Sukses


7 Catatan Statistik Menawan Lini Belakang Manchester City di Liga Inggris Musim Ini: Tim Ofensif yang Kini Kuat Bertahan

Bola.com, Jakarta Tantangan gelar Manchester City sejauh musim ini dibangun di atas fondasi yang kukuh dari pertahanan yang luar biasa.

Gareth Southgate berencana untuk memanggil kembali John Stones ke Timnas Inggris. Kebangkitannya di Manchester City yang tampaknya dibantu oleh kedatangan Ruben Dias. Ia menjadi duet yang pas bagi stoper asal Portugal tersebut.

Catatan statistik yang menggambarkan seberapa baik Manchester City melakukan pertahanan musim ini. Hal yang sejatinya tak biasa buat tim-tim yang doyan bermain ofensif. Kok bisa ya tim asuhan Pep Guardiola sekukuh ini?

2 dari 9 halaman

Kebangkitan John Stones

Man City hanya kebobolan dua gol dengan Stones di lapangan sejauh musim ini. Itu berhasil karena kebobolan gol setiap 600 menit dengan bek tengah di tim.

3 dari 9 halaman

Duet Paten

satu dari dua gol yang bersarang ke gawang City terjadi pada pertandingan pertama City musim ini, menang 3-1 atas Wolves. Sejak itu, gol hiburan di masa injury time dari Callum Hudson-Odoi untuk Chelsea adalah satu-satunya gol yang dibiarkan City dalam 1.123 menit terakhir Stones di lapangan. Itu semua terjadi saat ia dan Dias berduet di lini belakang.

4 dari 9 halaman

Hanya Kebobolan Tujuh Gol

Sejak kalah 2-5 dari Leicester pada September, City hanya kebobolan tujuh gol dalam 15 pertandingan liga terakhir mereka. Total 38% dari kebobolan gol  Premier League mereka musim ini terjadi dalam kekalahan itu.

5 dari 9 halaman

Rataan Kebobolan yang Menawan

Saat kebobolan gol, City secara luas konsisten dengan statistik yang mendasarinya - 13 gol dikirim dari 13,5xGA (kebobolan gol yang diharapkan). Itu rekor terbaik di liga - mengungguli Aston Villa (17,6xGA) (via FBref.com)

6 dari 9 halaman

Jago Meminimalisir Tembakan ke Gawang

Mereka membiarkan lawan hanya 35 tembakan tepat sasaran. Itu 17 lebih sedikit dari rekor terbaik berikutnya, Chelsea, dengan 52. Tottenham, misalnya, telah menghadapi lebih dari dua kali lipat (71).

7 dari 9 halaman

Kiper Lebih Banyak Nganggur

Selain memiliki rekor pertahanan terbaik di pentas Liga Inggris musim ini, kiper Manchester City, Ederson, bisa dibilang banyak menganggur. Penjaga gawang utama City tersebut hanya melakukan 26 penyelamatan di pentas kompetisi, paling sedikit dari kiper-kiper tim Liga Inggris lainnya.

 

8 dari 9 halaman

Jarang Melakukan Tekel

Uniknya soliditas Manchester City dalam bertahan tidak diiringi angka tekel yang tinggi. Mereka mencatat hanya 14,6 tekel per 90 menit (hanya Arsenal yang memiliki rataan lebih rendah). Jumlah tekel terendah di sepertiga pertahanan mereka sendiri (5,59 per 90 menit).

Sumber: Planet Football

9 dari 9 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer