Sukses


5 Wonderkid Arsenal yang Siap Promosi ke Tim Utama di Liga Inggris: Bakal Jadi Andalan di Masa Depan

Bola.com, London - Arsenal hingga saat ini masih menjadi klub yang gemar mengorbitkan talenta muda mereka sendiri. Dari era Arsene Wenger hingga kini Mikel Arteta yang menjadi manajer tim, Arsenal tidak pernah takut memberikan kesempatan kepada para pemain muda untuk bersaing di tim utama.

Melihat skuad Arsenal saat ini, rata-rata usianya adalah 25,4 tahun. Beberapa sosok yang menjadi andalan bahkan baru menginjak usia dengan kepala dua pada 2021. Contohnya adalah Gabriel Martinelli dan Bukayo Saka.

Wonderkid yang bersinar tersebut makin meyakinkan kalau The Gunners bakal kembali mengorbitkan talenta dunia ke level tertinggi sepak bola internasional.

Pada 2022 ini, ada sedikitnya lima pemain muda yang bisa coba diandalkan oleh Mikel Arteta ketika Arsenal menjalani kiprah di berbagai kompetisi.

2 dari 7 halaman

Mika Biereth

Arsenal mendatangkan Mika Biereth pada 2021. Bersama klub sebelumnya, Fulham, ia memproduksi total 21 gol dan 13 assist dari 21 penampilan di pentas Premier League 2. Catatan ini yang membuat The Gunners tertarik kepadanya.

Biereth bermain untuk tim U-23 dan kerap dipasangkan dengan Balogun di lini depan. Sejauh ini, ia sudah menghasilkan enam gol dan tiga assist dari 14 penampilan di Premier League 2.

Kemampuan penyelesaian akhirnya luar biasa. Kesempatan bermain di level profesional bisa menghampirinya pada musim depan. Jika tidak, Arsenal mungkin akan meminjamkannya ke klub lain agar bisa bermain lebih reguler.

 

3 dari 7 halaman

Miguel Azeez

Pemain kelahiran Inggris ini sedang menjalani masa peminjaman bersama klub League One, Portsmouth. Ia dipercaya bermain dalam 9 pertandingan dan sudah mengoleksi satu gol.

Sebelum menjalani masa pinjaman, Azeez sudah melakoni laga debutnya bersama skuad inti Arsenal. Kesempatan itu datang pada musim lalu, di mana ia masuk di babak kedua menggantikan Joe Willock dalam pertandingan Liga Europa melawan Dundalk.

Belum diketahui apakah Arsenal akan kembali mengirim Azeez ke klub lain sebagai pinjaman atau tidak dalam bursa transfer musim panas 2022. Seandainya tidak, maka ia sangat berpeluang untuk masuk dalam skuad inti The Gunners.

4 dari 7 halaman

Omari Hutchinson

Gelandang berusia 18 tahun ini hanya tinggal menunggu waktu berlalu sampai kesempatan bermain di level profesional tiba. Hutchinson berulang kali membuat staf pelatih Arsenal kagum dengan aksinya di sesi latihan.

Hutchinson menarik perhatian publik bahkan ketika usianya masih 12 tahun. Bakatnya terdeteksi oleh publik lewat video yang tersebar di media sosial. Dalam video itu, Hutchinson memeragakan kemampuan olah bola yang luar biasa.

Saat ini, ia sedang memperkuat level U-23 dengan torehan lima gol dan enam assist dari 14 penampilan di semua kompetisi muda. Hutchinson berpeluang dipromosikan ke skuat inti pada 2022 ini.

 

5 dari 7 halaman

Charlie Patino

Charlie Patino menjadi cameo ketika Arsenal menghadapi Sunderland di Carabao Cup pada Desember 2021. Meski masuk pada babak kedua, Patino berhasil mencuri perhatian dengan mencetak gol pada masa injury time.

Itu adalah penampilan debut Patino bersama tim senior Arsenal. Mencetak gol pada laga debut memperlihatkan betapa besar potensi yang dimilikinya saat ini. Sekarang Arteta hanya perlu memberinya kesempatan tampil lebih sering.

Beberapa orang yang pernah menyaksikan penampilannya di akademi pun tidak pernah berkata buruk soal Patino. Mereka meyakini, Patino adalah pemain akademi terbaik yang pernah menembus skuad inti.

 

6 dari 7 halaman

Folarin Balogun

Berbeda dengan keempat nama di atas, Balogun sudah berhasil menembus skuat inti. Hanya saja, Arteta belum memberinya kesempatan tampil yang layak. Ia masih berstatus striker ketiga di bawah Eddie Nketiah dan Alexandre Lacazette.

Balogun sudah mengoleksi 10 caps sejak musim kemarin dan telah mengantongi dua gol. Ia hanya perlu menunggu saat-saat Arteta memberinya kesempatan lebih sering untuk tampil, dan itu bisa datang pada musim 2022/2023 mendatang.

Jika tidak, pemain berumur 20 tahun itu bisa 'sekolah' ke klub lain dulu dengan status pinjaman. Arsenal punya ambisi besar dan butuh pemain yang benar-benar sudah matang. Balogun bisa mematangkan dirinya di klub lain terlebih dulu.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 4/1/2022)

7 dari 7 halaman

Posisi Arsenal di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer