Sukses


Daftar Ulah Kontroversial Harry Maguire Musim Ini, di Timnas Inggris dan Manchester United Sama-sama Bermasalah

Bola.com, Jakarta Kontroversi tak kunjung beranjak dari sisi Harry Maguire. Mimpi buruk kapten Manchester United dan penggawa Timnas Inggris itu masih berlanjut. 

Yang terbaru, Harry Maguire diganjar kartu merah saat Timnas Inggris menghadapi Denmark pada lanjutan UEFA Nations League, Kamis (15/10/2020) dini hari WIB. The Three Lions akhirnya takluk 0-1. 

Meski tampil buruk, Maguire masih mendapat dukungan dari Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Menurutnya, pemain Manchester United itu sedang mengalami masa-masa sulit dan akan kembali ke performa terbaiknya.

"Dia mengalami masa sulit dan dalam periode ini Anda belajar banyak tentang diri Anda sendiri. Anda akan belajar, siapa yang ada untuk Anda pada masa-masa sulit seperti ini," ujar Southgate, seperti dilansir BBC

"Dia akan melewatinya, dia akan menjadi pemain yang lebih baik dan pria yang lebih kuat karena masalah ini. Bermain dengan 10 orang itu mahal bagi tim, tetapi kami sepenuhnya mendukung Harry, kami sepenuhnya mendukung dia," lanjut pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Sebelum laga kontra Denmark, kapten Manchester United itu juga sudah memancing kontroversi hingga namanya menghiasi halaman utama media-media Inggris. 

Berikut ini beberapa kontroversi Harry Maguire belakangan ini. 

 

2 dari 4 halaman

1. Berulah di Yunani

Kontroversi Harry Maguire akhir-akhir ini dibuka dengan kasus di Yunani pada pertengahan Agustus 2020, yang membuatnya sempat dicoret dari Timnas Inggris. 

Harry Maguire dinyatakan bersalah atas tindakan kriminal yang lakukannya di Mykonos, Yunani. Bek Manchester United itu didakwa melakukan kekerasan, menolak perintah penahanan, dan suap.

Harry Maguire ditangkap bersama saudaranya, Joe Maguire, dan temannya, Christopher Sharman setelah terlibat baku hantam dengan sekelompok orang di sebuah bar di Mykonos.

Kepolisian mendapat laporan dari masyarakat tentang perkelahian itu pada Jumat dini hari pukul 00.30 waktu setempat. Mereka kemudian mendatangi lokasi kejadian dan berusaha melerai pertikaian itu.

Tiga orang dari salah satu kelompok tersebut malah terlihat mengonfrontasi polisi secara verbal dan kemudian menyerang secara fisik. Tiga pria tersebut, satu di antaranya Maguire, lantas ditangkap dan dibawa ke kantor polisi di Mykonos.

"Pemain sepak bola melakukan pelanggaran secara verbal kepada petugas kepolisian dan kemudian memukulnya," kata pihak kepolisian.

Tak lama berselang, Manchester United memberikan pernyataan resmi tentang insiden yang menimpa sang kapten. Setan Merah mengaku sudah menghubungi Maguire, serta menyatakan sang pemain bersikap kooperatif terhadap petugas kepolisian.

"Klub memahami kejadian yang melibatkan Harry Maguire di Mykonos tadi malam. Kami sudah menghubungi Harry. Ia bersikap kooperatif dengan aparat berwenang di Yunani," tulis Manchester United dalam pernyataan resminya.

Tanpa berbelit-belit, pengadilan Yunani langsung membawa kasus ini ke meja hijau. Harry Maguire dan dua orang yang terlibat akhirnya dinyatakan bersalah. Mereka didakwa atas tiga tindakan kriminal, yakni kekerasan fisik, penolakan penahanan, dan suap.

Maguire dengan keras menyangkal pelanggaran tersebut, mengajukan banding atas putusan tersebut dan hukuman penjara yang ditangguhkan selama 21 bulan.

Setelah kejadian itu, Maguire masih menjadi starter pada laga perdana Manchester United di Liga Inggris melawan Crystal Palace dan kembali dipanggil Timnas Inggris pada Oktober ini untuk tiga pertandingan. 

 

3 dari 4 halaman

2. Kinerja Buruk Kontra Tottenham Hotspur

 

Harry Maguire tampil buruk saat Manchester United babak belur di tangan Tottenham. Berjumpa pada pekan keempat Premier League 2020/2021, Minggu (4/10/2020) malam WIB, United kalah dengan skor 1-6. 

Harry Maguire menunjukkan aksi yang sulit dicerna pada proses gol pertama Tottenham. Pemain 27 tahun itu justru sibuk berebut bola dengan Luke Shaw. Maguire menarik Luke Shaw hingga terjatuh dan Tanguy Ndombele mencetak gol.

Pada gol kedua, Maguire juga lengah mengawasi Harry Kane yang mengambil free-kick cepat. Momen ini berujung pada gol yang dicetak Son Heung-min.

Sampai di situ saja? Tidak. Harry Maguire kemudian juga di-nutmeg oleh Serge Aurier pada menit ke-37. Momen ini berujung pada gol keempat Tottenham yang dicetak Son Heung-min.

Mantan pemain Leicester City itu mengunggah permintaan maaf kepada fans di akun Instagramnya setelah kekalahan memalukan dari Spurs. 

"Hari ini benar-benar tidak bisa diterima. Kami minta maaf kepada fans, Anda layak mendapatkan yang lebih dari ini. Tidak ada alasan apa pun. Satu hal yang pasti, kami akan melakukan apa pun untuk mengoreksi kesalahan ini. Kami semua terluka, tapi ini awal dari musim yang panjang. Kami harus tetap bersama," tulis Maguire. 

 

4 dari 4 halaman

3. Kartu Merah di Timnas Inggris

Yang terbaru, Harry Maguire diganjar kartu merah saat memperkuat Timnas Inggris melawan Denmark pada laga UEFA Nations League. Pada pertandingan tersebut Inggris takluk 0-1. 

Menjamu Denmark di Stadion Wembley, Kamis (15/10/2020) dini hari WIB, Timnas Inggris tampil dominan pada awal babak pertama. Marcus Rashford nyaris mencetak gol pada menit ke-15. Namun, upaya Rashford tersebut dapat digagalkan kiper Denmark, Kasper Schmeichel.

Masuk menit ke-32, petaka menimpa The Three Lions. Harry Maguire harus menyudahi laga lebih awal karena diganjar kartu kuning kedua. Bek Manchester United itu harus meninggalkan lapangan akibat melakukan tekel keras kepada Kasper Dolberg.

Bermain dengan 10 orang, Timnas Inggris kerepotan membendung laju Denmark. Gawang Inggris pun akhirnya kebobolan pada menit ke-35. Eksekusi penalti Christian Eriksen menghujam deras gawang Tim Tiga Singa yang dikawal Jordan Pickford.

Tertinggal satu gol, Inggris coba membalas. Namun bukannya mencetak gol, Timnas Inggris lagi-lagi mendapatkan kartu merah, kali ini diterima Reece James pada menit ke-90+4.

Anak asuh Gareth Southgate itu pun takluk 0-1 dari Denmark.

Sumber: Four Four Two, UEFA, The Sun, BBC 

5 Stadion Terbesar Liga Inggris, Old Trafford Nomor Satu

Video Populer

Foto Populer