Sukses


FA dan Liga Inggris Beda Pendapat soal Kericuhan di Old Trafford: Manchester United Kalah WO, Pengurangan Poin, atau tanpa Sanksi?

Bola.com, Liverpool - Duel antara Manchester United melawan Liverpool yang sedianya digelar pada Minggu (2/5/2021) malam WIB dipastikan ditunda. Panitia Liga Inggris menilai situasi yang tidak terkontrol membuat laga tak mungkin digelar.

Minggu sore waktu setempat, beberapa jam sebelum kick-off Manchester United vs Liverpool, ratusan pendukung Setan Merah menggeruduk Old Trafford. Demonstrasi yang tadinya hanya terjadi di luar stadion, menjalar hingga ke dalam.

Mereka melakukan protes kepada pemiliki Manchester United, yakni keluarga Glazer, untuk segera meninggalkan klub paling sukses di Inggris tersebut karena telah berulang kali membuat mereka kecewa.

Tuntutan ini sebetulnya sudah lama dilayangkan sejak pertama kali mengambil alih kemudi Manchester United pada 2005. Puncak kekecewaan adalah terkait keputusan Glazer untuk ikut serta pada Liga Super Eropa.

Demonstrasi besar menuntut Glazer untuk segera angkat kaki pun pecah di Old Trafford jelang duel Manchester United vs Liverpool. Situasi tak terkendali sehingga otoritas Liga Inggris terpaksa menunda laga tersebut.

Wacana sanksi pun menyeruak seketika. Akan tetapi, ada perbedaan pendapat antara FA selaku induk sepak bola Inggris dengan Premier League.

Berdasarkan peraturan FA yang terdapat pada pasal 8.3.4, Manchester United bisa dianggap pihak yang salah karena laga gagal diselenggarakan lantaran ketidaksiapan keamanan. Dengan begitu, Liverpool bisa dianggap menang.

"Jika pertandingan gagal terselenggara karena kesalahan klub dan atau suporternya, Dewan memiliki wewenang untuk memerintahkan agar pertandingan tidak diselenggarakan, dan kemudian memberikan satu atau tiga poin kepada klub atau lawannya selama tidak terlibat atau dianggap melakukan kesalahan sehingga laga tidak bisa digelar."

"Tidak ada sanksi finansial terhadap klub tersebut."

Sementara itu, karena ada pengaruh polisi atas keputusan untuk menunda pertandingan, Premier League menyatakan bahwa, dalam kasus ini Manchester United, mereka tidak dapat disalahkan.

"Pertandingan tidak bisa dianggap ditunda atau dibatalkan kecuali: (L.12.1.) Ketika pada tanggal yang ditetapkan untuk dimainkan, baik tuan rumah atau tim tamu berkompetisi dalam kompetisi yang diizinkan oleh Peraturan L.9.1, L. 9.2, dan L.9.3; (L.12.2.) Dengan persetujuan atau atas instruksi dari wasit yang memimpin; (L.12.3.) Atas perintah polisi; (L.12.4.) Atas perintah otoritas lain melaksanakan kewenangan hukumnya untuk itu; atau (L.12.5.) atas instruksi dari atau dengan persetujuan tertulis sebelumnya dari operator liga," bunyi pasal L.12.

Mengingat kedua klub, yakni Liverpool dan Manchester United sepakat dengan pihak berwenang untuk menunda pertandingan, sanksi apa pun, terkait poin, tampaknya tidak mungkin.

Video

2 dari 4 halaman

Keputusan Terbaik

Liverpool, melalui pernyataan resminya, mendukung keputusan ditundanya laga krusial itu. Pihak klub merasa keselamatan dan kesehatan mesti diutamakan.

"Liverpool sepenuhnya setuju dengan keputusan untuk menunda pertandingan hari ini karena protes yang berlangsung di Old Trafford dan daerah sekitarnya."

"Ini adalah posisi kami bahwa keselamatan publik harus menjadi faktor nomor satu dalam keputusan tersebut, dengan kemampuan untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi peserta, staf, dan pejabat menjadi prioritas khusus."

 

3 dari 4 halaman

Akan Terus Berdialog

Lebih jauh, Liverpool akan terus melakukan dialog secara intensif dengan Manchester United dan Liga Inggris guna menentukan kapan waktu terbaik untuk menggelar laga yang seharusnya menjadi penentu gelar juara musim ini.

"Kami akan terus berdialog dengan Manchester United, Liga Inggris, dan otoritas lokal untuk menemukan tanggal yang cocok untuk penjadwalan ulang."

"Segera setelah kami memiliki informasi ini, kami akan menginformasikan hal ini kepada suporter sebagaimana mestinya."

Sumber: Liverpool

4 dari 4 halaman

Liverpool Masih Mengejar 4 Besar

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Premier League

  • Bola.com

Video Populer

Foto Populer