Sukses


Liverpool Banjir Kritikan, Jurgen Klopp: Dunia adalah Tempat yang Gila

Bola.com, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengklaim kritikan pedas yang terarah ke klubnya belakangan ini dipicu faktor ketidaksabaran. Klopp juga menyebut dunia ini benar-benar tempat yang gila, karena banyak orang cepat kehilangan kesabaran dan melontarkan kritikan.  

Liverpool menuai hasil buruk dalam empat pertandingan terakhir, alias gagal menang dalam periode itu. Sejak membantai Crystal Palace 7-0 pada 19 Desember 2020, The Reds hanya mendulang tiga hasil seri dan satu kekalahan, serta mencetak satu gol. 

Buntutnya, Liverpool kehilangan posisi puncak klasemen Liga Inggris. Bahkan, Mohamed Salah dan kawan-kawan terlempar dari peringkat tiga besar.  

Dalam sesi konferensi pers, Rabu (21/1/2021), Klopp mendapat pertanyaan apakah tim-tim lawan telah bekerja keras untuk mencari tahu bagaimana cara menghentikan Liverpool.

Pelatih asal Jerman itu memberikan jawaban lugas. Dia mengeluhkan betapa saat ini orang-orang tidak punya kesabaran menunggu sebuah proses. 

"Tim-tim lain tahu apa yang kami lakukan tahun lalu. Ada beberapa peluang di mana mereka bertahan dengan baik dan lainnya di mana umpan terakhir kami [misalnya] perlu dilakukan dengan cara yang lebih baik," kata Klopp, seperti dilansir Guardian

"Saya mendengar di suatu tempat ada yang bilang saya harus membangun tim ini. Jadi headline berikutnya seperti setiap orang tahu bagaimana mengatasi permainan kami. Hal-hal seperti itu sangat normal dalam fase-fase seperti ini." 

"Itu situasi yang kami hadapi, segalanya berubah cepat dalam semalam. Dunia tempat yang gila dan bukan hanya karena pandemi. Tak ada yang punya waktu lagi (kesabaran)," imbuh Jurgen Klopp, yang sudah lima tahun menangani Liverpool.  

 

 

2 dari 3 halaman

Tidak Menunjukkan Kemajuan

Namun, Klopp mengakui timnya tidak menunjukkan kemajuan dibandingkan musim lalu, saat The Reds tampil sangat dominan dan meraih gelar juara. 

"Saya tahu di sepak bola Anda tidak pernah mendapat waktu nyata. Anda hanya mendapat waktu jika membuat langkah maju, dan orang-orang akan bilang mereka bisa melihatnya,"  tutur Klopp. 

"Saat ini jelas setelah musim lalu kami tidak membuat langkah maju. Kami harus berubah dengan permainan, bukan dengan berbicara," imbuh Klopp. 

Rentetan pertandingan tanpa gol di liga dalam tiga pertandingan terakhir adalah yang terlama bagi Liverpool sejak 2005. Klopp punya pendapat tersendiri tentang hal itu. 

"Itu tentang tim keseluruhan. Gol tidak terbang begitu saja, kami harus mengusahakannya. Kami akan mencetak gol lagi. Kami harus tetap tenang, dan membuat keputusan yang tepat dan situasinya akan berubah," tegas Klopp.

Sumber: Guardian  

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer