Sukses


10 Transfer Terbaik Liga Inggris Sejauh Ini: Dari Thiago Alcantara sampai Donny van de Beek

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2020/2021 menyajikan transfer-transfer yang memukau. Beberapa klub telah berhasil mendaratkan amunisi barunya demi bersaing di kancah tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Meskipun banyak klub mengalami masalah keuangan akibat dari adanya pandemi COVID-19, bukan berarti klub-klub tersebut pasrah dengan keadaan. Beberapa klub Premier League kini rela mengeluarkan mahar lebih untuk menguatkan komposisi skuadnya.

Dari beberapa transfer yang terjadi bahkan dianggap sebagai suatu keharusan untuk kestabilan timnya. Tim-tim seperti Liverpool, Manchester United, hingga klub promosi Leeds United, kini bahkan dianggap berhasil merealisasikan transfer terbaik di Liga Inggris.

Musim lalu Manchester United juga berhasil mendapatkan pemain terbaiknya lewat Bruno Fernandes yang mampu mengangkat performa tim sejak awal kedatangannya.

Musim ini ada beberapa pemain yang dirasa bisa menyusul Bruno Fernandes menjadi transfer terbaik untuk timnya. Siapa saja pemain yang bisa dianggap sebagai transfer terbaik? Berikut daftar 10 pemain yang masuk daftar tersebut mengutip dari Bola.net:

2 dari 7 halaman

9-10

10. Callum Wilson (Newcastle United)

Enam tahun membela Bournemouth, akhirnya Callum Wilson memutuskan hijrah ke Newcastle United pada bursa transfer Liga Inggris musim panas ini. Diboyong dengan harga 22 juta euro, Wilson diharapkan menjadi juru gedor yang mematikan bagi The Magpies.

Debut Wilson bersama Newcastle bisa dibilang cukup manis, karena penyerang asal Inggris ini berhasil mencetak satu gol. Sekaligus membantu The Magpies mencuri poin dari kandang West Ham United.

Setelah menjanjikan di laga debutnya, Wilson kembali menjadi pemain yang penting bagi Newcastle setelah menyelamatkan timnya dari kekalahan, ketika bertandang ke Tottenham Hotspur Stadium. Callum Wilson berhasil mencetak satu gol lewat titik putih di menit injury time.

9. Gareth Bale (Tottenham Hotspur)

Gareth Bale kembali ke Tottenham setelah tujuh musim di Real Madrid © TottenhamSetelah tujuh tahun berseragam Real Madrid, winger asal Wales, Gareth Bale pulang ke klub yang sudah membesarkan namanya. Namun, kali ini Bale datang sebagai pemain pinjaman.

Walaupun ia hanya pemain pinjaman, tetapi Bale diyakini akan memberikan segalanya untuk Tottenham Hotspur. Apalagi, pemain berusia 31 tahun ini memiliki kenangan yang manis dengan klub tersebut.

Namun sayang, sampai saat ini Bale belum menjalani laga debutnya bersama Tottenham dikarenakan cedera lutut yang dialaminya.

 

3 dari 7 halaman

7-8

8. James Rodriguez (Everton)

Saat ini, Everton sedang berada di peringkat tiga klasemen sementara Premier League 2020/21 setelah menyapu bersih tiga laga awal mereka. Tentu, keberhasilan The Toffees tak lepas dari peran James Rodriguez.

Sejak kedatangannya di Goodison Park, James berhasil menjadi pembeda bagi permainan Everton. Pemain asal Kolombia ini sudah membukukan satu gol dan satu assist di Premier League 2020/21.

Selain itu, tercatat di Whoscored. James juga memiliki akurasi passing yang cukup tinggi dengan 84.9%.

 

7. Eberechi Eze (Crystal Palace) 

Gemilang bersama Queens Park Rangers di divisi Championship, Eberechi Eze akhirnya diboyong Crystal Palace dengan mahar 17 juta euro. Dengan kecepatan dan skill yang mumpuni, Eze diyakini akan menjadi bintang besar di Premier League.

Sejauh ini, Eze sudah tampil di tiga pertandingan Premier League 2020/21 bersama Crystal Palace. Dua kali sebagai pemain pengganti dan satu kali bermain sejak menit pertama ketika anak asuh Roy Hodgson menjamu Everton.

Di laga tersebut, pemain asal Inggris ini tampil cukup baik. Eze berhasil melesakkan tiga shot dan melakukan dribble sebanyak empat kali.

 

4 dari 7 halaman

5-6

6. Willian (Arsenal)

Pasca hengkang dari Chelsea dengan status free transfer, Willian memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim panas ini.

Di laga debutnya berseragam Arsenal, winger asal Brasil ini berhasil membuktikan kualitasnya dan menjadi aktor penting bagi kemenangan The Gunners atas Fulham di pekan perdana Premier League 2020/21.

Tampil selama 75 menit, pemain berusia 32 tahun ini membuat dua assist untuk rekan setimnya, Gabriel Magalhaes dan Pierre-Emerick Aubameyang.

 

5. Edouard Mendy (Chelsea)

Chelsea memang sangat membutuhkan sosok penjaga gawang baru untuk bersaing di papan atas. Kepa yang kini menjadi kiper termahal di dunia malah kerap melakukan blunder.

Maka dari itu kedatangan Edouard Mendy dari Rennes dirasa menjadi transfer yang terbaik dan bisa menentukan penampilan klubnya.

Sosoknya merupakan yang kini sangat diperlukan Chelsea. Edouard Mendy pun memiliki modal yang bagus untuk bermain di Premier League. Rataan penyelamatannya musim lalun jauh lebih baik dari Kepa yaitu 76 persen berbanding 54 persen.

 

5 dari 7 halaman

3-4

4. Timothy Castagne (Leicester City) 

Leicester City kini menjadi pemuncak klasemen sementara Premier League setelah tiga kali menyapu bersih pertandingannya. Hal itu tidak lepas dari kontribusi pemain barunya Timothy Castagne yang langsung tampil apik sejak awal pertandingannya.

Bek sayap yang didatangkan dari Atalanta ini bahkan langsung mencetak gol di debutnya. Di pekan selanjutnya Castagne juga berkontribusi dalam bentuk assists.

Terakhir Manchester City menjadi korbannya, yang mana di laga itu Castagne juga menciptakan satu assists untuk gol Jamie Vardy.

 

3. Diego Llorente (Leeds United) 

Kemampuan Diego Llorente mengawal lini belakang membuat Leeds dengan cepat mengamankan jasanya seharga 20 juta euro. Diego Llorente yang sebelumnya bermain di Real Sociedad memiliki kemampuan menguasai bola yang baik di lini belakang.

Leeds yang musim ini tampil agresif tentu membutuhkan tambahan amunisi di lini belakangnya, mengingat klub telah kebobolan tujuh gol di tiga laga awalnya. Marcelo Bielsa yang di Championship begitu mengandalkan pertahanan yang kokoh tentu akan terbantu dengan adanya Diego Llorente.

Diego Llorente musim lalu memiliki tingkat sukses menggiring bola yang tinggi yaitu 89 persen per pertandingannya. Akurasi umpannya pun sama baiknya sebesar 87 persen per pertandingan.

 

6 dari 7 halaman

1-2

2. Thiago Alcantara (Liverpool)

Liverpool sebelumnya sudah memiliki gelandang-gelandang yang hebat dalam diri Wijnaldum, Fabinho, Milner dan Henderson. Kini Liverpool semakin menjadi klub yang komplet di lini tengahnya berkat kedatangan Thiago Alcantara dari Bayern Munchen.

Pengalamannya dalam bermain untuk tim juara sepertinya akan sangat membantu Liverpool di Premier League. Thiago memiliki keahlian dalam mengendalikan lini tengah dengan suplai bolanya yang baik.

Di 45 menit debutnya Thiago bahkan mencatatkan 88 kali sentuhan, dengan rataan keberhasilan umpan mencapai 90 persen.

 

1. Donny van de Beek (Manchester United)

Manchester United sebelumnya berhasil tampil baik ketika memiliki Bruno Fernandes. Kini, The Reds Devils memiliki kedalaman skuad yang lebih baik di lini tengah berkat kedatangan Donny van de Beek.

Van de Beek merupakan salah satu kunci Ajax Amsterdam ketika mencapai semifinal Liga Champions 2019. Di usianya yang baru menginjak 23 tahun, Van de Beek telah menjelma menjadi gelandang komplit. Total selama membela Ajax dia tampil 175 kali dengan torehan 41 gol dan 34 assists.

Di Manchester United, dia bisa menjadi opsi lain ketika Bruno Fernandes atau Paul Pogba bermain buruk. Pada debutnya, meskipun kalah, dia berhasil mencetak satu gol untuk Manchester United.

 

Sumber: Transfermarkt, Sofascore, SportsMole

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra, Hendra Wijaya, Published 30/9/2020)

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Highlights Mola TV: Liverpool 2 vs 1 Sheffield United | Liga Inggris | (25/10/2020)

Video Populer

Foto Populer