 Pemain yang Enggak Ngapa-ngapain di Manchester United, tapi Bersinar di Klub Baru

Bola.com, Jakarta - Banyak pesepak bola yang ingin bermain di klub raksasa Liga Inggris, Manchester United. Namun demikian, ketika sudah terwujud, justru nasib apes menimpa mereka karena jarang mendapatkan kesempatan bermain. Menariknya, tak sedikit pula yang lantas bersinar ketika meninggalkan The Red Devils di klub barunya.

Tentu pembaca Bola.com masih ingat nama-nama seperti Angel Di Maria dan Radamel Falcao. Keduanya merupakan pemain yang hebat sebelum bergabung dengan Manchester United, tapi malah memble ketika berseragam Setan Merah.

Menariknya, selepas keduanya hengkang dari Manchester United dan membela klub baru, kualitas asli mereka justru terpancar.

Angel Di Maria misalnya, betapa senangnya fans Manchester United ketika ia datang ke Old Trafford, tapi harapan mereka sirna karena winger Argentina itu tampil bapuk. Menariknya, eks Real Madrid itu kembali bersinar saat berseragam Paris Saint-Germain.

Sama halnya dengan Radamel Falcao, penyerang asal Uruguay yang begitu memesona saat membela FC Porto dan Atletico Madrid. Bersama Manchester United, ia hanya sanggup mencetak empat gol saja dari 26 penampilan.

Akan tetapi, Radamel Falcao, sama seperti tujuh pemain ini, sanggup mengembalikan sinarnya ketika hengkang dari Manchester United. Berikut ini ulasannya:

2 dari 9 halaman

1. Memphis Depay

Saat bergabung dengan Manchester United, Memphis Depay disebut-sebut bakal menggantikan peran Cristiano Ronaldo yang telah lama diidam-idamkan sejak ia bergabung dengan Real Madrid. Harapan tinggal harapan, hal itu tak pernah benar-benar terwujud.

Bersama Manchester United, Memphis Depay hanya mencetak dua gol dari 33 penampilan di Liga Inggris. Padahal, ia menjadi pemain inti sejak diboyong dari Olympique Lyon.

Menariknya, sejak kembali ke Lyon, ia sanggup bersinar kembali. Puncaknya adalah ketika membawa timnya lolos ke semifinal Liga Champions 2019/2020.

Kini, kebintangannya masih terlihat. Belakangan ia diberitakan akan bergabung ke Barcelona dan bereuni dengan mantan pelatihnya di Timnas Belanda, Ronald Koeman.

3 dari 9 halaman

2. Michael Keane

Beberapa musim lalu, Manchester United digosipkan ingin 'mengembalikan' Michael Keane ke Old Trafford. Ya, bek tengah itu dulunya merupakan produk akademi klub.

Michael Keane juga memainkan lima laga bersama Manchester United, tapi ia tak pernah benar-benar bisa menjadi pemain inti di sana.

Kini, Michael Keane telah menemukan performa terbaiknya bersama Everton. Dia bahkan selalu menjadi pilihan utama manajer Carlo Ancelotti.

 

4 dari 9 halaman

3. Danny Drinkwater

Kisah lebih parah dialami Danny Drinkwater. Berseragam Manchester United sejak usia dini, ia sama sekali tak pernah satu kalipun tampil di level senior. Pada 2012, ia pindah ke Leicester City.

Bersama Leicester City, Danny Drinkwater berhasil meraih juara Liga Inggris. Ia kini bermain untuk Chelsea, namun kariernya tak begitu cemerlang.

Musim lalu saja ia dipinjamkan ke dua klub berbeda, yakni Burnley dan Aston Villa karena gagal bersaing.

 

5 dari 9 halaman

4. Wilfried Zaha

Kasus yang menimpa Wilfried Zaha cukup menarik. Pada 2012/2013, Manchester United memboyongnya dengan harga 11,75 juta pounds. Tapi langsung dipinjamkan lagi pada sisa musim tersebut ke Crystal Palace.

Pada 2013/2014, selama paruh musim, Wilfried Zaha juga tampil di luar ekspektasi. Manchester United lantas meminjamkannya ke Cardiff City.

Selepas dari Cardiff, lagi-lagi Manchester United meminjamkannya ke Crystal Palace lagi selama musim 2014/2015. Baru pada akhir musim tersebut, Zaha benar-benar dijual ke Palace dengan harga yang sangat murah, hanya 3,8 juta pounds saja.

Sejak saat itu pula, kualitas Wilfried Zaha baru kelihatan. Nilai jualnya pun meningkat drastis hingga lima kali lipat, dari 8 juta pounds kini menjadi 44 juta pounds.

 

6 dari 9 halaman

5. Gerard Pique

Mungkin agak kelewatan kalau mengatakan bahwa Gerard Pique enggak ngapa-ngapain selama bermain untuk tim utama Manchester United, sama seperti kasus Memphis Depay.

Bayangkan saja, empat musim di Manchester United, Pique hanya 'efektif' tiga musim saja. Selebihnya, kekasih penyani Shakira itu lebih sering menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman.

Bersama Manchester United, Gerard Pique cuma bemain sebanyak 23 kali, mencetak dua gol dan memberikan satu assist.

Saat pindah ke Barcelona pada 2008, di bawah komando Pep Guardiola, Gerard Pique menjelma menjadi salah satu bek terbaik di Eropa, bahkan dunia.

 

7 dari 9 halaman

6. Tom Heaton

Tom Heaton menjadi pemain paling lama 'membela' Manchester United dalam daftar ini. Delapan tahun ia habiskan sejak 2002 hingga 2010, tapi tak pernah sekalipun ia tampil untuk tim utama Setan Merah.

Ia pindah ke Cardiff City dengan status bebas transfer, kemudian ke Bristol City sebelum menjadi tim utama Burnley. Bersama Burnley, kualitas penjaga gawang yang kini berusia 34 tahun itu baru terlihat.

Membela Burnley sejak 2013/2014, ia selalu menjadi pilihan utama hingga akhirnya per 2019/2020 atau musim lalu, Tom Heaton hijrah ke Aston Villa.

Posisinya sempat tergantikan oleh Pepe Reina karena masalah cedera, namun musim baru ini, dipastikan ia bakal jadi pemain inti meski harus bersaing dengan Jed Steer dan Orjan Nyland.

 

8 dari 9 halaman

7. Dion Dublin

Ada yang tahu pemain ini? Saat ia pindah pun, sepertinya banyak pendukung Manchester United yang mengabaikannya.

Namun siapa sangka, setelah hengkang dari Old Trafford, Dion Dublin berhasul mencetak lebih dari 100 gol bersama dua klub, Coventry City dan Aston Villa.

Dion Dublin bukannya tidak ngapa-ngapain selama berseragam Manchester United. Ia tercatat enam kali membela The Red Devils, sebelum cedera patah kaki merenggut musim pertamanya.

Pada musim keduanya, kariernya tidak jua terselamatkan. Ia kalah bersaing dengan Eric Cantona, Mark Hughes, dan Brian McClair.

Kini, ia terlibat aktif di dunia pertelevisian Inggris. Selain sering menjadi komentator pertandingan Liga Inggris, ia juga terkenal dengan penampilannya di acara Homes Under the Hammer, sebuah program reality show yang diprakarsai oleh BBC.

Sumber: Planet Football

9 dari 9 halaman

Video

Profil Bintang Luis Suarez, Penyerang Barcelona yang Sukses Berkat Cinta Pertamanya

Video Populer

Foto Populer