Sukses


4 Pemain yang Bersinar di Arsenal dan Membelot ke Manchester City, Masih Ingat?

Bola.com, Jakarta - Manchester City pernah membeli beberapa pemain Arsenal. Tidak jarang, pemain-pemain yang didatangkan menuai sukses.

Manchester City merupakan salah satu klub kaya raya di Inggris. Mereka menjelma menjadi klub kaya raya setelah dibeli oleh pengusaha asal Timur Tengah yaitu Sheikh Mansour.

Dukungan dana yang kuat membuat City mampu merekrut pemain-pemain berkualitas. Mereka juga bisa memakai jasa pelatih sekaliber Pep Guardiola.

Sampai sejauh ini ada banyak pemain bintang yang didatangkan ke Etihad Stadium. Sebut saja Sergio Aguero, Kevin de Bruyne hingga Riyad Mahrez.

City tercatat juga sering memboyong pemain dari klub rival di Premier League. City melakukan itu untuk memperkuat tim mereka sembari melemahkan klub rival.

Arsenal menjadi satu di antara klub yang pemainnya sering dibeli City. Dengan iming-iming uang besar, The Gunners sepertinya tidak keberatan melepas pemainnya ke City.

Berikut ini empat pemain Manchester City yang dibeli dari Arsenal.

 

2 dari 6 halaman

Gael Clichy

Manchester City membeli Gael Clichy pada bursa transfer musim panas 2011. Pemain asal Prancis itu dibeli dengan harga 7,75 juta euro.

Clichy mempunyai karier yang cukup sukses setelah datang ke Etihad Stadium. Ia berhasil meraih dua trofi Premier League dan Piala Liga, serta satu gelar Community Shield.

Mantan pemain Cannes itu menghabiskan enam musim bersama The Citizens. Ia meninggalkan klub pada tahun 2017 dan kemudian melanjutkan kariernya di Istanbul Basaksehir.

 

3 dari 6 halaman

Kolo Toure

Kolo Toure merupakan bagian dari skuad invincibles Arsenal yang memenangi Premier League musim 2003-2004. Namun, sang pemain memutuskan hengkang ke Manchester City pada tahun 2009.

City menebus Toure dari Arsenal dengan biaya yang mencapai 18,7 juta euro. Pemain asal Pantai Gading itu kemudian menjadi pemain penting di lini belakang The Citizens.

Toure berhasil memenangkan gelar Premier League dan Piala FA selama berkarier di Etihad Stadium. Ia kemudian meninggalkan klub pada 2013 dengan bergabung Liverpool.

 

4 dari 6 halaman

Samir Nasri

Setelah empat tahun membela Arsenal, Samir Nasri pindah ke Manchester City pada tahun 2011. Pemain asal Prancis itu datang ke City dengan biaya 27,5 juta euro.

Nasri memutuskan pindah ke City karena ingin memenangkan gelar. Mantan pemain Marseille itu akhirnya berhasil mewujudkan keinginannya tersebut di Etihad.

Selama membela City, Nasri memenangkan dua gelar Premier League, satu Piala Liga dan satu Community Shield. Ia mencatatkan 176 penampilan dengan mencetak 27 gol dan 40 assist.

 

5 dari 6 halaman

Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor pindah ke Manchester City di tahun 2009. Sang striker ditebus dari Arsenal dengan biaya yang mencapai 29 juta euro.

Adebayor kemudian menjadi sosok yang dibenci pendukung Arsenal. Penyebabnya sang pemain melakukan selebrasi bersifat provokatif terhadap pendukung The Gunners yang sedang bertandang.

Adebayor bertahan di City selama tiga musim. Akan tetapi, ia sempat dipinjamkan ke Real Madrid dan Tottenham selama periode itu.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 16/10/2020)

6 dari 6 halaman

Video

Highlights Mola TV: Liverpool 2 vs 1 Sheffield United | Liga Inggris | (25/10/2020)

Video Populer

Foto Populer