Sukses


Liga Inggris: Jurgen Klopp Kirim Kode ke MU Soal Erik Ten Hag

Bola.com, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp memuji Erik Ten Hag, pelatih yang santer dirumorkan bakal menukangi Manchester United (MU) musim depan.

Menurut pria asal Jerman itu Erik sosok pelatih yang cocok buat jangka panjang bagi klub yang ingin membuat fondasi prestasi.

Ia disebutnya beruntung mendapat dukungan dari manajemen Ajax.

“Erik pantas dianggap sebagai salah satu talenta kepelatihan paling menarik di dunia sepak bola saat ini karena pekerjaannya bersama Ajax,” kata Klopp.

“Tentu saja, Ajax adalah klub yang luar biasa. Berkesinambungan mencetak pemain bintang, akan tetapi pada saat ini jelas mereka memiliki kepemimpinan organisasi yang luar biasa dan Erik adalah bagian besar dari itu.

“Mereka harus beradaptasi dalam beberapa musim terakhir setelah kehilangan beberapa pemain dari klub rival. Saya ingat dari pengalaman saya sendiri di Dortmund bagaimana rasanya dan betapa menantangnya itu. Cara mereka menghadapinya luar biasa. Fondasi tim tetap solid dan mereka telah merekrut dengan baik.

"Mereka memiliki identitas yang jelas. Saya suka menonton mereka, harus saya katakan."

Jika melihat masalah yang terjadi di Manchester United saat ini, sosok Erik Ten Hag merupakan sosok yang tepat untuk mengembalikan kejayaan klub. Semenjak manajer legendaris Sir Alex Ferguson pensiun musim panas 2013, MU kerap bergonta-ganti pelatih.

Mereka kesulitan mendapatkan pelatih yang bisa menjaga DNA permainan United di era Sir Alex. Erik Ten Hag dengan gaya permainan menyerangnya dinilai cocok.

2 dari 4 halaman

Tapi Kudu Sabaran

Namun, kehadirannya kudu didukung manajemen. Tidak akan ada perbaikan cepat untuk masalah United. Kesabaran tingkat tertinggi akan dibutuhkan dari semua orang.

Tak mudah bagi suporter melihat Man United di bawah bayang-bayang Manchester City dan Liverpool untuk beberapa tahun ke depan.

Namun, sebagaimana dibuktikan dengan Klopp di Liverpool, mendapatkan visi jangka panjang yang benar, filosofi dan manajer yang mendapat kepercayaan dalam waktu lama, pada akhirnya akan menebus kekecewaan dan rasa sakit selama beberapa tahun.

United tidak memiliki visi yang kuat, gaya perekrutan yang terstruktur, dan gaya permainan yang dapat dikenali selama beberapa tahun terakhir.

Menunjuk Ten Hag dapat dianggap sebagai risiko karena kurangnya pengalaman mengelola klub sebesar United. Namun, kalau tidak berani mencoba MU tidak punya solusi lain.

Mereka sudah mencoba berbagai cara. Manajer top sekelas Jose Mourinho dan Louis van Gaal sudah pernah didatangkan. Hasilnya? Tak sesuai ekspekstasi. Sudah saatnya mereka kembali ke khitah. Bersabar seperti ketika memberikan ruang yang luas ke Sir Alex di awal masa kedatangannya.

 

3 dari 4 halaman

Peluang Mendapatkan Erik Ten Hag

Manchester United (MU) dikabarkan mendapat sinyal positif dalam perburuan manajer baru pengganti Ralf Rangnick pada musim panas 2022. Salah satu nama yang diincar Setan Merah yaitu manajer Ajax, Erik Ten Hag, dikabarkan bisa meninggalkan klub Belanda tersebut. 

Erik Ten Hag menjadi satu dari beberapa nama yang disebut-sebut masuk daftar incaran MU. Sosok lain yang juga dipantau adalah Mauricio Pochettino.

Belakangan, MU juga dihubungkan dengan manajer Chelsea, Thomas Tuchel. Setan Merah didorong untuk memanfaatkan krisis di Chelsea untuk membajak Tuchel.   

Namun, peluang Red Devils mendapatkan Ten Hag dikabarkan lebih besar. Menurut media Belanda, De Telegraaf, Ajax memberi sinyal siap melepas Ten Hag. 

Itu terjadi akibat perubahan di susunan manajemen Ajax, setelah Marc Overmars meninggalkan posisinya sebagai direktur olahraga pada awal tahun ini.  Ajax juga mengonfirmasi awal pekan ini bahwa legenda klub, Klaas Jan Huntelaar, telah bergabung dengan staf teknis. 

Seorang sumber di kubu Ajax menyatakan melihat cara petinggi Ajax dalam melakukan perekrutan memberi sinyal Erik Ten Hag akan pindah. Ajax terlihat sudah berencana memulai babak baru tanpa pelatih asal Belanda itu. Ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi MU. 

Sumber: Manchester Evening News

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi MU di Pentas Premier League

Video Populer

Foto Populer