Sukses


Erling Haaland dan 5 Bintang Borussia Dortmund Termahal yang Dilepas ke Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund akan segera berpisah dengan Erling Haaland. Bomber asal Norwegia tersebut bakal bergabung dengan Man City.

Sebagai seorang striker muda, Erling Haaland sudah menunjukkan performa yang luar biasa bersama Borussia Dortmund. Tidak mengherankan dia diminati banyak klub papan atas Eropa.

Manchester City pada akhirnya berhasil memenangkan perburuan Haaland. The Citizens kabarnya bersedia menebus klausul pelepasan sang pemain senilai 75 juta euro.

Kepindahan Haaland ke Etihad Stadium akan diresmikan dalam waktu dekat ini. Dia pun bakal jadi pemain terbaru yang dilepas Dortmund ke klub Premier League.

Dortmund selama ini memang kerap menjual para pemain bintangnya ke klub Liga Inggris. Bahkan, beberapa nama yang dilepas mempunyai harga yang tak murah.

Berikut ini lima penjualan termahal Borussia Dortmund ke klub Liga Inggris.

 

2 dari 7 halaman

Ilkay Gundogan

Sebelum Erling Haaland, Manchester City sudah pernah membeli pemain dari Borussia Dortmund. Pemain yang dimaksud adalah Ilkay Gundogan.

The Citizens merekrut Gundogan pada tahun 2016 setelah tampil impresif bersama Dortmund. Gelandang asal Jerman tersebut ditebus dengan biaya transfer sebesar 27 juta euro.

Sampai sejauh ini, Gundogan sudah memainkan 251 pertandingan untuk Man City. Dia berhasil menyumbang 47 gol dan 33 assist dari penampilannya tersebut.

 

3 dari 7 halaman

Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan menjadi andalan lini serang Dortmund selama tiga musim. Pemain asal Armenia itu membukukan 41 gol dan 49 asisst dalam 140 pertandingan bersama Die Borussen.

Manchester United kemudian menebus Mkhitaryan dari Dortmund dengan biaya sebesar 42 juta euro pada 2016. Sayangnya, Mkhitaryan tidak bertahan lama di Old Trafford.

Bersama Setan Merah, Mkhitaryan hanya mampu mencatatkan 13 gol dan 11 asisst dalam 63 laga. Dia dilepas ke Arsenal pada Januari 2018 dan sekarang bermain di Italia bersama AS Roma.

 

4 dari 7 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi salah satu striker yang menakutkan di Eropa bersama Borussia Dortmund. Selama lima musim, dia mencatatkan 141 gol dan 36 asisst dari 213 pertandingan.

Setelah bermain di Jerman, Aubameyang pindah ke Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2018. Kepindahannya ke Emirates Stadium memakan biaya transfer sebesar 63,75 juta euro.

Di Arsenal, Aubameyang mencetak 92 gol dan 21 assist dari 163 penampilan di semua kompetisi. Pada Januari 2022, Aubameyang mengakhiri kebersamaannya bersama The Gunners dan kemudian bergabung dengan Barcelona.

 

5 dari 7 halaman

Christian Pulisic

Christian Pulisic menembus tim senior Borrussia Dortmund pada pertengahan musim 2015/2016. Dia kemudian mencatatkan 19 gol dan 26 asisst dari 127 laga bersama Die Borussen.

Penampilan apik Pulisic bersama Dortmund membuat Chelsea kepincut. Dortmund pada akhirnya menjual sang pemain ke klub Premier League tersebut dengan biaya sebesar 64 juta euro.

Pemain asal Amerika Serikat itu sudah memainkan 112 pertandingan dengan mencetak 24 gol dan 19 assist untuk Chelsea. Dia juga berhasil memenangkan trofi Liga Champions bersama dengan The Blues.

 

6 dari 7 halaman

Jadon Sancho

Borussia Dortmund memboyong Jadon Sancho dari Manchester City pada 2015. Selama empat tahun di Signal Iduna Park, Sancho tampil sangat impresif dengan mengoleksi 50 gol dan 64 assist dari 137 pertandingan.

Manchester United pada akhirnya berhasil mendapatkan Sancho di bursa transfer musim panas pada awal musim ini. Dortmund melepasnya ke Old Trafford dengan biaya transfer sebesar 85 juta euro.

Sancho sampai sejauh ini sudah mencatatkan 38 penampilan di semua kompetisi untuk Setan Merah. Dia baru mengemas lima gol dan tiga assist dari penampilannya tersebut.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 10/5/2022)

7 dari 7 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2021/2022

Video Populer

Foto Populer