Sukses


Sudahlah Liverpool Realistis Saja, Man City Punya 7 Faktor Kuat Akhiri Liga Inggris Sebagai Juara

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan berharap pada Aston Villa untuk bisa mengalahkan Manchester City pada laga pemungkas Liga Inggris 2021/2022, Minggu (22/5/2022). Namun sepertinya The Reds harus realistis saja.

Duel Man City vs Aston Villa bakal menentukan siapa yang berhak mengangkat trofi juara Liga Inggris 2021/2022. Jika The Citizens kalah, Liverpool sangat bisa menyalip mereka di papan klasemen.

Man City hanya unggul satu poin atas Liverpool yang berada di peringkat dua. Kemenangan akan memastikan City jadi juara. Sebaliknya, jika sampai terpeleset di tikungan terakhir ini, maka Man City bisa disalip oleh rival mereka.

Namun, melihat beberapa alasan realistis berikut ini, City layak dijagokan menang dan meraih gelar juara Liga Inggris mereka yang ke-6. Simak ulasannya di bawah.

 

2 dari 9 halaman

Aston Villa cuma Peringkat 14

Ada tiga mantan Liverpool di skuad Villa. Mereka adalah gelandang serang Philippe Coutinho, striker Danny Ings, dan sang pelatih Steven Gerrard.

Liverpool mungkin berharap tiga orang itu bisa memberikan yang terbaik demi mencoba menahan City dan memuluskan jalan mereka ke tangga juara. Namun, itu tidak bakal mudah.

Villa baru saja memainkan laga tunda kontra Burnley, imbang 1-1 di kandang. Faktor kebugaran bisa menjadi kendala. Performa mereka juga kurang meyakinkan. Saat ini, mereka bahkan tercecer di peringkat 14.

 

3 dari 9 halaman

Performa Aston Villa juga Kurang Meyakinkan

Villa tanpa satupun kemenangan dalam tiga laga terakhirnya di Premier League. Mereka kalah 1-2 dari Liverpool, kemudian berturut-turut imbang 1-1 dengan Crystal Palace dan Burnley.

Tiga laga terakhir Villa itu bahkan semuanya adalah laga-laga kandang.

Villa tercatat cuma menang dua kali dalam 10 laga terakhirnya di Premier League (M2 S3 K5). Mereka juga hanya menang tiga kali dalam tujuh laga tandang terakhirnya di kompetisi ini (M3 S1 K2).

 

4 dari 9 halaman

Sebaliknya, City Sangat Kuat di Kandang

Dalam 18 laga kandang yang sudah mereka mainkan di Premier League musim ini, pasukan Josep Guardiola menang 14 kali dan hanya dua kali kalah (M14 S2 K2; gol 55-13). Dua kekalahan kandang itu adalah 0-2 vs Crystal Palace pada pekan ke-10 dan 2-3 vs Tottenham pada pekan ke-26.

Melihat away form mereka musim ini (M7 S1 K10; gol 21-22), kemungkinan Villa untuk meniru pencapaian Palace dan Tottenham itu dinilai sangat kecil.

 

5 dari 9 halaman

Tak Terkalahkan 11 Laga

Terkini, City memang hanya bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah West Ham. Namun, mereka masih tak terkalahkan dalam 11 laga terakhirnya di Premier League (M8 S3 K0).

Terakhir kali City menelan kekalahan liga adalah ketika dipecundangi Tottenham 2-3 di Etihad Stadium.

Sejak itu, City menang delapan kali dan seri tiga kali, mencetak total 33 gol dan cuma kebobolan total tujuh gol dalam 11 pertandingan.

 

6 dari 9 halaman

3 Laga Kandang Terakhir Selalu Menang Telak

City selalu menang dalam tiga laga kandang terakhirnya di Premier League. Tiga laga kandang itu semuanya mereka menangi dengan skor telak.

City memukul Brighton 3-0, membantai Watford 5-1, dan menghajar Newcastle 5-0.

City mencetak total 13 gol dan cuma kebobolan total satu gol dalam tiga laga kandang terakhirnya itu. Bakal sulit bagi Villa untuk bisa mengadang City dengan momentum seperti itu.

 

7 dari 9 halaman

Head-to-head Berpihak pada City

Dalam 21 laga kandang melawan Villa di Premier League sejauh ini, City menang 17 kali dan cuma kalah dua kali (M17 S2 K2), mencetak 55 gol dan hanya kebobolan 15.

City selalu menang dalam 11 laga kandang terakhirnya melawan Villa di kompetisi.

City juga selalu menang dan selalu mencetak minimal dua gol dalam delapan laga terakhirnya melawan Villa di semua kompetisi. Itu termasuk 2-1 di kandang Villa pada pekan ke-14 musim ini.

 

8 dari 9 halaman

Motivasi Meraih Trofi dan Merusak Mimpi Quadruple Liverpool

Di awal musim, City dikalahkan Leicester 0-1 di ajang Community Shield. City kemudian disingkirkan West Ham lewat adu penalti di putaran ke-4 EFL Cup/Carabao Cup, dan dikalahkan Liverpool 2-3 di semifinal Piala FA.

Di Liga Champions, langkah City dihentikan Real Madrid di semifinal. Mereka kalah agregat 5-6.

Premier League adalah kesempatan terakhir City untuk meraih trofi musim ini. Selain itu, dengan menjuarai Premier League, City juga bisa merusak mimpi quadruple Liverpool. Mereka tentunya sangat termotivasi untuk bisa mewujudkannya.

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 21/5/2022)

9 dari 9 halaman

Posisi Liverpool dan Man City Saat Ini

Video Populer

Foto Populer