Sukses


Liga Inggris: Thomas Tuchel Didapuk Layak Masuk Deretan Manajer Terhebat Chelsea, Setara dengan Jose Mourinho

Bola.com, London - Mantan pemain Chelsea, Joe Cole, melontarkan pujian tinggi terhadap Thomas Tuchel. Menurutnya, Tuchel layak masuk deretan manajer terhebat The Blues, bersama Jose Mourinho. 

Karakter Thomas Tuchel yang sangat berbasis data dan analisis, sungguh berbeda dengan Mourinho yang kharismatik. Dia mengambil rute yang sangat berbeda dengan Mourinho saat menangani Chelsea

Namun, dalam urusan merengkuh trofi, Tuchel yang sudah setahun menangani The Blues mengikuti jejak Mourinho yang berhasil merengkuh sejumlah trofi utama. 

Dulu karier Cole berubah ketika duo dinamis Mourinho dan pemilik klub Roman Abramovich membawa kesuksesan instan ke Chelsea dan terus mengembuskan perubahan.

Sama halnya dengan Tuchel. Pelatih asal Jerman berusia 48 tahun itu berhasil mengangkat trofi Liga Champions hampir empat bulan setelah menyambar pekerjaan Chelsea, yang dikenal penuh tekanan luar biasa di Liga Inggris. 

Apa komentar Joe Cole tentang kehebatan Thomas Tuchel yang menurutnya setara dengan Jose Mourinho? 

 

2 dari 4 halaman

Angin Segar

“Kecuali pada periode pertama Mourinho, dia memiliki dampak terbesar dari siapa pun yang menangani Chelsea. Dia secara universal dicintai dan dihormati oleh semua orang di tempat latihan," kata Cole, seperti dikutip The Sun, Rabu (26/1/2022). 

“Dia (Thomas Tuchel) adalah angin segar. Memenangkan Liga Champions adalah pencapaian luar biasa tetapi juga tentang cara dia masuk ke klub."

"Chelsea adalah klub yang sangat sukses tetapi bisa bergejolak. Banyak manajer dapat menyerah di bawah tekanan itu — bahkan yang berpengalaman," imbuh Cole. 

 

 

3 dari 4 halaman

Tuchel Memahami Sejarah Klub

Menurut Cole, respons Tuchel saat awal-awal menangani Chelsea hingga kini benar-benar luar biasa. 

“Cara para pemain menanggapinya sangat bagus. Anda tidak dapat membayangkan tahun pertama yang lebih baik sebagai penanggung jawab tim. Thomas adalah orang yang sangat cerdas yang langsung mengenali para pemain berkualitas," puji Cole. 

“Tapi dia juga mengenali jiwa dan gaya klub; dia memahami sejarah klub. Dia mengerti," tegasnya. 

Sumber: The Sun 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Chelsea

Video Populer

Foto Populer