Sukses


3 Perubahan Krusial yang Dilakukan Jose Mourinho yang Membuat Tottenham Hotspur Punya Kans Juara Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Pelan namun pasti, Jose Mourinho mengembangkan Tottenham Hotspur jadi salah satu tim tangguh di pentas Liga Inggris musim ini. Belum sempurna memang, tapi taktik Spurs tampak jitu dan sesuai dengan pemain-pemain yang ada. Mereka bermain seperti keinginan The Special One.

Sebut saja kemenangan 2-0 atas Manchester City akhir pekan lalu. Laga ini bisa disebut sebagai performa terbaik Tottenham sejauh ini. Mereka bermain dengan taktik yang tepat sasaran untuk merepotkan lawan.

Spurs membiarkan Man City menguasai bola, tapi mereka balas menyerang dengan serangan balik. Hasilnya hanya 4 tembakan tercipta, 2 di antaranya tepat sasaran dan jadi gol.

Jauh berbeda dengan Man City yang melepas 22 tembakan, 5 tepat sasaran, 67% penguasaan bola, 10 tendangan sudut, tapi tidak bisa mencetak satu gol pun.

Hal-hal apa yang membuat Tottenham Hotspur berbeda dibanding musim-musim sebelumnya?

2 dari 5 halaman

Parkir Bus yang Berbeda dari Biasanya

Taktik yang diterapkan Spurs saat menjajal City  memang khas Mourinho, biasa disebut parkir bus. Namun, ada yang berbeda dengan parkir bus sebelumnya, kini Spurs pun bisa menyerang jika mau, mereka punya Harry Kane dan Son Heung-Min di lini serang.

Juga ada pemain-pemain baru lain yang bakal membantu lini serang. Singkatnya Spurs bisa bertahan dengan impresif, tapi juga bisa menyerang jika mau.

"Saya kira pemain-pemain Tottenham pasti puas dengan perkembangan. Benar yang mereka lakukan bersama Mauricio Pochettino itu fantastis, tapi sekarang ada jalan berbeda. Inilah jalan Mourinho, ini cara kerjanya," ujar analis Premier League, Ian Wright, kepada Metro.

3 dari 5 halaman

Belanja Pemain Sesuai Kebutuhan

Ia Wright merupakan salah satu pengamat yang kagum melihat permainan Spurs musim ini. Mourinho tahu kapan waktunya menyerang dan bertahan, meski sebenarnya pada beberapa laga Spurs pun pernah tersandung.

"Ketika Anda melihat cara bermain mereka, lihat saja Sergio Reguilon, saya kira dia lebih baik dari Ben Davies. Saya kira Matt Doherty pun lebih baik dari Sergio Aurier. Dua pemain bagus ini didatangkan untuk membantu lini serang," lanjut Wright.

"Ketika Anda mengamati torehan Emile Hojbjerg, bukan hanya dia bisa menghentikan serangan lawan, lihatlah operan dan penguasaan bolanya, tekelnya, jumlah pelanggarannya. Dia pemain yang melakukan pekerjaan permintaan Mourinho."

Jose Mourinho sukses memetakan permasalahan tim asuhannya musim lalu. Ia membeli pemain-pemain yang sesuai kebutuhan. Skuat Tottenham musim ini kaya pemain-pemain berkualitas. Seimbang di tiap posisi yang ada. Hal ini mempermudah manajer asal Portugal tersebut melakukan rotasi pemain saat menjalani jadwal padat di berbagai event.

4 dari 5 halaman

Bermain Efektif

Lebih lanjut, Ian Wright pun merasa taktik parkir bus tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Spurs tidak bermain negatif, mereka hanya memilih pendekatan paling efektif untuk menang.

"Ketika Anda bermain melawan tim seperti Manchester City atau Arsenal, atau bahkan Chelsea, tim-tim yang akan mencoba menyerang Anda, mengapa tidak mencoba melakukan apa yang dilakukan Tottenham?" sambung Wright.

"Permainan itu sangat efektif. Jika Anda tidak menjaga Harry Kane Anda akan kerepotan. Melawan Man City, mereka benar-benar membungkam lawan dengan kualitas yang ada," tutur eks striker Arsenal itu.

Sumber asli: Metro

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 27/11/2020)

5 dari 5 halaman

Video

Frank Lampard Akhirnya Dipecat Chelsea

Video Populer

Foto Populer