Sukses


5 Stoper U-23 Terbaik di Premier League Saat Ini: Saatnya yang Muda Jadi Pilar Andalan

Bola.com, Jakarta - Premier League adalah satu di antara liga sepak bola paling populer di dunia. Kompetisi ini merupakan rumah bagi beberapa pemain terbaik di dunia, termasuk posisi bek tengah.

Saat ini ada cukup banyak bek tengah ternama yang bermain di klub-klub Premier League, satu di antaranya Virgil van Dijk yang kini memperkuat Liverpool.

Selain para pemain senior, sekarang bermunculan bek muda berkualitas di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris itu. Tidak heran jika mereka sudah menjadi andalan di klub masing-masing.

Berikut lima bek tengah terbaik dengan usia di bawah 23 tahun di Premier League saat ini:

2 dari 7 halaman

Nathan Collins

 

Nathan Collins memulai karier sepak bola profesional dengan membela Stoke City. Dia bermain untuk The Potters selama tiga musim di Championship sebelum dipinang Burnley pada 2021.

Pada musim pertamanya di Premier League, Collins mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak. Pemain belakang asal Republik Irlandia tersebut memainkan 22 pertandingan dengan menyumbang dua gol.

Performanya yang menjanjikan membuat Wolverhampton kepincut dan memutuskan membelinya pada musim panas tahun ini. Dia kini menjadi andalan di lini belakang tim asuhan Bruno Lage.

3 dari 7 halaman

Sven Botman

Setelah bermain di Belanda, Sven Botman melanjutkan kariernya di Prancis bersama Lille. Bek tengah berusia 22 tahun tersebut memiliki karier yang sangat cemerlang selama dua musim di Prancis.

Botman memainkan 62 pertandingan liga di Stade Pierre Mauroy dengan mencetak tiga gol. Botman juga menjadi bagian dari skuat Lille yang merengkuh gelar Ligue 1 musim 2020/2021 dan mengangkat Trophee Des Champions pada 2021.

Setelah diperebutkan sejumlah klub Eropa, Botman akhirnya bergabung dengan Newcastle United. Pemain timnas Belanda tersebut datang ke St James' Park setelah ditebus seharga 37 juta euro.

4 dari 7 halaman

Wesley Fofana

Bek tengah Leicester City Wesley Fofana tengah menjadi pembicaraan di bursa transfer musim panas tahun ini. Pemain asal Prancis tersebut saat ini sedang diincar Chelsea.

Fofana didatangkan oleh Leicester dari klub Liga Prancis Saint-Etienne pada musim panas 2020. The Foxes mengeluarkan biaya yang mencapai 35 juta euro untuk memboyong sang bek ke King Power Stadium.

Selama membela Leicester City pemain berusia 21 tahun itu tercatat telah tampil sebanyak 49 pertandingan dengan torehan satu gol serta satu assist. Dia dikontrak The Foxes sampai 2027.

5 dari 7 halaman

Marc Guehi

Marc Guehi tercatat hanya membuat dua penampilan bersama tim senior Chelsea. Setelah dipinjamkan ke Swansea City, Guehi dilepas ke Crystal Palace pada musim panas 2021.

Guehi berkembang pesat di bawah asuhan pelatih Patrick Vieira. Bek berusia 22 tahun itu sudah memainkan 43 pertandingan di semua kompetisi dengan menyumbang empat gol.

Performa impresif itu membuat Guehi mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Inggris. Dia juga diberi kepercayaan untuk menjadi wakil kapten Palace.

6 dari 7 halaman

William Saliba

Arsenal merekrut William Saliba dari Saint-Etienne pada 2019. Namun, pemain asal Prancis tersebut dibiarkan untuk mengembangkan kemampuannya di Ligue 1.

Saliba dipinjamkan ke Saint-Etienne, Nice hingga Marseille. Dia pun dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Ligue 1 Prancis musim 2021/2022.

Penghargaan itu membuka jalan bagi Saliba untuk kembali ke Arsenal. Pemain berusia 21 tahun tersebut terpilih sebagai man of the match pada pertandingan debutnya di Premier League.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 10/8/2022)

7 dari 7 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer