Sukses


5 Pelatih dengan Masa Jabatan Tersingkat di Chelsea, Kira-kira Thomas Tuchel Tahan Berapa Lama?

Bola.com, Jakarta - Chelsea memutuskan untuk berpisah dengan Frank Lampard. Nakhoda asal Inggris itu harus angkat kaki menyusul performa buruk The Blues sebulan terakhir.

Lampard diangkat sebagai manajer Chelsea pada Juli 2019. Ia diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun di Stamford Bridge.

Namun, Chelsea memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja dengan Lampard lebih cepat. The Blues mengumumkan pemecatan Lampard pada Senin (25/1/2021) malam WIB.

Itu berarti Lampard mempunyai karier kepelatihan yang tergolong singkat bersama Chelsea. Lampard hanya bertahan selama 18 bulan di Stamford Bridge.

Pria berusia 42 tahun itu memimpin skuad Chelsea dalam 84 pertandingan. Hasilnya, The Blues 44 kali menang, 15 imbang, dan 25 kali kalah di semua kompetisi.

Lampard memimpin Chelsea dalam waktu yang cukup singkat. Namun, dia bukanlah pelatih dengan masa jabatan tersingkat di Chelsea.

Berikut ini lima pelatih ternama dengan durasi lebih singkat yang pernah menukangi The Blues pada era Roman Abramovich. Kira-kira pelatih anyar Chelsea, Thomas Tuchel, bisa tahan berapa lama di Stamford Bridge?

2 dari 7 halaman

Maurizio Sarri (351 hari)

Maurizio Sarri diangkat menjadi pelatih Chelsea pada 14 Juli 2018. Pria asal Italia itu hanya bertahan selama satu musim di Stamford Bridge.

Sarri tercatat menangani Chelsea selama 351 hari. Ia memimpin The Blues dalam 63 pertandingan dengan torehan 40 kali menang, 11 kali seri dan 12 kali kalah.

Sarri berhasil mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Europa, finis ketiga di Premier League dan tampil di final Piala Liga. Meski menjalani musim yang relatif sukses, Sarri hengkang ke Juventus pada akhir musim.

3 dari 7 halaman

Avram Grant (247 hari)

Avram Grant awalnya tiba di Chelsea sebagai direktur sepak bola. Namun, pria asal Israel itu kemudian ditunjuk menjadi manajer setelah kepergian Jose Mourinho.

Di bawah asuhan Grant, Chelsea berhasil tampil di final Liga Champions untuk pertama kalinya. Sayangnya, mereka gagal menjadi juara setelah kalah dari Mancheser United.

Grant sendiri menukangi Chelsea selama 247 hari. Ia memimpin skuad The Blues dalam 54 pertandingan di semua kompetisi.

4 dari 7 halaman

Andre Villas-Boas (247 hari)

Andre Villas-Boas datang ke Chelsea pada 1 Juli 2011 dengan reputasi yang cukup bagus. Ia berhasil membawa Porto meraih juara Liga Europa dan Primeira Liga.

Namun, kisah sukses Villas-Boas ternyata tidak berlanjut di Stamford Bridge. Setelah takluk 0-1 dari West Brom pada ajang Premier League, Villas-Boas dibebastugaskan oleh Chelsea pada 4 Maret 2012.

Kebersamaan pelatih asal Portugal tersebut dengan klub London hanya berlangsung selama 247 hari. Villa-Boas hanya mendapat kesempatan memimpin The Blues dalam 40 pertandingan.

5 dari 7 halaman

Luiz Felippe Scolari (223 hari)

Luiz Felippe Scolari melatih Chelsea pada 1 Juli 2008. Ia merupakan pelatih pemenang Piala Dunia pertama yang menangani tim Premier League.

Namun, kiprah pertama Scolari di kancah Premier League ternyata berakhir dengan kekecewaan. Pelatih asal Brasil ini hanya bertahan tujuh bulan di Stamford Bridge.

Masa jabatan Scolari bersama The Blues hanya berlangsung selama 223 hari dengan 36 pertandingan. Posisi Scolari kemudian digantikan oleh pelatih asal Belanda, Guus Hiddink.

6 dari 7 halaman

Rafael Benitez (220 hari)

Rafael Benitez diangkat menjadi pelatih Chelsea pada 22 November 2012. Ia menggantikan posisi Roberto Di Matteo yang sebelumnya dipecat.

Pelatih asal Spanyol itu berhasil mengantarkan Chelsea finis di peringkat ketiga di klasemen akhir Premier League. Bukan hanya itu, The Blues dibawanya meraih trofi Liga Europa.

Meski begitu, kebersamaan Benitez bersama Chelsea hanya berlangsung selama 220 hari. Ia meninggalkan klub pada 30 Juni 2013 setelah memimpin klub dalam 48 pertandingan.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 26/1/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer