Sukses


Perjalanan Liverpool ke Final Liga Champions 2021/2022: Sempurna di Fase Grup, Dramatis di Semifinal

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam laga final Liga Champions 2021/2022 di Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Pertandingan ini akan menjadi akhir dari perjalanan luar biasa The Reds sepanjang Liga Champions berjalan musim ini.

Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam laga final Liga Champions musim ini. Tim asuhan Jurgen Klopp itu berhasil melangkah ke final Liga Champions untuk kali ketiga dalam lima musim terakhir.

Jurgen Klopp mengantar Liverpool ke final Liga Champions pertama kali pada musim 2017/2018. Sayangnya, dalam laga yang juga menghadapi Real Madrid itu, The Reds kalah 1-3 dari Los Blancos di Kiev, Ukraina.

Baru semusim kemudian Liverpool benar-benar mengangkat trofi juara Liga Champions. Pada musim 2018/2019 itu, The Reds menang 2-0 atas Tottenham Hotspur di partai puncak kompetisi paling elite di Eropa itu.

Mampukah Liverpool mengalahkan Real Madrid di final ketiganya dalam lima musim terakhir ini? Bagaimana perjalanan The Reds di Liga Champions musim ini sejak awal? Berikut ulasannya:

2 dari 7 halaman

Sempurna di Fase Grup

Liverpool memulai Liga Champions 2021/2022 dengan tergabung dalam Grup B, bersama Atletico Madrid, Porto, dan AC Milan. Meski berada satu grup bersama klub-klub besar Eropa lainnya, The Reds mampu mendominasi.

Bagaimana tidak, dari enam pertandingan yang dimainkan di fase grup, Liverpool mampu menyapu bersihnya dengan kemenangan dan lolos ke 16 besar Liga Champions dengan nilai sempurna, 18 poin.

Enam kemenangan tersebut jelas memperlihatkan bagaimana dominasi tim yang diasuh oleh Jurgen Klopp tersebut. Meski sebagian besar kemenangan diraih dengan perbedaan yang tipis, tapi 18 poin dari enam laga membuktikan The Reds memang layak diperhitungkan sebagai juara.

 

3 dari 7 halaman

Kemenangan di Anfield Berlanjut 2 Hasil Positif di Portugal dan Spanyol

Liverpool mengawali fase grup dengan kemenangan 3-2 atas AC Milan di Anfield pada 15 September 2021. Gol bunuh diri Fikayo Tomori dan dua gol lain yang dicetak oleh Mohamed Salah dan Jordan Henderson membuat The Reds mampu mengamankan tiga poin di Anfield.

Setelah itu, The Reds tampil menggila kala bertandang ke markas Porto pada 28 September 2021. Liverpool menang telak 5-1 atas tim tuan rumah lewat brace Mohamed Salah dan Roberto Firmino, serta satu gol lain yang dicetak Sadio Mane.

Atletico Madrid pun menjadi korban berikutnya dari Liverpool. Dalam lawatan ke Wanda Metropolitano pada 19 Oktober 2021 The Reds mampu menang 3-2 atas tim tuan rumah. Dua gol Mohamed Salah plus satu gol Naby Keita membuat Liverpool pulang dengan tiga poin.

 

4 dari 7 halaman

Menyempurnakan Langkah di Fase Grup

Kemudian Liverpool ganti menjalani dua laga kandang, menghadapi Atletico Madrid pada 3 November 2021 dan Porto pada 24 November 2021. Hasilnya, Liverpool mampu meraih kemenangan identik 2-0.

Diogo Jota dan Sadio Mane mencetak gol di Anfield kala menghadapi Atleti. Sementara Thiago Alcantara dan Mohamed Salah yang menyumbang gol kala menjamu Porto.

Pada laga pamungkas Grup B yang digelar di San Siro, Liverpool kembali meraih kemenangan 2-1 berkat gol Mohamed Salah dan Divock Origi, dua gol yang membawa Liverpool menang dan mencatatkan hasil sempurna di fase grup.

 

5 dari 7 halaman

Sedikit Lebih Unggul dari Inter Milan

 

Setelah melewati tantangan di Grup B yang juga melibatkan AC Milan, Liverpool harus kembali bertandang ke Kota Mode di Italia itu. The Reds langsung bertemu dengan rival sekota AC Milan, Inter Milan di babak 16 besar.

Liverpool membuat kejutan dengan berhasil menang 2-0 di Giuseppe Meazza pada 16 Februari 2022. Dua gol The Reds dicetak oleh Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Inter Milan mampu membalas lewat kemenangan di Anfield pada leg kedua yang digelar 8 Maret 2022. Sayangnya kemenangan 1-0 lewat gol Lautaro Martinez tak mampu membuat Inter Milan mengadang langkah Liverpool.

 

6 dari 7 halaman

Dramatis Melawan Benfica di Perempat Final

Setelah melewati adangan dua klub Italia sejak fase grup hingga 16 besar, Liverpool kembali mendapatkan adangan dari klub Portugal, Benfica, di perempat final. Ini juga menjadi klub Portugal kedua yang harus dihadapi Liverpool di Liga Champions musim ini.

Setelah menghadapi Porto di fase grup, kini Benfica yang menjadi tantangan Liverpool yang berhasil mencuri kemenangan 3-1 kala bertandang ke Portugal pada 5 April 2022. Ibrahima Konate, Sadio Mane, dan Luis Diaz berhasil mencetak tiga gol yang membawa Liverpool unggul dua gol menuju leg kedua perempat final.

Namun, Benfica memberikan ujian yang sebenarnya di Anfield. Klub Portugal itu berusaha keras untuk bisa berbalik unggul. Namun, Liverpool mampu lebih dulu unggul meski pada akhirnya kedudukan berakhir imbang 3-3 dan The Reds layak lolos ke semifinal dengan agregat 6-4.

Dalam laga tersebut, tiga gol Liverpool dipersembahkan oleh Ibrahima Konate dan brace yang dicetak oleh Roberto Firmino.

7 dari 7 halaman

Lebih Dramatis di Markas Villarreal

Kebetulan setelah melewati dua klub Italia dan dua klub Portugal, Liverpool harus kembali berhadapan dengan wakil Spanyol di semifinal. Setelah menghadapi Atletico Madrid di fase grup, kini Villarreal menjadi lawan yang harus dihadapi di semifinal.

Pertandingan kontra klub Spanyol ini cukup dramatis, terutama di leg kedua. Setelah menang 2-0 berkat gol bunuh diri Pervis Estupinan dan gol Sadio Mane di Anfield pada leg pertama yang digelar pada 27 April 2022, Liverpool bertandang ke markas Villarreal dan sempat tertinggal 0-2 lewat gol Boulaye Dia dan Francis Coquelin pada babak pertama.

Beruntung Liverpool mampu bangkit pada babak kedua. Liverpool berhasil mencetak tiga gol pada paruh kedua pertandingan di Estadio de La Ceramica itu, masing-masing dicetak Fabinho, Luis Diaz, dan Sadio Mane, yang membuat The Reds menang 3-2 dan lolos ke final dengan agregat 5-2, di mana Real Madrid menjadi lawan di laga puncak Liga Champions musim ini.

Bagaimana akhir dari perjalanan Liverpool di Liga Champions musim ini. Anda bisa menjadi saksinya dengan menyaksikan laga final kontra Real Madrid yang digelar pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Video Populer

Foto Populer