Sukses


3 Pemain Manchester United yang Dinilai Lebih Pantas Menjadi Kapten dibanding Harry Maguire

Bola.com, Jakarta - Manchester United tidak diragukan lagi merupakan salah satu klub terbesar di dunia dan memiliki banyak penggemar. Secara historis, klub telah menjadi rumah bagi pesepak bola legendaris seperti Cristiano Ronaldo, Paul Scholes, dan Wayne Rooney.

Salah satu poin pembicaraan utama di antara para penggemar Manchester United adalah siapa yang mengenakan kaos nomor 7 yang ikonik serta ban kapten. Sejak Rooney meninggalkan Manchester United pada 2017, Antonio Valencia, Michael Carrick, dan Ashley Young didapuk menjadi kapten. Praktis hanya seorang Carrick yang meninggalkan kesan mendalam.

Harry Maguire banyak dikritik setelah dia diangkat menjadi kapten permanen pada awal tahun 2020. Meskipun dia mungkin seorang bek yang oke, kualitas kepemimpinan Maguire dipertanyakan. Jika dibandingkan dengan pemain seperti Roy Keane, yang merupakan karakter yang berapi-api dan membela rekan satu timnya, Maguire tampaknya tidak pas mengenakan ban kapten.

Roy Keane bahkan pernah mengkritik terbuka yang agak menjurus fisik. "Bagaimana dia bisa memberi semangat ke pemain lain jika wajahnya terlalu sendu?" kata sang legenda United tersebut.

Ia bukan tipikal pemain yang banyak bicara di lapangan. Padahal, seorang kapten dituntut sebagai sosok yang memegang peranan besar mengendalikan pemain lainnya. Komunikasi sebuah hal mutlak.

Kira-kira siapa yang cocok menggantikan Harry Maguire sebagai kapten Manchester United?

2 dari 5 halaman

Scott McTominay

Pemain internasional Skotlandia itu telah mencetak tujuh gol untuk Manchester United musim ini. Saat dalam kondisi fit, McTominay secara teratur dipilih di lini tengah Setan Merah.

Di usianya yang baru menginjak 23 tahun, McTominay siap memperkuat posisinya di lineup awal untuk tahun-tahun mendatang. Menjadi produk akademi Manchester United juga menjadikannya kandidat yang ideal karena memahami nilai-nilai dasar klub.

McTominay baru-baru ini mencetak gol kemenangan melawan West Ham United dalam kemenangan Piala FA 1-0 Setan Merah. Ini adalah bukti kemampuannya untuk muncul di area berbahaya di kotak pertahanan lawan. McTominay mulai membuktikan bahwa dia akan berjuang untuk timnya hingga titik darah penghabisan, layaknya seorang kapten sejati.

3 dari 5 halaman

David De Gea

Penjaga gawang Manchester United telah berada di klub tersebut sejak 2011. Pada 2015, De Gea sedang dalam masa puncak karier nyaris  bergabung ke Real Madrid. Namun, kesepakatan batal di detik-detik terakhir.

De Gea bertahan dan berjuang untuk klub melalui masa-masa tergelap mereka, bahkan ketika mereka gagal lolos ke Liga Champions. Kapten dalam sepak bola terkadang didasarkan pada senioritas dan De Gea adalah pemain paling berpengalaman yang ada di tim saat ini.

Telah berada di klub selama bertahun-tahun, masuk akal baginya untuk menjadi kapten klub. De Gea memiliki kemampuan untuk menampilkan performa yang lebih solid untuk klub dan bisa menjadi batu sandungan bagi Manchester United di lini belakang. Tidak akan banyak yang bertanya-tanya jia ia mengambil alih ban kapten dari Maguire.

4 dari 5 halaman

Bruno Fernandes

Maestro asal Portugal telah menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di United belakangan ini. Sejak kedatangannya pada Januari 2020, Fernandes telah mencetak 30 gol dalam 56 penampilan, yang tertinggi dari semua pemain ofensif United.

Semangatnya untuk sukses dan kemampuannya mempengaruhi permainan adalah alasan mengapa ia pantas menjadi seorang kapten. Fernandes juga menjadi kapten Sporting Lisbon sebelum pindah ke Old Trafford.

Fernandes adalah salah satu pemain terpenting United dan ketika ia bermain bagus, Bruno meningkatkan orang-orang di sekitarnya. Selain mencetak gol, Fernandes juga memiliki banyak assist. Fernandes tahu bagaimana mendistribusikan bola dan membawa orang lain ke dalam permainan.

Jika United ingin memenangkan trofi Ole Gunnar Solskjaer, maka Fernandes akan menjadi jantungnya. Jika United merasa perlu mengganti kapten mereka, maka Fernandes harus berada di urutan teratas daftar.

Sumber: Sportskeeda

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer