Sukses


Jurgen Klopp, Sang Manajer Terbaik Sepanjang Masa Liverpool

Bola.com, London - Jurgen Klopp berhasil membawa Liverpool menjuarai Piala FA musim ini, setelah mengalahkan Chelsea di final. Trofi itu sekaligus melengkapi koleksi gelar juara Klopp sebagai manajer The Reds.

Menjalani partai puncak Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (14/5/2022) malam WIB, Liverpool dibuat kerepotan oleh Chelsea. Aksi jual beli serangan saling diperagakan oleh kedua tim.

Liverpool menorehkan 53 persen penguasaan bola dan melepaskan 17 tembakan, tetapi hanya dua yang tepat sasaran. Di sisi lain, Chelsea mencatatkan 47 persen penguasaan bola serta memperoleh dua peluang bagus dari 10 kesempatan.

Hingga 2x45 menit berakhir, skor imbang tanpa gol tetap bertahan. Alhasil, pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan.

Pada extra time masih tidak ada gol yang tercipta. Upaya Liverpool dan Chelsea untuk mencetak gol selalu kandas. Penentuan pemenang dilakukan lewat adu penalti.

 

2 dari 5 halaman

Liverpool Menang Lewat Adu Penalti

Pada babak tos-tosan, Liverpool akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 6-5. Dari tujuh algojo The Reds, hanya Sadio Mane yang gagal menjalankan tugasnya.

Di sisi lain, ketujuh penendang penalti Chelsea ada dua pemain yang tak mampu menaklukan kiper Liverpool, Alisson, yakni Cesar Azpilicueta dan Mason Mount.

 

3 dari 5 halaman

Jurgen Klopp Manajer Terbaik Sepanjang Masa

Dengan trofi juara tersebut, Jurgen Klopp kini menjadi manajer terbaik dalam sejarah Liverpool. Pasalnya, Klopp telah membawa The Reds merengkuh semua titel juara.

Dia pertama kali membawa Liverpool memenangkan Liga Champions, lalu setahun berselang merengkuh trofi Premier League. Pada musim ini, Jurgen Klopp sukses meraih gelar juara Carabao Cup dan Piala FA sebagai manajer The Reds.

Dengan pencapaian tersebut, manajer asal Jerman tersebut sukses mempersembahkan semua trofi mayor untuk Liverpool. Klopp sekaligus melampaui pencapaian manajer legendaris Liverpool, Bob Paisley.

Sepanjang kariernya sebagai manejr The Reds, Paisley tercatat gagal menjuarai Piala FA.

 

4 dari 5 halaman

Pertama Kalinya

Opta juga mencatat kemenangan Liverpool di Piala FA tergolong langka. Pasalnya, Liverpool untuk pertama kalinya meraih dua gelar domestik dalam semusim selama 21 tahun terakhir.

Liverpool terakhir kali memenangkan gelar Piala Liga dan Piala FA terjadi pada 2001. Pada saat itu, The Reds ditangani sosok Gerard Houllier.

Pada saat itu Liverpool mengalahkan Birmingham City di final Piala Liga dan membungkam Arsenal di Final Piala FA.

 

5 dari 5 halaman

Ambisi Quadruple

Dengan berhasil mengoleksi dua gelar juara, Liverpool masih berpeluang mengukir Quadruple. Mereka masih menyisakan dua laga untuk menyalip Manchester City, dan juara Premier League.

Selain itu mereka akan berhadapan dengan Real Madrid pada partai final Liga Champions di Stade de France, 29 Mei mendatang.

Sumber: Opta, Bola.net

Video Populer

Foto Populer