Sukses


4 Pemain Bernilai Pasar Tinggi Tapi Harga Terjun Bebas di Liga Inggris dan Liga Spanyol

Bola.com, Jakarta - Suasana di sekitar area bursa transfer pemain selalu menciptakan ciri berbeda pada setiap periode. Hal ini terkait nasib pemain, terutama pada segmen harga ; bisa naik drastis atau jeblok.

Situasi tersebut terjadi pada periode musim panas 2021. Ada beberapa pemain yang sebenarnya bernilai pasar tinggi versi lembaga pemeringkatan, namun terjun bebas ketika dijual. Hal sebaliknya juga sering terjadi, terutama bagi klub-klub yang terjepit alias 'panic buying'.

Pada area transfer panik, biasanya akan muncul harga-harga tak wajar terhadap si pemain. Imbasnya, beban berat bakal menyapa pundak sang pendatang anyar, karena publik punya ekspektasi tinggi.

Namun, pada sisi lain, tak jarang ada pemain yang punya nilai pasar tinggi, namun bernasib kurang baik. Pada periode musim panas 2021, ada beberapa bintang dengan 'market value' besar, sayangnya harus pindah berbiaya rendah alias murah meriah.

 

2 dari 2 halaman

Beberapa Nama

Seperti dirilis Transfermarkt, Rabu (1/9/2021), beberapa nama yang berharga tak sesuai market value, saat dilepas antara lain Raphael Varane, Martin Odegaard, Eduardo Camavinga dan Cristiano Ronaldo. Empat pemain tersebut memiliki harga pasar virtual lebih dari 40 juta euro.

Data Transfermarkt memerlihatkan, bek anyar Manchester United yang dibeli dari Real Madrid, Raphael Varane punya harga pasar menembus 70 juta euro. Namun, Setan Merah berhasil mendatangkan pemain asal Prancis tersebut dengan takaran 40 juta euro.

Arsenal juga beruntung karena sanggup memermanenkan Martin Ødegaard dengan mahar 35 juta. Padahal, nilai pasar sang pemain berada di titik 40 juta euro. Real Madrid mendapat ganti signifikan dari sisi harga setelah kehilangan Raphael Varane dan Martin Odegaard.

El Real mendatangkan Eduardo Camavinga untuk memerkuat area tengah. Sang pemain dibajak dengan transfer 31 juta euro, atau lebih rendah 24 juta euro dari nilai pasar virtual di Transfermarkt.

Terakhir, Manchester United juga beruntung bisa memulangkan Cristiano Ronaldo. Si Anak Hilang mendarat di Old Trafford dengan tebusan 15 juta euro, meski harus dicicil. Angka itu lebih rendah dari harga 'market value' sang megabintang, di angka 45 juta euro.

Video Populer

Foto Populer