Sukses


6 Kekalahan MU di Laga Pekan Pertama Liga Inggris: Apa yang Terjadi pada Akhir Musim?

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) mengawali Premier League musim 2022/2023 dengan hasil negatif. Namun, bukan hanya kali ini saja MU mengalami hal seperti ini.

MU memulai era baru di bawah Erik ten Hag dengan hasil yang buruk. Bahkan dalam dua laga pertamanya di Premier League, MU harus menderita kekalahan yang cukup pahit.

The Red Devils kalah 1-2 dari Brighton and Hove Albion di Old Trafford pada laga pekan pertama Premier League. Setelah itu, MU juga takluk 0-4 dalam laga tandang ke markas Brentford pada pekan kedua.

Jelas dua laga tersebut membuktikan MU belum mengalami perubahan meski hasil di pramusim terbilang bagus. The Red Devils masih tidak bisa menemukan permainan terbaik dalam dua laga.

Namun, ini bukan kali pertama MU mengalami kekalahan pada laga pekan pertama Liga Inggris. Tercatat ada enam musim di mana The Red Devils mengalami kekalahan pada laga pekan pertama. Namun, bagaimana akhir dari musim tersebut?

2 dari 8 halaman

Kalah 1-2 dari Sheffield United pada 1992/1993

 

Tepat pada musim perdana era Premier League, yaitu 1992/1993, MU mengawali musim dengan kekalahan. The Red Devils kalah 1-2 saat bertandang ke markas Sheffield United.

Tak sampai di situ, MU pun kalah telak 0-3 dari Everton pada laga pekan kedua dan bermain imbang 1-1 dengan Ipswich pada laga pekan ketiga.

Pada pertengahan November 1002, MU berada di posisi ke-10 dalam klasemen dan 9 poin di belakang Norwich City yang saat itu secara mengejutkan berada di puncak.

Pada pertengahan musim, MU mendatangkan Eric Cantona dari rival mereka, Leeds United. Pemain asal Prancis itu pun menginspirasi MU untuk akhirnya berhasil menjadi juara pada akhir musim.

3 dari 8 halaman

Kalah 1-3 dari Aston Villa pada 1995/1996

 

Kekalahan juga dialami MU kala mengawali Premier League musim 1995/1996. Saat itu, The Red Devils bertandang ke markas Aston Villa.

Namun, tak berbeda dengan musim 1992/19993, MU berhasil menjadi juara pada akhir musim, memulai kembali dominasi setelah Blackburn Rovers sempat mencuri gelar juara Premier League pada musim sebelumnya, di mana MU hanya menjadi runner-up.

 

 
4 dari 8 halaman

Kalah 0-1 dari Chelsea pada 2004/2005

 

Kemenangan Chelsea atas Manchester United (MU) pada laga pekan pertama Premier League 2004/2005 adalah sesuatu yang spesial bagi Jose Mourinho.

Pelatih asal Portugal itu menjalani pertandingan pertama bersama The Blues dengan menjamu MU di Stamford Bridge. Namun, berbeda dengan dua musim di atas, MU kali ini gagal menjadi juara.

Chelsea yang meraih kemenangan pada laga pekan pertama itu berhasil menjadi juara Premier League di bawah asuhan Jose Mourinho. Sementara MU finis di posisi ketiga, di belakang Chelsea dan Arsenal.

5 dari 8 halaman

=================== Kalah 0-1 dari Everton pada 2012/2013

 

Musim terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer MU diwarnai dengan kekalahan pada laga pekan pertama Premier League. The Red Devils kalah 0-1 dari Everton saat itu.

Namun, pada pertemuan dengan Everton pada putaran kedua, MU mampu membalas dengan kemenangan 2-0. Ryan Giggs dan rekrutan anyar saat itu, Robin van Persie, mencetak gol dalam pertandingan tersebut.

Pada akhirnya MU juga menjadi juara Premier League pada musim tersebut, unggul 11 poin dari tetangganya, Man City, yang menjadi runner-up pada saat itu. Gelar juara Premier League ini menjadi yang terakhir bagi MU hingga saat ini.

6 dari 8 halaman

Kalah 1-2 dari Swansea City pada 2014/2015

Musim 2013/2014 menjadi titik nadir bagi MU, di mana David Moyes yang menggantikan Sir Alex Ferguson pun harus dipecat karena berada di posisi terburuk sepanjang era Premier League, yaitu peringkat ketujuh.

Hal tersebut membuat MU menunjuk Louis van Gaal sebagai arsitek tim pada musim 2014/2015. Namun, MU tetap harus mengalami kekalahan dalam laga pekan pertama musim itu.

MU kalah 1-2 dari Swansea City di Old Trafford. MU bahkan hanya meraih satu kemenangan dari lima laga pertama Premier League saat itu, yang membuat mereka hanya meraih lima poin.

Namun, MU kemudian bisa lebih baik seiring berjalannya musim tersebut. Louis van Gaal pada akhirnya berhasil membawa MU kembali ke jalur Liga Champions dengan finis di posisi keempat pada akhir musim.

 

7 dari 8 halaman

Kalah 1-3 dari Crystal Palace pada 2020/2021

Pada musim 2020/2021, MU harus mengawali musim dengan hasil yang tidak menyenangkan. Dalam laga debut untuk Donny van de Beek itu, MU kalah 1-3 dari Crystal Palace di Old Trafford.

Setelah itu, performa MU tidak kunjung membaik, di mana mereka juga sempat kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur di Old Trafford.

Namun, pada akhirnya MU berkembang lebih baik. The Red Devils pun menyelesaikan musim dengan menjadi runner-up, di belakang sang rival tetangga, Man City, yang menjadi juara pada saat itu.

 
8 dari 8 halaman

Posisi MU di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer