Sukses


    Piala AFF 2020: Fix, Timnas Indonesia Tanpa Pemain Naturalisasi yang Diajukan Shin Tae-yong

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia resmi merilis daftar pemain yang akan bertanding di ajang Piala AFF 2020. Sebanyak 30 pemain diumumkan PSSI untuk memperkuat tim Merah-putih.

    Piala AFF 2020 akan digelar di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

    Dalam daftar kekuatan tim, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mempertahankan komposisi 25 pemain plus Syahrian Abimanyu ketika menggelar pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Turki pada November 2021 untuk Piala AFF di Singapura.Shin Tae-yong juga memasukkan dua pemain yang berkarier di Eropa, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF.

    Sebelumnya, Egy sempat diragukan dapat bergabung dengan Timnas Indonesia untuk Piala AFF karena bentrok jadwal dengan klubnya, FK Senica di Liga Slovakia.

    Hal yang menarik adalah dipastikan tidak ada pemain-pemain naturalisasi yang sebelumnya sempat diajukan oleh Shin Tae-yong. Beberapa nama pemain naturalisasi sempat menghiasi kabar bakal dipanggil ke Timnas Indonesia dan tampil di Piala AFF nanti.

    Seperti Sandy Walsh, Mees Hilgers, Kevin Diks, dan Jordi Amat. Keempatnya sudah dipastikan tidak akan tampil bersama skuad Garuda di ajang Piala AFF.

     

    2 dari 4 halaman

    Kebutuhan Tim

    Shin Tae-yong menganggap keberadaan Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks, dan Mees Hilgers nantinya dapat mendongkrak kualitas Timnas Indonesia, terutama dalam sisi postur.

    Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks, dan Mees Hilgers adalah pemain utama di timnya masing-masing pada musim ini. Kecuali Kevin Diks, tiga pemain lain, yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Mees hilgers bermain di klubnya masing-masing.

    Namun hingga Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan di Turki, termasuk menggelar uji coba, keempat pemain itu tak kunjung dinaturalisasi atau bergabung.

    Padahal, mereka sudah memberikan lampu hijau untuk mau membela Timnas Indonesia. Sandy Walsh misalnya, yang buka suara mengenai ketertarikannya membela Timnas Indonesia karena punya darah Indonesia. Sandy Walsh memiliki kakek yang berasal dari Purworejo, sedangkan neneknya berasal dari Surabaya.

    "Saya selalu ambisius karena selalu suka bemain sepak bola. Saya punya paspor Belanda buat saat ini sehingga bisa juga bermain untuk Timnas Belanda sampai usia 23 tahun. Akan tetapi, saat ini saya berada dalam fase milih untuk timnas mana yang ingin saya bela," kata Sandy Walsh dalam YouTube Roy Ricardo belum lama ini.

    3 dari 4 halaman

    Pesimis

    Kemudian Sandy Walsh ragu bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, karena waktu yang sudah mepet. Sandy masih harus mengurus proses naturalisasi yang butuh waktu, sedangkan turnamen tersebut akan bergulir pada awal Desember 2021.

    Benar saja, PSSI telah mengumumkan 30 nama pemain unyuk Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala AFF. Namanya tidak ada dalam daftar, begitu juga Mees Hilgers, Kevin Diks, dan Jordi Amat.

    "Meskipun tujuan utamanya adalah untuk berada di kejuaraan itu. Kalau kompetisi saya masih berlangsung sampai 27 Desember, saya juga merupakan pemain penting dalam tim sekarang, saya rasa mereka tidak akan melepas saya karena ini juga bukan turnamen resmi," tegas Sandy Walsh.

    4 dari 4 halaman

    Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kiper

    1. M. Riyandi, Barito Putera

    2. Nadeo Argawinata, Bali United

    3. Ernando Ari, Persebaya Surabaya

    4. Syahrul Fadillah, Persikabo 1973

    Bek

    5. Fachrudin Aryanto, Madura United

    6. Victor Igbonefo, Persib bandung

    7. Ryuji Utomo, Penang FC

    8. Alfeandra Dewangga, PSIS Semarang

    9. Elkan Baggott, Ipswich Town

    10. Pratama Arhan, PSIS Semarang

    11. Edo Febriansyah, Persita Tangerang

    12. Rizky Ridho, Persebaya Surabaya

    13. Rizky Dwi, Arema FC

    14. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

    15. Marckho Sandi, Borneo FC

    Gelandang

    16. Evan Dimas, Bhayangkara FC

    17. Kadek Agung, Bali United

    18. Rachmat Irianto, Persebaya Surabaya

    19. Ahmad Agung, Persik Kediri

    20. Ricky Kambuaya, Persebaya Surabaya

    21. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Ta'zim

    22. Irfan Samaling, PSS Sleman

    23. Ramai Rumakiek, Persipura Jayapura

    24. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

    25. Egy Maulana Vikri, FK Senica

    26. Yabes Roni, Bali United

    Penyerang

    27. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

    28. Dedik Setiawan, Arema FC

    29. Hanis Saghara, Persikabo 1973

    30. Ezra Walian, Persib Bandung

    Video Populer

    Foto Populer