Sukses


Liga Super Eropa Layu Sebelum Berkembang, Ini 5 Protes Sensasional Suporter di Liga Inggris

Bola.com, London - Enam klub raksasa Liga Inggris akhirnya resmi menarik diri dari proyek Liga Super Eropa. Mundurnya keenam klub tersebut salah satunya efek dari protes masif para suporter. 

Enam klub Liga Inggris yang semula terlibat Liga Super Eropa yang memancing kontroversi adalah Chelsea, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur. 

Chelsea dan Manchester City yang lebih dulu memutuskan mundur, kemudian disusul empat klub lainnya. Manuver enam klub Liga Inggris itu jelas jadi pukulan besar bagi rencana Liga Super Eropa, karena hanya tersisa enam klub. 

Setelah berita rencana Liga Super Eropa mencuat, tekanan terhadap ke-12 klub itu sangat besar, terutama di Inggris. Perdana Menteri Inggris, Pangerang William, hingga wali kota Manchester bahkan ikut bersuara. 

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengancam akan melakukan segalanya untuk membuat enam klub Liga Inggris itu batal berpartisipasi di Liga Super Eropa. 

Namun, peran besar superter tak bisa diabaikan. Protes besar-besaran fans di media sosial maupun secara langsung di Inggris membuat klub benar-benar tersudut dan akhirnya mengambil keputusan untuk mundur dari Liga Super Eropa. 

Berikut ini lima di antara aksi sensasional fans di Liga Inggris saat memprotes Liga Super Eropa.  

2 dari 7 halaman

1. Fans Chelsea Blokir Jalan

Gelombang protes terhadap rencana bergulirnya Liga Super Eropa salah satunya terjadi jelang laga Liga Inggris antara Chelsea dengan Brighton, Rabu (21/4/2021) dini hari WIB.

Seperti dilansir The Sun, ratusan fans Chelsea berkumpul di luar Stamford Bridge untuk memblokir jalan. Akibatnya, laga The Blues kontra Brighton dimundurkan selama 15 menit.

Fans yang melakukan protes juga terlibat adu mulut dengan legenda Chelsea yang kini duduk di manajemen klub, Petr Cech. Fans menganggap Cech sebagai pengkhianat.

Cech kemudian berbicara lantang untuk mendesak fans menghentikan aksi blokir jalan yang mereka lakukan guna membuat bus tim Chelsea bisa masuk ke stadion.

Chelsea dan lima klub Liga Inggris lainnya sudah resmi mundur dari Liga Super Eropa.  

3 dari 7 halaman

2. Protes Fans Liverpool

Laga antara Leeds United kontra Liverpool, Selasa (20/4/2021) dini hari WIB, sempat diwarnai protes fans di luar Stadion Elland Road. Protes mereka mengkritik kebijakan Liverpool yang bersedia mentas di Liga Super Eropa atau European Super League.

The Reds memang jadi salah satu tim dari total 12 klub Eropa penggagas European Super League. Di luar stadion, tampak fans Leeds United membakar kostum Liverpool dan menunjukkan pesan anti-Super League.

Fans Liveroool juga melakukan protes yang tak kalah epik. Spion Kop 1906, fans garis keras The Reds, telah mengumumkan mencopot semua spanduk dan bendera dari tribune The Kop sebagai protes atas keputusan 'memalukan' klub untuk gabung ke Liga Super Eropa.

Para fans lainnya memasang spanduk-spanduk berisi protes pedas atas pembentukann Liga Super Eropa.  

Liverpool juga sudah resmi mundur dari Liga Super Eropa. 

4 dari 7 halaman

3. Protes Lewat Banner di Pesawat Terbang

Parade protes terkait Liga Super Eropa di Elland Road, pada laga Leeds United kontra Liverpool, Selasa (20/4/2021) dini hari, juga diwaranai dengan melintasnya pesawat terbang ketika pertandingan baru dimulai.

Pesawat tersebut membawa spanduk yang terbentang bertuliskan #SayNoToSuperLeague.

5 dari 7 halaman

4. Fans Manchester United Gunting Tiket Musiman

Seorang fan Manchester United secara sensasional memotong tiket musimannya setelah klub mengumumkan bergabung dengan Liga Super Eropa.

Pengguna Twitter @UnitedAmyDoc membagikan video dirinya menghancurkan tiket musimannya di tengah kontroversi tentang Liga Super Eropa, yang juga melibatkan MU. 

"Memegang kartu ini sejak 1995. @ManUtd tidak akan mendapatkan sepeser pun dari saya sementara Anda menjadi bagian dari omong kosong ini atau dimiliki oleh orang-orang bodoh itu. #GlazersOut #SuperLeague #heartbroken."

6 dari 7 halaman

5. Cucu Bill Shankly

Cucu manajer legendaris Liverpool Bill Shankly mendesak patung kakeknya dipindahkan dari luar Anfield sebagai protes ketika The Reds mengajukan proposal Liga Super Eropa (ESL).

Shankly memenangkan tiga gelar Liga Ingris dan dua Piala FA selama 15 tahun bertugas di Liverpool antara 1959 dan 1974.

Dia dianggap sebagai salah satu manajer terhebat dalam sejarah klub. Klub kemudian mendirikan patung perunggu Shankly pada 1997. Tetapi cucunya yang juga penggemar Liverpool, Chris Carline, menyarankan agar patung itu diturunkan setelah pengumuman ESL.

"Saya terkejut dan malu. Ketika Anda berbicara tentang Liverpool Football Club dan sejarah serta akarnya, Anda dapat merujuk pada tujuh, delapan atau sembilan kutipan kakek yang semuanya sesuai dengan situasi saat ini - sosialisme dan keserakahan. Tapi saya juga memikirkan salah satu komentar yang kurang terkenal," ujar Carline. 

"Kutipan itu dari bukunya, ketika dia berbicara tentang keinginan untuk membawa klub sepak bola ini lebih dekat dengan fans dan fans lebih dekat dengan klub sepak bola. Dan dia mencapai itu." 

"Jika diberi kesempatan, saya akan dengan senang hati melihat patung itu disingkirkan. Yang paling menyakitkan adalah Liverpool memiliki sejarah dan tradisi, yang diciptakan olehnya, kemudian malah menjadi salah satu dari enam klub (Liga Inggris) yang mendorong gerakan ini (Liga Super Eropa) sungguh tidak dapat diterima," tegasnya. 

Sumber: Manchester Evening News, Sky Sports, Football London, Sky Sports 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional
    Liga Super Eropa
  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar
    Liga Inggris
  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club merupakan klub sepak bola asal Kota London yang kini bermain di kasta tertinggi Liga Inggris
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea
  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Arsenal
  • SportBites

Video Populer

Foto Populer