Sukses


Kisah Petualangan 3 Pemain asal Swiss di Liverpool: Xherdan Shaqiri Paling Moncer?

Bola.com, Jakarta - Liverpool merupakan salah satu klub terbaik di Eropa. Klub berjulukan The Reds itu telah mengoleksi enam gelar Liga Champions. Di level domestik mereka juga luar biasa, total 19 kali menjadi jawara Liga Inggris.

Kesuksesan Liverpool erat kaitannya dengan pemain-pemain yang menghuni skuad mereka. The Reds dari masa ke masa diperkuat seabrek pemain berkualitas. Banyak di antaranya kaliber dunia.

Tidak hanya mengandalkan pemain lokal, Liverpool juga sering merekrut pemain asing. Di antara banyaknya pemain asing yang datang ke Anfield, terselip pemain dari Swiss.

Dan sejauh ini, terdapat 3 pemain berkebangsaan Swiss yang pernah membela Liverpool. Bagaimana kiprah mereka di The Reds?

2 dari 5 halaman

Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri bergabung dengan Liverpool pada tahun 2018. Ia datang ke Anfield menyusul degradasinya Stoke City ke Championship.

Di Liverpool, Shaqiri tak pernah menjadi pilihan utama. Ia sejauh ini hanya berperan menjadi pemain pelapis di skuad asuhan Jurgen Klopp.

Shaqiri sudah mencatatkan 59 penampilan dengan mencetak 8 gol dan 9 assist untuk Liverpool. Ia juga sudah memenangkan Liga Champions dan Premier League bersama The Reds.

3 dari 5 halaman

Philipp Degen

Philipp Degen menjadi pemain Liverpool pada tahun 2008. Bek asal Swiss itu digaet secara cuma-cuma dari klub asal Jerman Borussia Dortmund.

Namun, Degen gagal unjuk kebolehan bersama Liverpool. Karier mantan pemain Basel di Anfield dirusak oleh cedera.

Di Liverpool, Degen hanya mencatatkan 13 penampilan bersama The Reds. Ia sempat dipinjamkan ke Stuttgart sebelum dilepas ke Basel pada 2011.

4 dari 5 halaman

Stephane Henchoz

Tampil apik bersama Blackburn Rovers, Stephane Henchoz direkrut Liverpool pada tahun 1999. Bek asal Swiss itu mempunyai karier yang sukses bersama The Reds.

Henchoz membentuk duet yang tangguh bersama Sami Hyypia di jantung pertahanan Liverpool. Keduanya berjasa saat The Reds meraih treble dengan memenangkan Piala UEFA, Piala FA dan Piala Liga di bawah Gerard Houllier.

Henchoz berkostum Liverpool selama lima setengah musim dengan mencatatkan 205 penampilan. Pada Januari 2005, dia meninggalkan The Reds dengan bergabung Celtic.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 6/4/2021)

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer