Sukses


Kiprah 4 Pelatih asal Jerman di Pentas Liga Inggris: Hanya Jurgen Klopp yang Moncer, Thomas Tuchel Bisa Apa?

Bola.com, Jakarta - Thomas Tuchel resmi didapuk sebagai pelatih Chelsea. Nakhoda asal Jerman itu datang ke The Blues untuk menggantikan Frank Lampard yang dipecat sehari sebelumnya.

Chelsea memberikan konfirmasi resmi penunjukan Tuchel pada Selasa (26/1/2021) waktu setempat. Tuchel diikat kontrak selama 18 bulan dengan opsi perpanjangan.

Tuchel punya tugas berat di klub barunya. Ia dituntut untuk mendongkrak performa Chelsea yang tercecer di peringkat kesembilan di klasemen Premier League.

Pria 47 tahun itu bergabung ke Stamford Bridge setelah memimpin PSG selama dua setengah tahun. Tuchel dibebastugaskan dari pekerjaannya di klub Prancis itu pada bulan lalu.

Tuchel sendiri menjadi pelatih Jerman pertama dalam sejarah Chelsea. Dia juga tercatat sebagai manajer kelima yang berkiprah di Premier League.

Berikut ini empat manajer asal Jerman yang menangani klub Premier League sebelum Thomas Tuchel mendarat di London.

2 dari 6 halaman

Felix Magath

Felix Magath ditunjuk menjadi manajer Fulham pada tahun 2014. Pria asal Jerman itu punya tugas berat untuk menyelamatkan Fulham dari degradasi.

Magath merupakan pelatih yang cukup disegani di Jerman. Ia berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga bersama Bayern Munchen (2005, 2006) dan Wolfsburg (2009).

Namun, Magath pada akhirnya tidak mampu mencegah Fulham dari degradasi. Ia dipecat pada bulan September setelah The Cottagers berada di posisi terbawah di Championship.

  

3 dari 6 halaman

Daniel Farke

Daniel Farke datang ke Norwich pada 2017. Ia trcatat sebagai pelatih asing pertama sepanjang 114 tahun sejarah klub.

Farke berhasil mengantarkan The Canaries sebagai juara Divisi Championship pada musim 2018/2019. Alhasil, Teemu Pukki dan kolega berhak tampil di Premier League pada musim berikutnya.

Namun, kesuksesan Farke tidak berlanjut di kasta tertinggi sepak bola Inggris itu. Norwich harus kembali ke Championship setelah satu musim.

4 dari 6 halaman

Jan Siewert

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Offside Rule Podcast (@offsiderulepod)

Jan Siewert mengambil alih Huddersfield pada Januari 2019 setelah kepergian David Wagner. Namun, pria 38 tahun itu hanya berhasil meraih satu kemenangan selama menangani klub.

The Terrier dipastikan terdegradasi pada bulan Maret. Mereka mengakhiri musim dengan finis di posisi terbawah Premier League.

Siewert dipecat setelah Hudderfield memulai musim berikutnya dengan hasil yang buruk. Siewert angkat kaki dari klub setelah meraih tiga kekalahan dan sekali imbang.

  

5 dari 6 halaman

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp bergabung dengan Lvierpool pada Oktober 2015. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu datang ke klub untuk menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat.

Klopp memiliki andil besar dalam kesuksesan Liverpool belakangan ini. Ia berhasil mengantarkan The Reds meraih gelar Liga Champions pada 2019.

Pada musim berikutnya, Klopp membawa The Reds meraih gelar Premier League pertama klub. Dengan koleksi empat trofi bersama Liverpool, Klopp tercatat sebagai pelatih Jerman tersukses di Premier League.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 27/1/2021)

6 dari 6 halaman

Video

Perhatian Khusus Marcus Rahsford untuk Pemain Muda Manchester United, Shola Shoretire

Video Populer

Foto Populer