Sukses


5 Pemain Ini Dijual Raksasa Liga Inggris, Manchester United dan Menghasilkan Keuntungan Terbesar

Bola.com, Jakarta - Manchester United merupakan klub yang sangat aktif berbelanja pemain di bursa transfer. Mereka bahkan tidak ragu untuk menggelontorkan dana besar untuk membeli pemain.

Paul Pogba tercatat sebagai pembelian termahal Setan Merah. Gelandang asal Prancis tersebut ditebus dengan biaya 94,5 juta pounds dari Juventus pada 2016.

Pada musim panas ini, Manchester United juga kembali membeli pemain dengan harga yang cukup mahal. Mereka memboyong Jadon Sancho dari Borrussia Dortmund seharga 76,5 juta euro.

Selain membeli pemain, Manchester United juga sering menjual pemainnya di bursa transfer. Namun, tidak semua penjualan Manchester United ternyata menghasilkan keuntungan.

Berikut ini 5 pemain Manchester United yang menghasilkan keuntungan saat dijual selama satu dekade terakhir.

2 dari 7 halaman

Javier Hernandez

Setelah membela Meksiko di Piala Dunia 2010, Javier Hernandez pindah ke Manchester United. Dia ditebus dari Guadalajara dengan harga 6,5 juta pounds.

Meski sering main dari bangku cadangan, Hernandez membantu United meraih dua gelar Premier League. Dia juga mencetak 59 gol dan 20 assist dari 157 penampilan bersama Setan Merah.

Tak hanya efektif di lapangan, United juga mendapat keuntungan dari penjualan Hernandez. Mereka mendapat 500 ribu pounds saat melepasnya ke Bayer Leverkusen pada 2015.

3 dari 7 halaman

Alexander Buttner

Manchester United merekrut Alexander Buttner dari Vitesse pada 2012. Dia tiba di Inggris sebagai salah satu bek muda paling menjanjikan di Eropa.

Namun, Buttner tidak banyak bermain setelah datang ke Old Trafford. Pemain asal Belanda tersebut hanya membuat 28 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester United.

Pihak klub kemudian menjual sang pemain pada tahun 2016. United mencatatkan keuntungan 1,8 juta pounds saat menjual sang bek ke Dinamo Moscow.

4 dari 7 halaman

Daley Blind

Daley Blind tampil mengesankan bersama timnas Belanda di Piala Dunia 2014. Louis van Gaal kemudian memboyong Blind ke Manchester United.

Blind menghabiskan empat musim di Old Trafford. Pemain belakang yang saat ini berusia 31 tahun tersebut ikut memenangkan Liga Europa dan Piala Liga.

Manchester United melepas Blind ke Ajax dengan biaya 18 juta pounds. Setan Merah ternyata mampu mendapat keuntungan sebesar dua juta pounds dari hasil penjualannya.

5 dari 7 halaman

Chris Smalling

Manchester United mendatangkan Chris Smalling dari Fulham seharga 7 juta pounds. Bek asal Inggris itu bergabung dengan Setan Merah pada Januari 2010.

Smalling tercatat membuat 323 penampilan selama mengenakan seragam MU. Dia juga memenangkan dua gelar Premier League, Piala FA, Piala Liga, dan Liga Europa.

Namun, Smalling tidak masuk dalam rencana Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Klub asal Inggris tersebut mendapat keuntungan 6,5 juta pounds dari penjualan Smalling ke AS Roma pada 2020 lalu.

6 dari 7 halaman

Daniel James

Daniel James memutuskan untuk meninggalkan Manchester United pada bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Wales tersebut melanjutkan kariernya bersama Leeds United.

James memperkuat Setan Merah sejak tahun 2019 setelah ditebus dari Cardiff City. Winger berusia 23 tahun tersebut mencetak sembilan gol dan sembilan assist dari 74 penampilan bersama Setan Merah.

Namun, kedatangan Cristiano Ronaldo membuat James harus angkat kaki dari Old Trafford. MU mendapat keuntungan sebesar 10 juta pounds dari penjualan sang pemain ke Leeds.

Sumber: Mirror

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 07/09/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Tabel Klasemen

Video Populer

Foto Populer