Sukses


Starting XI Pemain Top yang Dibuang Pep Guardiola: Timnya Bisa Auto Juara Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Pep Guardiola kerap mendatangkan hingga menjual para pemain bintang saat melatih sejumlah klub. Bahkan para pemain bintang yang pernah dia jual bisa menjadi starting XI yang tangguh.

Pep Guardiola mengawali karier kepelatihannya sejak di Barcelona B pada 2008. Setelah dari Barcelona B, dia mendapat promosi untuk melatih skuad Barcelona senior.

Empat musim di Barcelona, dia memenangkan tiga gelar La Liga, dua trofi Liga Champions, dan sejumlah titel lainnya. Pep kemudian memutuskan pindah ke Bayern Munchen pada musim 2012/2013 dan meraih empat gelar Bundesliga.

Setelah itu, dia bergabung ke Mancheter City hingga kini dan memenangkan empat gelar Liga Inggris. Dari pengalamannya melatih tiga klub besar ini, Guardiola sempat menjual sejumlah pemain bintang.

Berikut starting XI pemain yang dilepas Pep Guardiola. Mulai dari posisi penjaga gawang yang hebat hingga striker haus gol.

 

2 dari 12 halaman

Kiper: Pepe Reina

Setelah menghabiskan sembilan tahun di Liverpool, Reina bergabung dengan Bayern Munchen pada 2014 dan jadi cadangan untuk Manuel Neuer. Sang kiper hanya membuat tiga penampilan di bawah Guardiola sebelum menandatangani kontrak dengan klub Italia Napoli pada 2015.

 

3 dari 12 halaman

Bek Kanan: Pablo Zabaleta

Bek kanan ini menjadi satu di antara pemain penting Roberto Mancini saat Manchester City meraih gelar Liga Inggris. Tapi Guardiola bersih-bersih pemain di Etihad pada musim panas 2017, termasuk membuang Zabaleta yang sudah tua.

 

4 dari 12 halaman

Bek Tengah: Dante

Dante adalah bagian penting Bayern Munchen saat meraih treble winners di bawah Jupp Heynckes pada 2012/2013. Namun, performanya menurun saat Guardiola datang dan memutuskan hengkang ke Wolfsburg pada 2015.

 

5 dari 12 halaman

Bek Tengah: Rafael Marquez

Marquez memenangkan empat gelar La Liga dan dua Liga Champions di Barcelona, tetapi waktunya di Nou Camp berakhir pada 2010. Dia dibebaskan dari kontraknya kemudian pindah ke New York Red Bulls di Major League Soccer.

 

6 dari 12 halaman

Bek Kiri: Oleksandr Zinchenko

Pemain Ukraina itu menghabiskan lima tahun di bawah bimbingan Guardiola di Manchester City. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini, kemudian Guardiola ubah jadi bek kiri.

 

7 dari 12 halaman

Gelandang Bertahan: Bastian Schweinsteiger

Schweinsteiger datang melalui akademi Bayern Munchen dan kemudian memenangkan delapan gelar Bundesliga dan sekali Liga Champions. Namun, Guardiola akhirnya memutuskan menjualnya ke Manchester United.

 

8 dari 12 halaman

CM: Yaya Toure

Toure dan Guardiola pernah dua kali bekerja sama di dua klub berbeda. Namun, kebersamaan mereka di Barcelona dan Manchester City itu hanya sesaat.

 

9 dari 12 halaman

Gelandang Tengah: Toni Kroos

Kroos memenangkan tiga gelar Bundesliga dan sekali Liga Champions bersama Bayern Munchen. Namun kebersamaannya bersama Guardiola hanya sebentar karena Kroos mendapatkan tawaran menggiurkan dari Real Madrid.

 

10 dari 12 halaman

Gelandang: Ronaldinho

Ronaldinho merupakan bintang besar Barcelona sebelum Guardiola datang. Namun, saat Pep mengambil alih dia tidak peduli dengan nama besar dan menjual Ronaldinho ke AC Milan.

 

11 dari 12 halaman

Striker: Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic tampil mengesankan saat bersama Inter Milan dan membuat Barcelona tertarik meminangnya. Namun, hubungan antara Guardiola dan Ibra tidak harmonis yang membuat sang pemain hanya bertahan semusim.

 

12 dari 12 halaman

Striker: Thierry Henry

Henry merupakan bagian penting dari tim Guardiola saat Barcelona memenangkan treble winners pada 2008/2009. Namun, Henry bersama Marquez memutuskan pindah ke New York Red Bulls pada 2010.

Selain starting XI tadi sebenarnya masih ada beberapa pemain hebat yang Guardiola pernah jual. Di antaranya Deco, Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Mario Mandzukic dan Samuel Eto'o.

Sumber: Planet Football

 

Video Populer

Foto Populer