Sukses


Liga Inggris: Eng Ing Eng, Juragan-juragan Arab Saudi Mulai Bergerak Siap Caplok Kepemilikan MU dan Liverpool

Bola.com, Jakarta - Menteri olahraga Arab Saudi mendukung rencana para pengusaha swasta asal negaranya dalam proses pembelian saham kepemilikan dua klub raksasa Premier League, Manchester United atau Liverpool.

Dua klub paling sukses di Inggris bisa mendapatkan pemilik anyar dalam waktu dekat, setelah pemilik Liverpool Fenway Sports Group dan Keluarga Glazer dari MU mengumumkan niat mereka untuk menjual saham kepemilikan di klubnya.

FSG yang dipelopori oleh John W Henry, awalnya mengaku sedang mencari investor baru untuk membantu mereka, namun kini telah dipastikan bahwa perusahaan Amerika tersebut juga akan mempertimbangkan penjualan penuh.

Sementara itu tepat setelah pemutusan kontrak Cristiano Ronaldo, keluarga Glazer yang banyak dikritik pendukung MU mengungkapkan bahwa mereka akan menerima tawaran pembelian klub.

Hal tersebut disambut pengusaha-pengusaha Arab Saudi yang ingin jadi juragan klub-klub elite Inggris.

Berbicara kepada BBC Sport di Piala Dunia, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal mengklaim bahwa setiap tawaran dari sektor swasta Saudi akan didukung oleh pemerintah Arab Saudi.

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pihak Swasta Saudi

Berbicara kepada BBC Sport di sela-sela Piala Dunia 2022, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal mengklaim bahwa setiap tawaran dari sektor swasta Saudi akan didukung oleh pemerintah Arab Saudi.

"Dari sektor swasta, saya tidak bisa berbicara atas nama mereka, tapi saya pastikan ada banyak minat dan keinginan. Banyak gairah tentang sepak bola," kata menteri Saudi itu.

"Premier League adalah liga yang paling banyak ditonton di Saudi. Klub-klub Anda memiliki banyak penggemar di negara kami. Sudah jelas kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta Saudi yang masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif pada perkembangan olahraga di kerajaan. Jka ada investor yang bersedia melakukannya dan jumlahnya bertambah dari negara kami, mengapa tidak? Mereka harus mendapat dukungan."

3 dari 5 halaman

Sukses Newcastle

Pada bulan Oktober 2021. Newcastle United secara resmi dimiliki Konsorsium yang disokong pemeritah Saudi dengan biaya investasi £300 juta. Kini The Magpies menjadi salah satu klub terkaya di dunia sepak bola.

Tim asuhan Eddie Howe sempat menghadapi ancaman degradasi dari Premier League sebelum Amanda Staveley berkuasa, dan Newcastle sekarang duduk di urutan ketiga klasemen Liga Inggris 2022-2023  dengan topangan keluarga kerajaan Arab Saudi.

"Mereka telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Jalan mereka masih panjang, mereka telah membawa orang yang tepat," kata Pangeran Abdulaziz tentang The Magpies.

"Saya yakin mereka memiliki target untuk memenangkan liga dan Liga Champions dan seterusnya karena mereka berjuang untuk yang terbaik dan selalu membawa yang terbaik, jadi saya pikir itu akan menjadi masa depan yang cerah bagi Newcastle."

4 dari 5 halaman

MU Dibeli Apple

Liverpool dilaporkan belum melakukan pembicaraan konkret dengan calon pembeli, tetapi mitra FSG bersikeras bahwa banyak peminat menjadi calon investor anyar klub Merseyside tersebut.

The Reds juga diguncang oleh kabar bahwa direktur olahraga Julian Ward akan meninggalkan klub pada akhir musim, dengan keputusan penjualan FSG diyakini menjadi faktor pengunduran dirinya.

Sementara itu, raksasa teknologi Apple dikatakan sedang berdiskusi tentang pengambilalihan Manchester United senilai £5,8 miliar, dengan Glazers mengumumkan keinginan mereka untuk mengeksplorasi peluang "strategis" baru setelah diserang oleh Ronaldo dalam wawancara talkshow dengan Piers Morgan.

Sumber: Sportsmole

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan Premier League

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Premier League

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer