Sukses


13 Catatan Unik Liga Inggris Musim Ini: Rekor Indah Harry Kane dan Sergio Aguero, Derita Arsenal yang Merana

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Liga Inggris 2020/2021 berlangsung dramatis hingga laga terakhir. Pertarungan memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan berlangsung sengit dan mendebarkan. 

Gelar juara Liga Inggris sudah dalam genggaman Manchester City jauh sebelum laga terakhir. Namun, persaingan tetap menarik terutama di zona empat besar. 

Chelsea yang awalnya tampak tangguh dan nyaman di era Thomas Tuchel, malah beberapa kali terpeleset. Liverpool belakangan berhasil bangkit dan tampil konsisten. 

Dua tiket terakhir ke Liga Champions musim depan akhirnya menjadi milik Liverpool dan Chelsea. Padahal di laga terakhir, Chelsea keok dari Aston Villa. The Blues harus berterima kasih kepada Tottenham Hotspur yang sukses membungkam Leicester City, sehingga tim Thomas Tuchel tetap finis empat besar. 

Harry Kane juga mencuri perhatian sepanjang musim ini. Selain performa gemilangnya di lapangan, masa depannya juga memicu banyak spekulasi. Pemain lain yang juga layak dapat sorotan adalah Sergio Aguero, yang kemarin memainkan laga perpisahan dengan City.  

Selain komposisi tim-tim yang lolos ke Eropa, berikut ini fakta-fakta menarik di Liga Inggris musim ini. 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

  • Harry Kane menyudahi musim sebagai top scorer dan pengoleksi assist terbanyak di Premier League (23 gol, 14 assist). Hanya dua kali pemain bisa menjadi top scorer dan top assist sekaligus dalam sejarah Premier League. Sebelumnya, rekor itu dicatatkan Andy Cole pada musim 1993/1994. 
  • Harry Kane memenangkan Sepatu Emas Premier League untuk ketiga kali (juga pada 2015/2016 & 2016/2017), menjadi pemain ketiga yang memenangkan penghargaan sebanyak tiga kali, setelah Thierry Henry (4) dan Alan Shearer (3). 
  • Gareth Bale rata-rata mencetak gol setiap 84 menit di Liga Inggris musim ini. Untuk pemain dengan 10+ gol, hanya Ole Gunnar Solskjaer pada 1998-99 yang memiliki rasio menit / gol yang lebih baik dalam satu musim kompetisi (satu setiap 71 menit). 
  • Chelsea adalah tim pertama sejak Everton pada 1910/1911 yang finis di empat besar liga utama Inggris, meski tidak ada pemain yang mencapai dua digit gol di liga musim itu.
  • Leicester City bercokol di zona empat besar Liga Inggris paling lama dibanding tim mana pun musim ini, namun gagal finis di posisi empat tempat teratas (242 hari). 
  • Manchester United menjadi tim keempat yang tetap tak terkalahkan di laga tandang sepanjang musim kompetisi papan atas Inggris (main 19, menang 12, imbang 7, kalah 0), setelah Preston (1888/1889), Arsenal (2001/2002), dan Arsenal lagi (2003/2004).

 

 

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Lainnya

  • Sergio Agüero telah mencetak 184 gol Liga Inggris untuk Manchester City, memecahkan rekor kompetisi untuk gol terbanyak yang dicetak untuk satu klub. Perpisahan yang indah.
  • Mason Mount menciptakan lebih banyak peluang daripada pemain Inggris lainnya di Premier League musim ini (87). 
  • Trent Alexander-Arnold menciptakan lebih banyak peluang (77) dan lebih banyak peluang besar (14) daripada bek lainnya di Liga Inggris musim ini. Dia juga memberikan tujuh assist. 
  • Tidak ada pemain Brasil yang memenangkan lebih banyak trofi Premier League (4) daripada Fernandinho.Dia sekarang sejajar dengan Anderson. 
  • Phil Foden telah memenangkan gelar Liga Inggris (3) sebanyak Frank Lampard, Cristiano Ronaldo, Dennis Bergkamp, dan Patrick Vieira. Dia bahkan belum berusia 21 tahun.
  • Liverpool selalu lolos ke Liga Champions di setiap musim sejak Jürgen melatih klub pada musim penuh pertamanya. 
  • Arsenal untuk kali pertama gagal lolos ke kompetisi Eropa dalam 25 tahun terakhir. Selama era Arsene Wenger, The Gunners selalu bisa lolos ke Eropa di setiap musim. 

Sumber: Opta Joe, Squawka 

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur
    Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur
    Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur

    Harry Kane

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Premier League

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer