Sukses


5 Kapten Termuda di Premier League 2022 / 2023: Arsenal Percaya Pemimpin Belia!

Bola.com, Jakarta - Kapten adalah sosok penting bagi tim sepak bola mana pun. Selain harus bertanggung jawab, seorang kapten dituntut memiliki jiwa kepemimpinan, tak terkecuali di Premier League.

Kapten tim biasanya dipilih oleh pelatih. Pemilihan kapten umumnya didasarkan kepada pengalaman dan umur yang lebih senior.

Tidak mengherankan kalau ban kapten dipegang oleh pemain yang sudah berusia 30 tahun ke atas. Sebagai contoh adalah kapten Tottenham Hugo Lloris yang sudah menginjak usia 35 tahun.

Di Premier League, terdapat pula beberapa kapten berusia muda. Mereka dipercaya mengemban tugas berat sebagai pemimpin tim meski belum berusia 30 tahun.

Berikut lima kapten termuda di Premier League musim 2022/2023.

2 dari 7 halaman

John McGinn

John McGinn baru saja ditunjuk menjadi kapten Aston Villa yang baru oleh manajer Steven Gerrard. Dia mengambil alih peran Tyrone Mings sebagai pemimpin tim.

Berusia 27 tahun, McGinn sudah bergabung bersama Villa sejak 2018. Ketika itu, mantan pemain ST Mirren tersebut datang ke Villa Park setelah ditransfer dari Hibernian.

McGinn yang berposisi sebagai gelandang ini memiliki kontrak bersama Villa hingga 2025. Pemain asal Skotlandia tersebut sudah memainkan 148 pertandingan dengan mencetak 16 gol.

3 dari 7 halaman

James Ward-Prowse

James Ward-Prowse merupakan salah satu pemain dengan masa bakti terlama di skuat Southampton. Dia pertama kali bermain di tim senior The Saints sejak dipromosikan pada 2011.

Sebagai seorang pemain terlama di St Mary's Stadium, tidak mengherankan kalau Ward-Prowse dipercaya untuk mengenakan ban kapten sejak 2020. Dia menggantikan Pierre-Emile Hojbjerg yang hengkang ke Tottenham.

Ward-Prowse diketahui sudah memainkan 362 pertandingan di semua kompetisi untuk Southampton. Gelandang berusia 27 tahun tersebut mampu menyumbang 44 gol dan 48 assist untuk The Saints.

4 dari 7 halaman

Lloyd Kelly

Lloyd Kelly adalah kapten tim promosi Bournemouth. Pemain berusia 23 tahun tersebut ditunjuk sebagai kapten pada musim lalu setelah kepergian Steve Cook ke Nottingham Forest pada Januari 2022.

Kelly bermain untuk Bournemouth sejak 2019. Bek tengah berkebangsaan Inggris tersebut sudah memainkan 92 pertandingan dengan menyumbang dua gol untuk The Cherries.

Kelly terikat kontrak dengan Bournemouth sampai 2024. Dia pasti bertekad membawa klubnya bertahan di kasta tertinggi sepak bola Inggris pada 2022/2023.

5 dari 7 halaman

Martin Odegaard

Martin Odegaard baru saja ditunjuk sebagai kapten Arsenal oleh Mikel Arteta. Gelandang asal Norwegia tersebut menggantikan peran yang sebelumnya diemban oleh Alexandre Lacazzette.

Odegaard sebenarnya sudah tidak asing dengan peran sebagai kapten tim. Pemain berusia 23 tahun tersebut juga menjadi kapten timnas Norwegia sejak Maret 2021.

Musim lalu, Odegaard memainkan peran penting dalam membawa Arsenal finis kelima di Premier League. Dia mencetak tujuh gol dan memberikan lima assist dalam 40 penampilan di seluruh kompetisi.

6 dari 7 halaman

Declan Rice

Declan Rice menimba ilmu di akademi Chelsea sejak usia enam tahun. Namun, dia kemudian pindah ke West Ham dan berkembang pesat setelah datang ke London Stadium.

Rice menjabat sebagai wakil kapten West Ham di musim sebelumnya. Namun, pensiunnya Mark Noble membuat Rice didapuk menjadi kapten utama The Hammers.

Pemain berusia 23 tahun ini memiliki banyak pengalaman bermain untuk West Ham. Rice sudah mencatatkan 193 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak sembilan gol serta sembilan assist.

Sumber: transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 3/8/2022)

7 dari 7 halaman

Siap Bersaing di Premier League?

Video Populer

Foto Populer