Sukses


Serba Serbi Liverpool di Liga Inggris 2020 / 2021: Penuh Borok

Bola.com, Jakarta - Juara bertahan Liga Inggris, Liverpool, menjalani musim 2020/2021 penuh luka. Anak asuh Jurgen Klopp seakan gagal menunjukkan konsistensinya dan perjalanan mereka dipenuhi catatan buruk.

Liverpool baru saja memainkan laga pekan ke-25 Premier League musim 2020/2021. The Reds menjamu rival sekotanya Everton di Anfield pada Sabtu (20/2/2021) malam WIB.

Laga ini harus menjadi momen kebangkitan bagi Liverpool. Tengah pekan lalu, mereka menang 2-0 atas RB Leipzig di ajang Liga Champions. Namun, Liverpool justru kembali limbung.

Liverpool kalah dengan skor 0-2 dari Everton lewat gol yang dicetak Richarlison dan Gifly Sigurdsson. The Reds pun mencatatkan sejumlah catatan yang membuat mereka nampak bapuk.

Anfield menjadi tempat yang angker pada musim 2021 ini. Namun, bukan untuk tim tamu tapi justru untuk Liverpool. Ironis. Sebab, Liverpool kesulitan menang di kandang.

Liverpool gagal menang pada enam laga kandang terakhir, empat laga beruntun selalu kalah. The Reds juga hanya mampu mencetak dua gol saja.

Jika dibedah lebih detail lagi, Liverpool hanya mencetak satu gol dari open play. Satu gol lain dicetak Mohamed Salah dari eksekusi penalti.

Video

2 dari 6 halaman

Setelah 98 Tahun!

Liverpool selalu kalah pada empat laga kandang terakhirnya di ajang Premier League. Ya, empat laga beruntun!

Liverpool masing-masing kalah dari Burnley dengan skor 1-0, Birghton dengan skor 1-0, Manchester City dengan skor 4-1, dan Everton dengan skor 2-0. Sebuah rekor buruk pun tercipta bagi Liverpool.

Ini adalah kali pertama Liverpool kalah empat laga kandang beruntun di kandang pada laga Premier League setelah 19 tahun. Dan, ini adalah kekalahan kandang pada empat laga beruntun pertama selama 98 tahun!

3 dari 6 halaman

Bapuk di Laga Derby

Liverpool jauh lebih dominan dari Everton pada dekade ini. Bahkan, jika bicara laga di Anfield, The Reds sangat dominan atas sang rival sekota.

Sebelum kalah pada laga Sabtu malam, Liverpool terakhir kali kalah dari Everton di Anfield terjadi pada 1999 silam. Saat itu, Liverpool kalah dengan skor 2-0.

Pada kekalahan di tahun 1999 itu, beberapa pemain Liverpool bahkan belum lahir. Ozan Kabak baru lahir pada 2000 dan Curtis Jones lahir setahun berselang. Mereka tak tahu 'dongeng' kekalahan Liverpool atas Everton di Anfield.

4 dari 6 halaman

528 Menit Tanpa Gol

Liverpool kembali gagal mencetak gol di laga Premier League ketika bermain di Anfield. The Reds pun menambah daftar panjang catatan buruknya menjadi 528 menit tanpa gol dari open play.

Liverpool hanya mencetak dua gol pada enam laga Premier League terakhir di Anfield. Satu gol dicetak Sadio Mane saat berjumpa West Brom (27/12/2021) dan satu gol di laga melawan Man City lewat aksi Mohamed Salah (7/2/2021).

Gol Salah tercipta lewat titik putih alias penalti. Jadi, gol terakhir Liverpool dari open play tercipta lewat aksi Mane, 528 menit lalu.

5 dari 6 halaman

Thiago Alcantara Juga Bapuk

Liverpool membeli Thiago dari Bayern Munchen dengan harga 30 juta euro awal musim lalu. Pada awalnya, Thiago diyakini bakal mengekalkan dominasi The Reds di Premier League.

Namun, Thiago yang punya catatan apik di Bayern justru kesulitan di Liverpool.

Sejauh ini, dari 12 laga yang sudah dimainkan Thiago di Premier League, dia baru mendapatkan tiga kemenangan. Thiago belum memberi dampak yang benar-benar signifikan.

6 dari 6 halaman

Firmansah Sudah Habis?

Tiga musim terakhir, Liverpool sangat ditakuti lawan karena punya trio Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah di lini depan. Namun, mereka kini sedang tumpul.

Mereka belum mencetak satu pun gol di Premier League sepanjang 2021. Gol yang dimaksud adalah gol dari open play, bukan dari penalti.

Ketiganya melepas 35 shots sepanjang 2021 dan hanya tujuh yang tepat sasaran. Bukan catatan yang bagus untuk pemain top level seperti mereka.

Sumber: Squawka

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 21/2/2021)

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Bola.net

  • Premier League

Video Populer

Foto Populer