Sukses


Liga Inggris: Investor Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Qatar Bersaing untuk Membeli Liverpool

Bola.com, Jakarta - Pemilik Liverpool Fenway Sports Group (FSG) telah mengadakan pembicaraan pengambilalihan dengan trio pembeli potensial atas senilai £3 miliar atau setara Rp56 triliun.

Liverpool telah mengadakan diskusi dengan dua konsorsium yang berbasis di Timur Tengah serta satu calon pembeli yang berbasis di AS yang identitasnya belum dikonfirmasi secara resmi.

Namun, ketua Liverpool Tom Werner mengatakan bahwa FSG masih bisa memegang kendali untuk cukup lama. Dalam komentar publik pertamanya tentang masalah ini, Werner mengatakan kepada Boston Globe mengani penjajakan tersebut.

“Kami sedang menjajaki penjualan tetapi tidak ada urgensi, tidak ada kerangka waktu bagi kami, dan, sejauh yang saya ketahui, ini adalah bisnis seperti biasa. Salah satu hasil bisa menjadi penatalayanan kami yang berkelanjutan untuk waktu yang cukup lama."

 

2 dari 5 halaman

Nilai Pounds Sedang Turun

FSG, kemudian New England Sports Ventures, membeli Liverpool seharga £300 juta pada tahun 2010. Forbes sekarang menilai klub tersebut sekitar £3,68 miliar, dan pound yang lemah saat ini membuat klub Liga Inggris lebih menarik bagi investor luar negeri.

The Daily Mail melaporkan bahwa perwakilan dari Arab Saudi dan Qatar telah mendekati direktur FSG Mike Gordon yang mengawasi penjualan klub menggantikan pemilik utama John W Henry untuk mendaftarkan minat mereka.

Diskusi dianggap dengan perusahaan swasta daripada entitas milik negara, meskipun mereka memiliki hubungan dekat dengan keluarga penguasa negara-negara Timur Tengah.

3 dari 5 halaman

Menteri Olahraga Arab Saudi Siap Beli Liverpooll

Menteri olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal telah mengungkapkan bahwa dia akan mendukung tawaran Saudi untuk Liverpool atau Manchester United, yang juga akan dijual.

"Kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta Saudi yang masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif pada olahraga di kerajaan itu," katanya kepada BBC.

 

4 dari 5 halaman

Liverpool dan MU for Sale!

FSG ingin menjual The Reds setelah 11 tahun, sementara Glazers siap untuk menghentikan kepemilikan mereka di Old Trafford menyusul tekenan dari para penggemar mereka belakangan ini.

Ketertarikan di Liverpool dari pembeli anonim AS telah bergemuruh selama beberapa minggu.

Perusahaan investasi yang berbasis di New York, Redbird Capital Partners, telah disarankan untuk menjadi pihak yang siap bergerak. Grup tersebut sudah memiliki 10% saham di Liverpool dan merupakan opsi potensial untuk mengambil alih dari FSG.

Grup tersebut sudah memiliki tim sepak bola di Eropa, membeli A.C Milan di Serie A pada bulan Agustus tahun ini seharga £1 miliar dan juga.

Sumber: BBC, Metro.co.uk

5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool di Liga Inggris 2022/2023

Video Populer

Foto Populer