Sukses


Perubahan Rencana Pep Guardiola: Dulu Ingin Pensiun Dini, Sekarang Menatap Karier Panjang di Manchester City

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola akan berulang tahun yang ke-50, Senin (18/1/2021).

Ada perubahan besar dalam rencananya. Tiga tahun lalu, ia mengungkap rencana pensiun dini. Kini, dia menatap masa depan panjang di Manchester City.

"Saya tiba di akhir karier kepelatihan saya, saya yakin akan hal ini. Saya merasa proses perpisahan saya telah dimulai," kata Guardiola dalam sebuah wawancara pada musim panas 2017. 

Pernyataan itu keluar hanya satu tahun masa jabatannya di Stadion Etihad setelah memenangkan banyak trofi saat menangani Barcelona dan Bayern Munchen.

Namun, pernyataan itu tak memengaruhi komitmennya di City, juga tidak mengurangi hasratnya untuk sukses. Pada musim 2017/2018, Guardiola membuat City memenangkan Liga Inggris dengan rekor 100 poin. Berikutnya, City meraih treble domestik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Setelah mengambil cuti satu tahun antara masa jabatannya di Barcelona dan Bayern Munchen, terlihat jelas bahwa Guardiola ingin menjauh dari hingar bingar sepak bola. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika dia pergi lagi setelah kontraknya berakhir.

Namun, saat ini, Guardiola masih berada di kursi panas di Manchester City. Ia telah dua kali memperbarui kontrak di Etihad Stadium dan tampaknya akan berlanjut untuk beberapa tahun ke depan.

"Sebelumnya saya pikir saya akan segera pensiun, sekarang saya berpikir saya akan pensiun lebih tua," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Jalan Masih Panjang

Ketika Pep Guardiola mencapai 700 pertandingan pada bulan Desember, dia bahkan berucap itu mungkin hanya setengah jalan dalam kariernya.

"Tujuh ratus pertandingan. Saya akan melakukan 700 pertandingan lagi dan setelah itu saya akan pensiun," kata Guardiola, yang telah memenangkan 29 trofi besar sejak menjadi manajer Barcelona B pada 2008.

"Ketika Anda mulai, Anda tidak mengharapkan apa yang akan terjadi di masa depan, jadi bagus untuk memiliki 700 pertandingan dan begitu sedikit kekalahan."

Satu noda pada karier Guardiola bersama Manchester City sampai saat ini adalah kegagalannya untuk melampaui perempat final Liga Champions. Tidak diragukan lagi, memenangkan kompetisi klub top Eropa telah menjadi tujuan utama klub sejak merekrut Guardiola.

 

Sumber: Sportsmole

Video Populer

Foto Populer