Sukses


Liga Inggris: 5 Bukti Alex Telles Lebih Baik dari Bek Sayap Manchester United Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Alex Telles dilaporkan semakin dekat menuju Manchester United. Ini bisa jadi pembelian cerdas buat tim berjulukan Setan Merah itu sebab pemain FC Porto itu memiliki beberapa data statistik yang menunjukkan bahwa ia masih lebih baik dengan bek-bek lain di skuat besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

Sebelumnya, Manchester United telah dihubungkan dengan bek kiri Real Madrid, Sergio Reguilon. Namun bek yang musim lalu bermain sebagai pemain pinjaman di Sevilla itu hampir pasti bergabung dengan Tottenham Hotspur.

Manchester United memutuskan beralih ke target lain, yakni bek kiri FC Porto, Alex Telles. Pemain asal Brasil itu sebetulnya masih terikat kontrak dengan Porto hingga Juni 2021, namun manajemen The Red Devils tetap mendatangkannya ke Old Trafford.

Masalah gaji menjadi kendala kedua pihak belum menemui jalan keluar, di mana Telles dikabarkan meminta gaji sebesar 4 juta Euro (setara Rp70 miliar) per musim. Jika tidak menemui titik terang, agen Telles, Pini Zahavi, akan segera mencarikan klub baru untuk kliennya.

Gagal mendaratkan Alex Telles bakal jadi kerugian besar buat Manchester United. Apa sebabnya?

2 dari 7 halaman

Jumlah Gol dan Assist

Alex Telles dikenal sebagai bek yang piawai dalam membantu penyerangan. Tengok saja jumlah gol dan assist yang ia bukukan musim lalu bersama FC Porto.

Berposisi sebagai bek kiri, dia tampil agresif saat membantu dengan dengan catatan 11 gol di Premier League Portugal. Dia juga membuat 12 assist.

United menilai pemain 27 tahun bakal membuat sektor kiri lini pertahanan lebih kuat. Dia bisa bersaing dengan Luke Shaw dan Brandon Williams untuk berebut satu tempat di tim utama.

Sebagai perbandingan, Brandon Williams, bek Manchester United, hanya mencetak satu gol dari 17 penampilan musim lalu. Luke Shawa bahkan gagal membukukan gol dan assist dari 1.764 penampilan di Liga Inggris 2019/2020.

 

3 dari 7 halaman

Shots vs Dribel

Mengapa jumlah gol Telles bisa sebanyak itu, padahal dia seorang bek sayap? Jawabannya mudah. Ia rajin membantu penyerangan dan sering melepaskan tembakan.

Sepanjang 2019/2020, Telles rata-rata membukukan 1,4 tembakan per pertandingan atau per 90 menit. Sementara Shaw hanya 0,6 tembakan, dan Williams cuma 0,5.

Namun demikian, Williams dan Shaw unggul dalam hal persentase dribel. Williams mencatatkan 1,4 dribel sukses, Shaw 1,1, sedangkan Telles hanya sebesar 0,7.

 

4 dari 7 halaman

Passing dan Kreasi Peluang

Telles unggul atas Williams dan Shaw dalam hal kreasi peluang. Tiap pertandingan, Telles menghasilkan rata-rata 2,0 kreasi peluang, disusul Williams (1,2) dan Shaw (1,0).

Soal passing, Telles kalah jauh dari dua bek Manchester United tersebut. Passing suksesnya cuma mencapai 80,5 persen, kalah dari Williams (84,6 persen) dan Shaw (87,4 persen).

 

5 dari 7 halaman

Crossing

Alex Telles juga menjadi satu di antara bek sayap yang rajin melepaskan umpan crossing pada Liga Portugal 2019/2020. Tercatat, rata-rata 2,3 crossing dilepaskannya tiap pertandingan.

Williams dan Shaw minim kontribusi dalam aspek ini, di mana mereka hanya membukukan masing-masing 0,2 dan 0,4 umpan crossing.

 

6 dari 7 halaman

Intersep Vs Tekel

Dalam hal tekel, ketiga pemain sangat kompetitif. Telles mencatatkan 1,2 tekel tiap 90 menit, sementara Williams 1,9, dan Shaw 1,8 tekel per pertandingan.

Akan tetapi, visi Telles dalam membaca arah bola dan pergerakan lawan unggul jauh dari Williams dan Shaw. Telles berhasil melakukan rata-rata intersep sebanyak 2,0 kali per 90 menit.

Shaw cuma membukukan 1,2 intersep, sementara Williams sedikit lebih baik, yakni 1,3 per 90 menit.

Sumber: Planet Football, Whoscored

7 dari 7 halaman

Video

Serunya Mengoleksi Kartu Bola Manchester United, Edisi David Beckham Sulit Didapat

Video Populer

Foto Populer