Sukses


Liga Inggris: Liverpool Krisis Bek Tengah, Jurgen Klopp Tetap Santai

Bola.com, Jakarta - Cedera yang dialami Virgil van Dijk dan membuatnya mungkin absen selama satu musim penuh jelas membuat manajer Liverpool, Jurgen Klopp, bakal kerepotan. Kekuatan Liverpool jelas berkurang, di mana pertahanan mereka tidak akan tangguh seperti biasanya.

Sejak kedatangannya ke Anfield, Virgil van Dijk telah mendongkrak level pertahanan Liverpool secara keseluruhan. Pemain asal Belanda itu membawa dampak positif untuk mental dan permainan The Reds.

Virgil van Dijk baru saja menyelesaikan operasi untuk cedera ACL, yang merupakan mimpi buruk bagi pesepak bola. Van Dijk yang cedera karena tekel keras kiper Everton, Jordan Pickford, harus menepi beberapa bulan ke depan, dan mungkin baru bisa tampil lagi menjelang akhir musim.

Namun, kini bukan hanya Virgil van Dijk yang harus menepi. Liverpool pun baru kehilangan Fabinho yang mengalami cedera hamstring. Sebelumnya juga ada Joel Matip.

Kini Liverpool hanya menyisakan Joe Gomez sebagai bek yang cukup senior di skuat The Reds. Sementara bek lain yang ada merupakan pemain junior.

Video

2 dari 3 halaman

Menikmati Masalah yang Ada

Jurgen Klopp tahu betul krisis bek tengah yang dia hadapi sangat merepotkan, tapi di sisi lain pun ia masih bisa menganggapnya sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Klopp adalah pribadi yang senang menyambut tantangan, dan kali ini merupakan tantangan paling sulit baginya sepanjang melatih Liverpool.

"Mungkin 'menikmati' bukan kata yang tepat, tapi saya sudah menyadari sejak dahulu bahwa hidup adalah tantangan, dan ini adalah tantangan," ujar Klopp di Liverpoolfc.com.

"Jika Anda bisa melewati kesan pertama dari insiden tersebut, berikutnya adalah soal solusi. Inilah yang membuat saya bersemangat. Apakah saya melihat tantangan pada situasi sekarang? Ya. Apakah saya melihat peluang? Ya," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Solusi Sementara

Dengan masih menyisakan Joe Gomez sebagai satu-satunya bek tengah senior yang dimiliki Liverpool saat ini, Jurgen Klopp bisa menoleh ke tim muda untuk memainkan nama-nama seperti Rhys Williams atau Nathaniel Pilips.

Jurgen Klopp juga punya opsi memainkan James Milner dan Jordan Henderson sebagai bek tengah.

"Kami jelas memiliki beberapa opsi lain seperti memainkan Hendo, atau Gini Wijnaldum atau James Milner, bahkan Robertson pun bisa bermain sebagai bek tengah," ujar Klopp.

"Jadi betul, kami masih punya satu atau dua opsi. Kami akan memilih satu di antaranya. Yang mana? Anda harus menonton televisi saat pertandingan besok," lanjutnya. 

Sumber: Liverpool

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 31/10/2020)

Video Populer

Foto Populer