Sukses


Liga Inggris: Jelang Derbi Manchester, Solskjaer Harus Belajar dari Jose Mourinho

Bola.com, Jakarta - Manchester United akan berjumpa Manchester City di Old Trafford pada pekan ke-12 Premier League 2020/2021, Minggu (13/12/2020) dini hari WIB. Manajer The Red Devils, Ole Gunnar Solskjaer, tentu berharap timnya bisa meraih kemenangan. Mungkin Jose Mourinho bisa membantunya.

Laga kontra Manchester City tentu memiliki arti yang sangat penting bagi The Red Devils dan Solskjaer. Mereka butuh hasil positif untuk menemukan kembali rasa percaya dirinya setelah gagal di Liga Champions.

Bagi Solskjaer, laga tersebut akan menjadi lebih pelik. Masa depannya kini tengah diragukan dan hasil buruk melawan Manchester City akan menjadi penghakiman untuknya.

Manchester United bertindak sebagai tuan rumah. Laga ini digelar di Old Trafford, tempat yang membuat The Red Devils merasakan rekor buruk pada musim ini.

Sulit untuk menyebut Manchester United bisa meraih kemenangan dalam situasi yang mereka hadapi dalam beberapa pertandingan terakhir. Namun, ada sebuah saran bagus yang melibatkan mantan manajer The Red Devils yang kini menangani Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Video

2 dari 3 halaman

Belajar dari Mourinho

November lalu, Tottenham Hotspur menang dengan skor 2-0 atas Manchester City. Saat itu, Tottenham kalah penguasaan bola, tembakan, dan atribut lainnya. Namun, dari sisi hasil, mereka berjaya atas Manchester City.

"Rencana Mourinho relatif sederhana, tapi efektif. Ia berhasil menyoroti kekurangan Manchester City sambil membiarkan timnya sendiri menunjukkan kekuatan mereka," tulis jurnalis Manchester Evening News, Josh Williams.

Williams memaparkan Tottenham tampil dengan formasi dasar 4-2-3-1, mirip dengan yang dipakai Solskjaer di Manchester United. Namun, ada beberapa profil pemain dan pembagian tugas khusus yang diterapkan Jose Mourinho.

Pierre-Emile Hojbjerg dan Moussa Sissoko bermain disiplin di lini tengah. Mereka membantu tim turun dan berupaya tidak keluar area. Mereka rajin menutup ruang dan kadang menciptakan situasi enam bek sejajar.

"Harry Kane dan Tanguy Ndombele turun lebih dalam untuk memberikan umpan ke bagian lini serang dengan memberi makan penyerang cepat seperti Son Heung-min dan Steven Bergwijn," ulas Williams.

3 dari 3 halaman

Apakah Manchester United Mampu?

Kunci kemenangan Tottenham Hotspur adalah Jose Mourinho meminta timnya bermain disiplin dan efektif. The Lilywhite mencetak dua gol hanya dari empat tembakan. Sementara itu, mereka membuat penguasaan bola Manchester City menjadi pasif karena tak punya ruang di kotak penalti.

"Solskjaer dapat mengerahkan Marcus Rashford dan Bruno Fernandes dalam peran ofensif. Scott McTominay dan Fred bermain seperti Hojbjerg dan Sissoko," kata Williams.

"Solskjaer mungkin enggan melihat cara dari orang yang dia gantikan. Namun, dalam kasus ini, itu akan masuk akal mengingat pemain serupa di kedua klub dan bagaimana Mourinho memenangkan pertarungan atas Guardiola," kata Williams.

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 11/12/2020)

Video Populer

Foto Populer