Sukses


Bruno Fernandes dan 4 Bintang asal Portugal yang Menyihir Liga Inggris Musim Ini, Siapa yang Bakal Sehebat Cristiano Ronaldo?

Bola.com, Jakarta - Tak terbantahkan, Liga Inggris menjadi kompetisi sepak bola terkaya di dunia dan bisa dibilang yang paling kompetitif. Persaingan juara melibatkan lebih dari dua klub, berbeda dengan kebanyakan kompetisi lainnnya di Eropa.

Daya tarik kompetisi sedemikian rupa membuat beberapa tahun terakhir banyak pemain terbaik di dunia berlomba-lomba bisa berkiprah di Premier League.

Portugal, salah satu negara yang cukup banyak menyumbang pemain di kompetisi satu ini. Kesuksesan Cristiano Ronaldo menginspirasi rekan-rekannya.

Portugal dikenal sebagai negara yang produktif mencetak pemain berkelas. Rata-rata pesepak bola asal negara yang pernah menjajah Indonesia tersebut dianugerahi skill mumpuni, ala-ala Brasil yang dikenal dengan Sepak Bola Samba-nya.

Cristiano Ronaldo, Deco, dan Ricardo Carvalho, pemain asal Portugal yang dinilai sukses menaklukkan kerasnya persaingan Liga Inggris. Berikut ini deretan penerusnya. Musim ini mereka dalam kondisi on-fire di klubnya masing-masing.

2 dari 7 halaman

Pedro Neto

Pedro Neto tiba di Liga Inggris musim panas lalu ketika ia bergabung dengan Wolverhampton Wanderers.

Striker berusia 20 tahun itu menjalani musim debut yang sulit di kompetisi tersebut. Sang bomber hanya mampu mencetak tiga gol dan assist dalam 29 pertandingan. Namun, musim ini, Neto unjuk gigi. Hingga pekan ke-10 ia telah mengoleksi tiga gol dan dua assist.

Neto, yang mengidolakan rekan senegaranya Cristiano Ronaldo, telah mencetak gol melawan Fulham, Southampton, dan Arsenal di Premier League musim ini.

Eksploitasi mantan pemain Lazio, yang juga mencatatkan assist dalam kemenangan melawan Sheffield United dan Crystal Palace, telah membantu Wolves menempati posisi keenam klasemen sementara kompetisi, di atas tim seperti Manchester United dan Manchester City.

3 dari 7 halaman

Rui Patricio

Pemain Portugal lain yang tampil mengesankan untuk Wolverhampton Wanderers di Liga Premier musim ini adalah penjaga gawang Rui Patricio.

Kiper berusia 32 tahun, yang terkenal karena kehebatannya dalam menyelamatkan penalti di Liga Inggris, telah mencatatkan empat clean sheet musim ini.

Kiper yang tak tergantikan di Wolves itu  jadi tembok yang kukuh saat timnya menjajal Crystal Palace, Leeds, Fulham dan Sheffield United. Ia baru kebobolan lebih dari dua gol hanya dua kali dalam 10 pertandingan Liga Inggris musim ini.

Patricio memainkan semua 38 pertandingan Premier League musim lalu dan menjaga 13 clean sheet saat Wolves finis di urutan ketujuh.

4 dari 7 halaman

Ruben Dias

Bek tengah Portugal, Ruben Dias tampil mengesankan di Manchester City sejak kedatangannya musim panas ini.

Pemain berusia 23 tahun tersebut sedikit dari pemain City yang punya rapor bagus di awal musim ini. Tim asuhan Pep Guardiola menjalani musim yang suram. Mereka mendekam di posisi ke-10. 

Dias, yang telah memainkan tujuh pertandingan di Premier League musim ini. Ia amat mengesankan saat mencetak gol tunggal City melawan Arsenal. Dia menyelesaikan paling banyak sentuhan, operan dan duel udara dalam pertandingan itu.

Dias mengungkapkan kegembiraannya karena bisa beradaptasi cepat di Manchester City, tim bertabur bintang:

"Satu hal yang ingin saya katakan adalah mentalitas saya adalah menjadi selengkap mungkin di setiap bagian permainan. Saya telah melakukan yang terbaik sejak sekarang. Saya akan terus melakukannya. Untuk memiliki orang-orang baik di sekitar Anda untuk belajar dan belajar dengan cara yang benar."

5 dari 7 halaman

Diogo Jota

Diogo Jota jadi rekrutan brilian Liverpool pada musim panas ini.

Sang juara bertahan menghadapi berbagai masalah pelik dalam upayanya mempertahankan gelar. Mereka kehilangan banyak pemain karena cedera. Salah satu di antaranya Virgil Van Dijk yang nota bene roh permainan Liverpool di lini belakang.

Jota jadi embun penyejuk bagi The Reds.

Penyerang sayap berusia 23 tahun itu menandai debutnya di Liga Inggris dengan mencetak gol dalam kemenangan 3-1 Liverpool melawan Arsenal. Jota sejak itu mencetak gol dalam tiga pertandingan lanjutan melawan Sheffield United, Leicester City, dan Brighton.

Jota juga on-fire di Liga Champions. Dia telah mencetak empat gol dalam banyak pertandingan musim ini, termasuk hattrick dalam kemenangan 5-0 Liverpool di Atalanta.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp sangat gembira atas dampak yang ditimbulkan Diogo Jota sejak kedatangannya di Anfield:

“Saya menyukai sikap disiplin yang ia tunjukkan, ditambah kreativitas yang ia tunjukkan, plus keinginan kuat yang ia tunjukkan. Dan keahliannya juga cukup bagus, jadi saya mendapat banyak tanda bagus sebelum kami merekrutnya. Saya yakin sejak awal ia akan sukses di Liverpool."

6 dari 7 halaman

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes bisa dibilang pemain Portugal terbaik di Liga Inggris saat ini.

Sejak tiba di Manchester United pada bulan Januari tahun ini, gelandang serang berusia 26 tahun itu rata-rata menyumbang hampir satu gol per pertandingan (35 dalam 36 pertandingan, dengan 22 gol dan 13 assist).

Berjuang 'sendirian' membantu klub meraih tempat ketiga musim lalu, Bruno Fernandes memulai musim dengan performa yang luar biasa. Dia sudah mencetak 10 gol dalam 14 pertandingan di semua kompetisi untuk Setan Merah, sambil juga memberikan empat assist.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer membandingkan Bruno Fernades dengan rekan setim nasionalnya yang terkenal Cristiano Ronaldo untuk dampak yang dia berikan di klub, dengan mengatakan:

"Dia benar-benar seperti Ronaldo. Bruno memiliki pengaruh dan dampak itu pada rekan satu timnya. Kami hanya bisa melihat hasilnya sejak ia masuk. Bruno punya banyak energi, kepemimpinan. Dia adalah pemain tim, yang merupakan kunci di klub ini untuk bisa meraih kesuksesan."

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Frank Lampard Akhirnya Dipecat Chelsea

Video Populer

Foto Populer