Sukses


Dahsyat dan Garang! 5 Pemain Tertua dalam Sejarah Liga Inggris: Tua-tua Keladi Banget

Bola.com, Jakarta - Bintang Liga Inggris, Cristiano Ronaldo, akhirnya tersenyum lebar. Plong rasanya, karena Bang Dodo bisa menyudahi paceklik golnya bersama Manchester United (MU) musim ini.

Ronaldo punya andil besar di balik kemenangan Setan Merah atas Sheriff Tiraspol saat keduanya bentrok di ajang Liga Europa 2022/2023 beberapa waktu lalu. Menang 2-0, Ronaldo menyumbang sebiji lesakan via penalti pada menit ke-38.

Erik ten Hag, sang pelatih, ikut senang. Ten Hag percaya, gol-gol Ronaldo akan terus mengalir jauh termasuk di pentas Liga Inggris saat ini. "Dia memang sangat membutuhkan gol. Kami semua sangat senang," kata Ten Hag, dilansir MUTV.

Meski sudah uzur, 37 tahun, Bang Dodo sejatinya belum habis. Musim lalu misalnya, dia mengepak 18 gol yang membuat eks Juventus dan Real Madrid itu bercokol di posisi kedua setelah Mohamed Salah dan Son Heung-min. Keduanya sama-sama mengepak 23 gol.

Mengingat Premier League baru berjalan tujuh pekan, masih banyak waktu buat si abang berotot untuk kembali unjuk ketajaman. Meski tak lagi jadi langganan starter di bawah bos Ten Hag, bukan Ronaldo namanya jika dia takluk dengan keadaan. Ayo Bang Dodo, bikin gol lagi...

Bicara soal pemain sepuh di Liga Inggris, di bawah ini pasti membuat kamu tercengang. Tambah umur bukannya encokan dan malas-malasan, malah tetap jadi andalan di klubnya masing-masing. Sebagian besar di antaranya adalah penjaga gawang.

 

2 dari 6 halaman

John Burridge (43 tahun, 162 hari)

Manchester City vs Queens Park Rangers (14 Mei 1995)

Melihat umurnya yang tak lagi muda, Burridge seharusnya sudah pensiun lalu menikmati hobi atau bercengkerama dengan anak istri. Tapi, Burridge masih memilih menjadi kiper Manchester City.

Keputusan Burridge untuk tak cepat-cepat pensiun ternyata membawa berkah. Itu tersuguh saat City bentrok versus QPR di Maine Road pada 14 Mei 1995. Dalam laga penutup musim 1994/1995 itu, City kalah 2-3.

Namun, secara pribadi, Burridge masih bisa tersenyum. Soalnya, sejarah mengabadikan namanya sebagai pemain tertua yang pernah tampil di Premier League. Coba kalau tidak gara-gara kenekatannya tersebut, bisa dipastikan nama Burridge akan lenyap begitu saja.

Maklum, Burridge tak lama di City. Cuma setahun, dari 1994 hingga 1994. Sebelum dan sesudah City, Burridge mondar mandir dari dan ke banyak klub kurang beken. Itu pun sebagian besar hanya seumur jagung.

 

 

3 dari 6 halaman

Alec Chamberlain (42 Tahun, 327 Hari)

Watford vs Newcastle United (13 Mei 2007)

Ini benar-benar kocak. Bagaimana tidak, Chamberlain hanya bermain satu menit tapi sudah memahat rekor. Pada 13 Mei 2007, Watford bertanding melawan Newcastle United.

Adie Boothroyd, sang pelatih, kemudian memasukkan Chamberlain di menit-menit akhir pertandingan. Chamberlain yang merupakan kiper ketiga masuk menggantikan Ben Foster.

Masuknya Chamberlain tak jua mengubah nasib. Watford kalah 0-1. Meski begitu, Chamberlain sukses mematri sensasi lintas generasi. Dia masuk daftar pemain tertua yang pernah bermain di Liga Inggris, 42 tahun dan 327 hari.

 

4 dari 6 halaman

Steve Ogrizovic (42 Tahun, 237 Hari)

Coventry City vs Sheffield Wednesday (6 Mei 2000)

Meski pernah cukup lama di Liverpool (1977–1982), Ogrizovic lebih kesohor sebagai legenda Coventry City. Dalam balutan jersey Coventry City, Ogrizovic mengabdi dari 1984 hingga 2000.

Ogrizovic memainkan pertandingan ke-601 atau laga terakhirnya bersama The Sky Blues kala bersua Sheffield Wednesday pada 6 Mei 2000. Meski menang 4-1, Ogrizovic diganjar kartu merah.

Hingga saat ini, Ogrizovic dikenang sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Coventry City.

 

5 dari 6 halaman

Mark Schwarzer (42 Tahun, 159 Hari)

Leicester City vs Hull City (14 Maret 2015)

Dibandingkan kiper beken lainnya macam David Seaman, Peter Schmeichel, dan Edwin van der Sar, Schwarzer memang kalah moncer. Tapi kalau soal urusan loyalitas dan tolitas, ketiga pemain tadi kudu minggir dulu.

Schwarzer tetap tampil membela Leicester City saat tim berjuluk The Foxes berlaga melawan Hull City pada 14 Maret 2015. Laga itu sangat berkesan, karena pemain ber-KTP Australia itu masih mendapat kepercayaan dari pelatih untuk tampil meski usianya sudah senja. Laga sendiri berakhir imbang 0-0.

 

6 dari 6 halaman

Teddy Sheringham (40 Tahun, 272 Hari)

West Ham United vs Manchester City (30 Desember 2006)

Bisa jadi, eks tukang gedor Manchester United ini menjadi salah satu pemain tertua non-kiper yang pernah wara wiri di kasta tertinggi Inggris.

Sheringham mengakhiri karier 418 pertandingannya di Liga Inggris pada akhir Desember 2006 ketika bermain untuk West Ham United dalam kekalahan 0-1 dari Manchester City di Boleyn Ground.

Nah, Cristiano Ronaldo boleh nih mencontoh semangat Sheringham. Meski sudah berkepala empat, Sheringham belum mau kapok jadi pemain bola. Sheringham yang kini berusia 56 tahun terakhir kali bermain untuk Colchester United (2007-2008).

Sumber: The Analyst

 

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer