Sukses


5 Pemain Manchester United yang Banderolnya Kemahalan, tapi Mainnya B Saja

Bola.com, Jakarta - Manchester United mengalami periode yang sulit setelah pensiunnya Sir Alex Ferguson sebagai manajer tim The Red Devils pada 2013. Periode penuh turbulensi itu terjadi pada masa kepemimpinan Ed Woodward, yang menjadi wakil ketua eksekutif Manchester United.

Tugas Ed Woodward adalah mengurus segala hal dan operasi yang dilakukan klub, mulai dari keperluan komersial hingga menyetujui perekrutan pemain. Dengan dana besar yang dimiliki Manchester United, bukan menjadi masalah untuk bisa merkerut pemain-pemain dengan harga mahal.

Namun, tidak semua bisa berjalan sukses. Manchester United pun kerap melakukan pengeluaran yang terlalu besar dan mendapatkan hasil investasi yang tidak sebanding.

Sebagai contoh adalah perekrutan pemain-pemain berkualitas dan berlabel bintang. Ketika sudah mengeluarkan dana besar, belum tentu Manchester United mendapatkan apa yang mereka inginkan dari pemain yang baru mereka rekrut.

Berikut daftar pemain Manchester United yang terbilang punya harga mahal sehingga membuat klub menggelontorkan banyak uang, tapi pada akhirnya mengecewakan karena performanya yang terbilang biasa saja.

2 dari 7 halaman

Morgan Schneiderlin (31,5 juta pound)

Morgan Schneiderlin memperlihatkan sifat dan kemampuan yang cukup menarik ketika bermain untuk Southampton di Premier League. Penampilannya bertepatan dengan kebutuhan mendesak Manchester United untuk lini tengah setelah periode mengerikan di bawah asuhan David Moyes.

Apa yang terjadi dalam perekrutan itu benar-benar menjadi bencana total bagi pemain dan The Red Devils.

Schneiderlin merupakan pemain Southampton yang paling penting, tapi sebaliknya di Manchester. Jelas pemain asal Prancis itu tidak memiliki apa yang dibutuhkan untuk sukses bersama raksasa Liga Inggris.

3 dari 7 halaman

Fred (53,1 juta pound)

 

Ketika Manchester United mendatangkan Fred, pemain asal Brasil itu merupakan talenta paling dicari di seluruh Eropa. Gelandang itu memperlihatkan bakatnya untuk Shakhtar Donetsk, dan ketika Woodward mendapatkan kesempatan senilai 53,1 juta, itu tampak seperti uang yang dihabiskan dengan baik.

Fred memiliki banyak kesempatan untuk membuktikan dirinya sebagai gelandang yang telah membuat 141 penampilan untuk klub Liga Inggris. Meski bermain dalam peran yang defensif, ia juga berkontribusi membantu serangan dengan mencetak 16 gol.

Masalah utama Fred adalah kurangnya konsistensi. Meski kadang bagus untuk ditonton, terkadang dia sangat buruk. Banyak kritikus yang menegur mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, untuk waktu bermain yang diterima Fred bersama Manchester United.

Dia juga menjadi pemain yang reguler dimainkan oleh Ralf Rangnick pada belakangan ini. Para penggemar akan berharap Fred dapat meniru kesimpulan yang pernah diperlihatkannya di Ukraina.

 

4 dari 7 halaman

Romelu Lukaku (76,23 juta pound)

 

Manchester United tengah mencari penyerang setelah cedera yang dialami Zlatan Ibrahimovic. Alvaro Morata dikaitkan dengan The Red Devils sepanjang musim panas 2017.

Itu berakhir sangat berbeda ketika pemain Spanyol itu justru merapat ke Chelsea dan Manchester United memilih mendatangkan penyerang asal Belgia, Romelu Lukaku.

Lukaku dikaitkan dengan kepindahan ke Chelsea setelah sempat bermain bersama The Blues sebelumnya. Namun, striker tersebut akhirnya pindah ke Manchester United dari Everton.

Tidak adil untuk mengatakan bahwa Romelu Lukaku benar-benar bencana karena dia mencetak gol di depan. Penyerang tersebut mencatatkan 42 gol dan 13 assist di Manchester, membuat 96 penampilan. Tapi, ia mendapatkan kritik keras yang terkadang tidak adil dan inkonsisten.

Lukaku tidak pernah berhasil untuk tenang di Manchester United dan akhirnya pergi ke Inter Milan karena selisih paham dengan manajer saat itu, Ole Gunnar Solskjaer. Beruntung bagi Ed Woodward, klub bisa mendapatkan kembali sebagian besar investasi yang mereka lakukan lewat Lukaku.

 

5 dari 7 halaman

Paul Pogba (94 juta pound)

 

Paul Pogba sempat meninggalkan Manchester United dengan status bebas transfer pada 2012 demi mencari menit bermain dan membuktikan dirinya sebagai pemain kelas dunia di Juventus. Ketika ada sebuah kesempatan untuk mengontraknya lagi, The Red Devils memastikan bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Biaya yang dibayarkan untuk mengontrak pemain asal Prancis itu menjadikannya sebagai transfer termahal di dunia sepak bola. Pogba layak dibayar untuk membawanya kembali.

Orang-orang yang meragukannya sebagian besar terbukti benar, karena periode kedua pemain asal Prancis itu di Manchester United penuh dengan kontroversi, inkonsistensi, dan cedera.

Tak ada keraguan bahwa Paul Pogba merupakan pemain kelas dunia, dan kadang ia muncul di level yang berbeda dengan pemain lain di lapangan. Sebanyak 38 gol dan 49 assist yang dia berikan untuk The Red Devils memperlihatkan kemampuan yang selalu dimilikinya.

Namun, keberadaan Pogba dirusak oleh kontroversi di luar lapangan, terutama yang berkaitan dengan rumor transfer. Dapat diklaim dia tidak membenarkan jumlah yang dihabiskan untuknya, meski tampaknya ia bergabung kembali dengan klub pada waktu yang salah.

Seperti yang terjadi, kemungkinan besar Pogba akan meninggalkan Old Trafford dengan status bebas transfer untuk kedua kalinya dalam sepanjang kariernya.

 

6 dari 7 halaman

Harry Maguire (78,3 juta pound)

 

Ketika Manchester United mengejar Harry Maguire mungkin harapannya agar sang pemain bisa seperti Virgil van Dijk di Liverpool. Jose mourinho sudah cukup lama merindukan bek dengan kualitas luar biasa dan selalu gagal mendapatkannya.

Sang pengganti, Ole Gunnar Solskjaer, justru mendapatkan rekrutan baru di lini pertahanan dengan sangat cepat. Tapi banyak penggemar yang percaya bahwa Leicester City mengeksploitasi keputusan The Red Devils dengan menagih hampir 80 juta pound untuk jasa Maguire.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Posisi Manchester United di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer