Sukses


5 Calon Pengganti Ed Woodward di Manchester United, Nama Edwin van der Sar Mencuat

Bola.com, Jakarta - Perubahan besar terjadi di Manchester United. Ed Woodward resmi mundur dari jabatan sebagai Wakil Eksekutif Manchester United pada akhir 2021. 

Pengunduran diri Woodward tak lepas dari situasi yang terjadi dalam 48 jam terakhir. Situasi internal Manchester United tidak kondusif setelah klub memutuskan ambil bagian pada kompetisi tandingan European Super League atau Liga Super Eropa.

Woodward sempat membuat pertemuan dengan pemain United untuk memberi penjelasan tentang posisinya. Akan tetapi, respons negatif diberikan pemain. Bruno Fernandes dan Marcus Rashford secara tegas menentang sikap klub.

"Saya sangat bangga telah melayani United dan merupakan suatu kehormatan bekerja untuk klub sepak bola terbesar dunia selama 16 tahun terakhir," kata Woodward seperti dikutip dari BBC Sports.

"Klub ini berada di posisi bagus untuk masa depan dan bakal sulit bagi saya meninggalkan klub di akhir tahun nanti," tegasnya lagi.

Publik dan fans mulai menebak-nebak siapa sosok yang akan ditunjuk menggantikan Ed Woodward di Manchester United. Berikut ini lima kandidat di antaranya, seperti dilansir The Sun, Rabu (21/4/2021). 

 

2 dari 7 halaman

1. Darren Fletcher

Darren Fletcher menghabiskan 20 tahun di Manchester United sebagai pemain. Dia tampil 343 kali, sebelum kembali bekerja sebagai asisten pelatih di bawah Ole Gunnar Solskjaer.

Fletcher mendapatkan promosi pada Maret, dengan diangkat menjadi direktur teknis MU. Ada kemungkinan ia bisa mendapatkan peran baru lagi hanya sembilan bulan kemudian.

Dia tidak berpengalaman di sisi perusahaan, tetapi bisa menjadi otak sepak bola di jajaran petinggi klub, bertekad untuk melihat United sukses lagi di lapangan.

Namun, John Murtough - pria yang ditunjuk sebagai direktur sepak bola pertama United bulan lalu - akan menjadi kandidat yang lebih cocok untuk mengisi posisi Woodward dengan pengalaman yang lebih banyak.

 

3 dari 7 halaman

2. Edwin van der Sar

Mantan penjaga gawang Manchester United itu pernah dikaitkan untuk menjadi direktur sepak bola pertama Setan Merah.

Saat ini, dia memegang posisi kepala eksekutif di Ajax. Alhasil, dia memiliki lebih banyak pengalaman daripada kandidat lain untuk mengisi peran yang ditinggalkan Woodward.

Van der Sar sebelumnya menolak kesempatan untuk kembali ke Old Trafford, tetapi tetap menjadi tokoh populer di mata fans. Dia diyakini dapat membantu membangun kembali kepercayaan dari klub lain juga.

 

4 dari 7 halaman

3. Richard Arnold

Richard Arnold yang paling difavoritkan untuk menggantikan ED Woodward, saat ini menjabat sebagai direktur pelaksana grup di Old Trafford.

Peter Kenyon, David Gill, dan Woodward semuanya diberi promosi internal untuk menjadi kepala eksekutif dan Arnold mungkin akan mengikutinya.

Arnold bergabung dengan United pada 2007. Tugasnya menangani manajemen dan pertumbuhan sponsorship, ritel, dan perizinan.

Dia memegang kekuasaan yang signifikan di klub dan merupakan aset berharga di sisi komersial dan operasional bisnis.

 

5 dari 7 halaman

4. Michael Emenalo

Pria Nigeria itu sebelumnya memegang posisi direktur teknis di Chelsea dan Monaco. Dia dipuji karena caranya menjaga stabilitas di Stamford Bridge saat Roman Abramovich mengambil alih dan kemudian memegang peran kunci selama kesuksesan yang berkelanjutan.

Ian Wright bahkan mendesak United menunjuk Emenalo sebagai pengganti Woodward pada September 2020.

"Kami berbicara tentang seorang direktur sepak bola yang tahu persis apa yang dia lakukan. Itulah yang dibutuhkan Manchester United dan itu yang tidak mereka punyai. Dia seorang gajah yang ada di pelupuk mata," kata Ian Wright. 

 

 

6 dari 7 halaman

5. Antero Henrique

Yang terakhir, Henrique adalah nama lain yang sebelumnya dikaitkan dengan peran ruang direksi di Old Trafford. Direktur asal Portugal itu menghabiskan lebih dari 25 tahun di Porto, akhirnya bekerja sebagai CEO dan wakil presiden.

Dia meninggalkan klub untuk pindah ke Paris Saint-Germain pada 2017 dan dalam beberapa bulan mengawasi perekrutan Neymar dan Kylian Mbappe. Kekuatannya dalam urusan transfer bisa membuatnya mengisi posisi  Woodward.

Sumber: The Sun 

 

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer