Sukses


MotoGP: Teknologi Dashboad Message Sudah Siap Beroperasi

Bola.com, Madrid - Direktur balapan MotoGP, Mike Webb, mengungkapkan teknologi pesan pada dashboard motor pebalap (dashboard message) sudah siap dioperasikan. Namun, teknologi baru ini belum akan dipakai dalam waktu dekat.

Menurut Webb, pihaknya masih menunggu persetujuan sejumlah tim dan pebalap terkait penggunaan sistem baru ini. Memang, teknologi dashboard message masih menuai pro dan kontrak hingga saat ini.

"Teknologi ini sebenarnya sudah siap, tapi kami masih terus mencari kesepakatan dari seluruh tim, termasuk juga pebalap, soal apa yang semua orang inginkan. Ada beberapa tim dan pebalap yang mengatakan 'kami sebenarnya tak butuh ini' dan yang lain mengatakan, 'ya, ini alat yang bagus, mari menggunakannya'. Jadi ini belum final,"

Webb mengatakan teknologi ini akan menjadi sistem pesan teks yang sangat singkat, jelas dan seringkas mungkin. Pada saat ini proposal sudah mulai dengan sistem menu, dengan lima atau enam stok pesan yang tersedia, jika tim ingin menggunakannya.

"Lima atau enam pesan ini akan kami definisikan. Jadi ini bukan pesan yang bisa Anda isi seenaknya. Ini adalah pilihan kecil yang jelas, pesan singkat yang harus berkaitan dengan kondisi cuaca, saat pebalap hendak masuk ke dalam garasi. Hal-hal seperti itu," ungkapnya.

Webb merasa teknologi ini akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar. "Saya pribadi yakin ini akan menjadi ide yang bagus untuk berkomunikasi dengan pebalap secara terbatas," kata Webb.

Namun, Webb mengakui teknologi baru ini belum akan dipakai pada balapan pertama MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar. "Itu tidak mungkin. Seperti yang saya katakan, teknologi ini sudah siap, tapi butuh persetujuan tim," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer