Sukses


Wadidaw, Jurgen Klopp Mulai Stres di Liverpool: 6 Pelatih Ini Diisukan Bakal Menggantikannya

Bola.com, Jakarta - Liverpool kini dalam situasi yang sulit. Posisi Jurgen Klopp sangat mungkin akan goyah. Ia terlihat kesulitan menghentikan tren kinerja buruk The Reds sebulan terakhir.

Lantas, jika itu terjadi, siapa yang cocok untuk menjadi manajer baru Liverpool?

Liverpool mulai tertinggal dari persaingan gelar juara Premier League 2020/2021. The Reds juga tak pernah menang pada lima laga kandang terakhirnya di Premier League [2 imbang, 3 kalah].

Kondisi ini membuat performa Jurgen Klopp mulai diragukan. Klopp seolah mengulang momen buruk pada musim terakhirnya di Dortmund, setelah meraih banyak sukses di musim sebelumnya.

Klopp sendiri pernah berucap jika dia tidak akan menjadi Sir Alex Ferguson-nya Liverpool. Lantas, jika Klopp dan Liverpool harus berpisah, siapa yang bisa jadi penggantinya?

2 dari 8 halaman

Pep Lijnders

Pep Lijnders adalah salah satu orang kepercayaan Jurgen Klopp di Liverpool. Dia adalah orang lama di Anfield karena sudah bekerja untuk Liverpool sejak 2014 lalu, walau sempat 'rehat' sejenak untuk melatih NEC Breda pada 2018.

Sebelum menjadi asisten Klopp, Pep Lijnders juga bekerja untuk Brendan Rodgers. Walau hanya sebagai asisten, pria asal Belanda ini dinilai punya andil besar atas sukses Liverpool dua musim terakhir.

3 dari 8 halaman

Xabi Alonso

Xabi Alonso punya karier hebat di Liverpool. Dia masuk dalam skuad juara Liga Champions 2004/2005. Xabi Alonso mencetak satu gol ketika Liverpool menang atas AC Milan di laga final.

Xabi Alonso kini tengah meniti karir sebagai pelatih. Sejak 2019 lalu, dia menjadi pelatih di Real Sociedad U-19.

Xabi Alonso memang belum punya pengalaman di level top sebagai pelatih. Namun, pria 39 tahun itu bisa menjadi opsi jika Liverpool ingin mendapatkan ide-ide segar dari eks pemain Real Madrid itu.

4 dari 8 halaman

Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann disebut sebagai pelatih sangat berbakat dari Jerman. Pelatih 33 tahun ini memang belum meraih gelar apa pun di level senior, tapi dia punya capaian yang luar biasa.

Musim lalu, Nagelsmann membawa RB Leipzig melaju ke semifinal Liga Champions.

Nagelsmann dikenal sebagai pelatih yang kayak taktik. Dia punya banyak varian formasi dan bisa mengubah rencana bermain saat laga berlangsung. Nagelsmann bisa menjadi opsi menarik bagi The Reds.

5 dari 8 halaman

Marco Rose

Marco Rose menjadi nama yang kini naik daun. Setelah sukses di RB Salzburg, Marco Rose membangun Borussia Mongchengladbah menjadi tim yang solid sejak ditunjuk sebagai pelatih pada 2019 lalu.

Pada musim 2020-2021 ini, pria asal Jerman membawa Gladbach lolos dari fase grup Liga Champions untuk pertama kali dalam sejarah.

Marco Rose disebut sebagai calon kuat pelatih baru Dortmund musim depan. Namun, jika Liverpool tertarik pada jasanya, bukan tidak mungkin pelatih 44 tahun itu akan datang ke Anfield.

6 dari 8 halaman

Diego Simeone

Diego Simeone punya karakter yang hampir sama dengan Jurgen Klopp. Dia adalah sosok yang ekspresif dan pandai memberikan motivasi ke pemain. Simeone punya karir yang bagus di Atletico Madrid.

Awal musim lalu, Simeone memberi isyarat bahwa dia tidak akan selamanya menjadi pelatih Atletico. Nah, Liverpool bisa memberi tantangan baru bagi sosok dengan julukan El Cholo tersebut.

7 dari 8 halaman

Steven Gerrard

Steven Gerrard adalah ikon penting dalam sejarah Liverpool. Dia punya masa bakti yang panjang sebagai pemain. Gerrard kini melatih klub Skotlandia, Rangers, dan punya catatan prestasi yang cukup bagus.

Gerrard sejak lama disebut sebagai manajer masa depan Liverpool. Gerrard pernah melatih di Liverpool U-18 dan U-19.

Akan tetapi, Liverpool perlu berkaca pada kasus Chelsea jika ingin menunjuk Gerrard sebagai pelatih. Gerrard seperti Frank Lampard -yang baru dipecat Chelsea- belum punya pengalaman menjadi manajer klub Premier League.

Sumber asli: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 8/2/2021)

8 dari 8 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer