Sukses


6 Ngeles Konyol Ala Jurgen Klopp saat Liverpool Keok, Mulai Kaki Kiper Kedinginan sampai Embusan Angin

Bola.com, Jakarta - Sosok Jurgen Klopp sontak menjadi sorotan setelah Liverpool dipermalukan Manchester City 1-4 dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Senin (8/2/2021) dini hari WIB. 

Kekalahan itu membuat kans Liverpool mempertahankan gelar Liga Inggris semakin berat. The Reds telah tertinggal 10 poin dari Manchester City yang berdiri nyaman di puncak klasemen. 

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, berusaha melihat perspektif yang berbeda dari kekalahan itu. Menurutnya, Liverpool tetap memainkan sepak bola yang bagus meski pada akhirnya harus beradaptasi pada babak kedua karena perubahan permainan yang dilakukan The Citizens.

"Bagian besar dari pertandingan ini adalah permainan yang brilian menurut saya. Tentu saya bisa melihat mata Anda melihatnya berbeda. Saya benar-benar menyukainya. Babak pertama kami memainkan sepak bola yang sangat bagus," ujar Klopp kepada Sky Sports.

"Pada babak kedua, City sedikit mengubah sistem permainan mereka. Dengan sedikit adaptasi, kami bisa kembali ke permainan. Namun, pada awal babak kedua kami tidak memiliki opsi yang cukup baik untuk bermain dan akhirnya kebobolan gol pertama," lanjut manajer Liverpool itu.

Namun, ada komentar aneh atau lebih tepatnya konyol ketika Jurgen Klopp ditanya tentang dua blunder yang dilakukan kiper Alisson Becker pada laga itu. Apakah itu? 

Dalam beberapa kesempatan Jurgen Klopp memang pernah melontarkan komentar aneh atau konyol saat Liverpool kalah. Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir dari berbagai sumber.   

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 7 halaman

1. Rumput Kering

Rumput kering sepertinya menjadi musuh besar manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Setelah gagal menang melawan Southampton pada 2017 di Anfield, mantan manajer Borussia Dortmund itu mengklaim bahwa rumput kering membuatnya timnya sangat sulit untuk menciptakan peluang.

"Hari ini, saya tahu tidak ada yang mau mendengarnya tetapi saya cukup berani untuk mengatakannya, lapangannya benar-benar kering.

"Kami sudah mengguyurnya dengan air, tetapi setelah 15 menit itu benar-benar kering, angin, itu sulit."

Ini bukan pertama kalinya Klopp menyalahkan rumput ketika Liverpool gagal meraih kemenangan. Manajer Jerman itu menyalahkan rumput setelah Liverpool gagal mengalahkan Bury pada 2018.

Pada tahun yang sama, Klopp menyebut alasan serupa ketika Liverpool gagal mengalahkan West Brom di Hawthorn. 

 

3 dari 7 halaman

2. Embusan Angin

Angin juga menjadi kambing hitam Klopp atas kegagalan Liverpool. Hal itu terjadi setelah mereka menelan kekalahan dari Southampton di semifinal Piala Liga Inggris. Setelah pertandingan, Klopp menyalahkan angin sehingga Liverpool tidak bisa bermain sebaik mungkin.

Mungkin dia lupa kalau angin berembus sama untuk kedua tim.

"Saya mengatakan beberapa kali ketika saya datang ke sini tentang angin dan semua orang tertawa, tetapi hari ini benar-benar sulit, sangat sulit bermain sepak bola dengan angin seperti ini," kata Klopp. 

Ketidaksukaannya dengan angin juga terjadi pada 2015. Saat itu, Klopp mengklaim cuaca berangin di Inggris menghambat filosofi sepak bola yang mengalir bebas. 

4 dari 7 halaman

3. Penyiar Televisi

Ya, ini pernah terjadi. Jurgen Klopp pernah menggunakan alasan penyiar televisi karena menghalangi timnya. Ini terjadi di Piala FA ketika Liverpool kalah dari West Brom pada 2018.

Klopp menyalahkan BT Sport karena tidak mengizinkan wasit menambah waktu injury time.

“Yang saya dengar adalah waktu tambahan yang sebenarnya di babak pertama seharusnya 10 menit. Itu hanya empat menit. Saya mendengar bahwa televisi mengatakan itu tidak lebih dari empat menit," kata Klopp. 

 

5 dari 7 halaman

4. Salju

Klopp juga tidak sungkan menyalahkan salju atas kegagalan timnya. Setelah gagal mengalahkan Leicester pada Januari 2019, ia menyatakan salju mengganggu irama permainan timnya dan membuat hidup mereka sengsara.

"Anda lihat bola tidak menggelinding dengan baik," kata Klopp. "Jika Anda menguasai bola cukup banyak selama 70 hingga 80 persen dari waktu itu membuat hidup benar-benar tidak nyaman." 

 

6 dari 7 halaman

5. Cedera Lawan

Klopp juga pernah menggunakan masalah cedera tim lawan atas kegagalan timnya untuk meraih kemenangan.

Itu terjadi saat Liverpool bermain imbang melawan Manchester United pada Februari 2019. Manajer Jerman itu mengklaim masalah cedera yang dialami United pada babak pertama menyebabkan gangguan pada ritme permainan.

"Jika kami melanjutkan seperti kami memulai pertandingan kami bisa menang tetapi kami kehilangan ritme karena cedera," katanya.

Dalam pertandingan di Old Trafford tersebut, ada empat pergantian pemain yang terjadi di babak pertama dan tiga di antaranya dilakukan oleh Manchester United.

7 dari 7 halaman

6. Kaki Kiper Kedinginan

Alisson Becker menjadi sorotan tajam saat Liverpool dibantai Manchester City 1-4 pada lanjutan Liga Inggris, Senin (2/2/2021). Sang penjaga gawang melalukan dua blunder yang sangat merugikan The Reds.

Setelah pertandingan, Jurgenn Klopp melontarkan komentar aneh tentang Becker, yang disebutnya mungkin kakinya kedinginan karena cuaca yang dingin sehingga melakukan blunder. 

"Saya tidak tahu, tidak ada penjelasan yang nyata di sana. Mungkin kakinya kedinginan atau semacamnya. Kedengarannya lucu tapi bisa jadi. Tapi, masih ada kesempatan untuk menendangnya ke tribune," kata Klopp. 

Sumber: Give Me Sport, Sky Sports, The Sun  

Video Populer

Foto Populer